Laporan Praktek Kerja Lapangan Di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya
BAB I
PEDAHULUAN
A.
Dasar Pemikiran
Usaha
asuransi merupakan suatu mekanisme yang memberikan perlindungan pada
tertanggung apabila terjadi risiko di masa mendatang. Apabila risiko tersebut
benar-benar terjadi, pihak tertanggung akan mendapatkan ganti rugi sebesar
nilai yang diperjanjikan antara penanggung dan tertanggung. Mekanisme
perlindungan ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis yang penuh dengan risiko.
Secara rasional, para pelaku bisnis akan mempertimbangkan untuk mengurangi
risiko yang dihadapi. Pada tingkat kehidupan keluarga atau rumah tangga,
asuransi juga dibutuhkan untuk mengurangi permasalahan ekonomi yang akan
dihadapi apabila ada salah satu anggota keluarga yang menghadapi risiko cacat
atau meninggal dunia.
Perkembangan
asuransi di Indonesia saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat.
Berbagai perusahaan asuransi berlomba-lomba menawarkan program asuransi baik
bagi masyarakat maupun perusahaan. Seiring dengan perkembangan berbagai program
syariah yang telah diusung oleh lembaga keuangan lain, banyak perusahaan
asuransi yang saat ini juga menawarkan program asuransi syariah.
Asuransi
adalah sebuah transaksi yang tidak jelas waktu, kadar, ataupun kualitasnya.
Karena sebuah jasa ataupun barang yang dihasilkan dari pembayaran asuransi yang
dilakukan oleh pelanggan tidak jelas akan di laksanakan atau diberikan kapan,
dimana, dan berapa kuantitasnya. Contohnya seperti asuransi kesehatan, beban
asuransi terus-menerus dikenakan kepada pelanggan sedangkan keadaan sehatnya
pelanggan itu tidak jelas. Yaitu tidak jelas kapan pelanggan itu sakit dan
membutuhkan dana asuransi tersebut.
Menurut
etimologi bahasa Arab istilah takaful berasal dari akar kata kafala. Dalam ilmu
tashrif atau sharaf, takaful ini termasuk dalam barisan bina muta’aadi, yaitu
tafaa’ala yang berarti saling menanggung. Sementara ada yang mengartikan dengan
makna saling menjamin. Secara terminologi, Evamy (1976) yang dikutip oleh
Rahman mendefinisikan, asuransi adalah :suatu kontrak dimana seseorang disebut
penjamin asuransi, yang menjalankan.Apalagi kita sebagai calon sarajana-sarjana
yang berbasis syriah kita harus paham betul hal-hal yang berkaitan tentang
berbisnis secara syariah agar kita menjadi SDM yang mampu berkopetensi di era
globalisasi . Didalam kajian takaful kita akan membahas mengenai takaful secara
luas baik dari segi produknya ,tata cara pengajuan polis, kelebihan asuransi
dan temuan study menarik.
Saat ini, Indonesia dikenal sebagai salah satu
negara dengan jumlah operator asuransi syariah cukup banyak di dunia.
Berdasarkan data Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI),
terdapat 49 pemain asuransi syariah di Indonesia yang telah mendapatkan
rekomendasi syariah. Mereka terdiri dari 40 operator asuransi syariah, tiga
reasuransi syariah, dan enam broker asuransi dan reasuransi syariah.
Dengan adanya strategi pengembangan syariah
maka asuransi sayariah akan terus berkembang seiring dengan strategi yang selalu diperbarui oleh lembaga asuransi
yang ingin mengembangkan asuransinya dengan cara mempunyai SDM yang memadahi
yang sesuai dengan keahlian, mensosialisasikan
asuransi sebagai lembaga keuangan syariah non bank yang penting di masyarakat,
sehingga masyarakat akan tahu dan memandang bahwa asuransi syariah sama profesionalnya dengan
asuransi konvensional dan berdasarkan prinsip syar’i.
Cara lain adalah mendirikan cabang asuransi
agar mudah dijangkau masyarakat, sehingga nama asuransi syariah tidak asing
lagi di telinga masyarakat seperti yang dilakukan
sebagian besar perusahaan asuransi, antara lain PT.
Asuransi Takaful Indonesia, PT MAA Life Assurance, PT MAA General
Assurance, PT Great Eastern Life Indonesia, PT Asuransi Tri Pakarta, PT AJB
Bumiputera 1912, dan PT Asuransi Jiwa BRIngin Life Sejahtera.
B. Tujuan dan Kegunaan Praktikum
Sesuai
dengan dasar pemikiran diatas, maka tujuan diadakannya praktikum lembaga
keuangan syariah non bank adalah:
1. Menyediakan
fasilitas bagi mahasiswa-mahasiswi untuk mengenal, mempelajari, dan memahami
secara mendalam tentang system operasional lembaga keuangan syariah non bank
secara langsung.
2. Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswi untuk melakukan studi komparatif tentang
prinsip-prinsip lembaga keuangan syariah non bank pada tataran teoritis dengan
aplikasinya di lembaga keuangan syariah non bank.
3. Mendorong
mahasiswa-mahasiswi melakukan analisis dalam landasan syariah terhadap aplikasi
produk-produk didalam lembaga keuangan syariah non bank serta berupaya
menemukan kendala-kendala yang diahadapinya.
Praktikum
lembaga keuangan syariah non bank ini memiliki kegunaan baik bagi mahasiswa,
bagi program studi, fakultas, maupun bagi lembaga keuangan syariah,
diantaranya:
1. Bagi
mahasiswa berguna untuk memperkaya wawasan keilmuwan dalam kerangka pembentukan
keahlian akademik praktis maupun teoritis dibidang lembaga keuangan syariah non
bank.
2. Bagi
fakultas berguna sebagai salah satu media penyerapan informasi yang bermanfaat
untuk penyelarasan kurikulum dengan perkembangan kebutuhan di lapangan.
3. Bagi
lembaga keuangan syariah non bank berguna sebagai media sosialisasi kepada
msyarakat karena mengingat perguruan tinggi adalah sector informan yang memadai
untuk menyebarluaskan informasi kepada publik.
C. Waktu dan Tempat Praktikum
Praktikum
lembaga keuangan syariah non bank ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus –
20 September 2013. Adapun waktu yang diberikan keada kami untuk melaksanakan
praktikum adalah selama 1 bulan (30 hari). Metode yang kami gunakan dalam
pelaksanaan praktikum yaitu berupa materi dan teori setelah itu langsung
dipraktekkan didalam aplikatifnya sesuai dengan materi yang telah dipelajari
sebelum kepada praktek. Kegiatan ini setiap harinya berlangsung mulai pukul
08.00 – 16.00 wib. Praktek ini dilaksanakan di PT. Asuransi Takaful Keluarga
Kantor Pemasaran yang berlokasi di Jalan Raya Darmo No 54-56 Ruko Darmo Square
Surabaya.
D. Nama-nama Peserta Praktikum
1. Moch
Mahrus Fathur Rosy C04210058
2. Wahyu
Joko Saputro C04210043
3. Refita
Avitriani Rizalina C04210041
4. Rafiqah
Aulia Rahma C04210035
BAB II
PROFIL SINGKAT
PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SURABAYA
A. Latar Belakang dan Profil Singkat PT. Asuransi
Takaful Keluarga Surabaya
Berawal
dari sebuah kepedulian yang tulus, beberapa pihak bersepakat untuk membangun
perekonomian syariah di Indonesia. Simpul awal ekonomi syariah tersebut
ditandai dengan berdirinya bank syariah pertama di Indonesia. Selanjutnya,
simpul tersebut makin kuat dengan terbentuknya Tim Pembentukan Asuransi Takaful
Indonesia (TEPATI) pada 16 tahun silam.
Atas
prakarsa Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melalui Yayasan Abdi
Bangsa, bersama Bank Muamalat Indonesia Tbk., PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri,
Departemen Keuangan RI, dan beberapa pengusaha Muslim Indonesia, serta bantuan
teknis dari Syarikat Takaful Malaysia, Bhd. (STMB), TEPATI mendirikan PT
Syarikat Takaful Indonesia (Takaful Indonesia) pada 24 Februari 1994, sebagai
pendiri asuransi syariah pertama di Indonesia.
Selanjutnya,
pada 5 Mei 1994 Takaful Indonesia mendirikan PT Asuransi Takaful Keluarga
(Takaful Keluarga) yang bergerak di bidang asuransi jiwa syariah dan PT
Asuransi Takaful Umum (Takaful Umum) yang bergerak di bidang asuransi umum
syariah. Takaful Keluarga kemudian diresmikan oleh Menteri Keuangan saat itu,
Mar’ie Muhammad dan mulai beroperasi sejak 25 Agustus 1994. Sedangkan Takaful
Umum diresmikan oleh Menristek/Ketua BPPT Prof. Dr. B.J. Habibie selaku ketua
sekaligus pendiri ICMI dan mulai beroperasi pada 2 Juni 1995. Sejak saat itu,
Takaful Keluarga dan Takaful Umum berkembang menjadi salah satu perusahaan
asuransi syariah terkemuka di Indonesia.
Dalam
perkembangannya, pada tahun 1997, STMB menjadi salah satu pemegang saham
melalui penempatan modalnya dan mencapai nilai yang signifikan pada tahun 2004.
Komitmen STMB untuk terus memperbesar Takaful Indonesia juga dibuktikan dengan
setoran modal langsung di PT Asuransi Takaful Keluarga pada tahun 2009.
Selanjutnya,
pada tahun 2000 Permodalan Nasional Madani (PNM) turut memperkuat struktur
modal Perusahaan, kemudian diikuti oleh Islamic Development Bank (IDB) pada
tahun 2004.
Komitmen
PT Asuransi Takaful Keluarga untuk terus meningkatkan kualitas sekaligus
menjaga konsistensi layanan kepada masyarakat ditunjukkan dengan diperolehnya
sertifikasi ISO 9001:2008, sebagai standar internasional terbaru untuk sistem
manajemen mutu dari Det Norske Veritas (DNV), Norwegia.
Kemajuan
Asuransi Takaful Keluarga pada bidang asuransi syariah terbukti dengan
diperolehnya penghargaan dari berbagai pihak, di antaranya dari Majalah Media
Asuransi, Infobank, Investor, dan lain-lain. Terakhir, dalam acara Islamic
Finance Award 2010 yang diadakan oleh Karim Business Consulting, Asuransi
Takaful Keluarga memperoleh predikat 3rd Rank The Best Islamic Life Insurance.
Kini,
seiring dengan perkembangan bisnis syariah yang semakin maju, Asuransi Takaful
Keluarga berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh
lapisan masyarakat sehingga mampu berperan dalam menguatkan simpul-simpul
pembangunan ekonomi syariah, demi masa depan Indonesia yang gemilang.
Dengan
semakin berkembangnya Asuransi Takaful di Jakarta, maka menuntut para pengurus
untuk mendirikan cabang di beberapa daerah dan salah satunya di Surabaya,
karena di Surabaya dapat memberikan peluang untuk mengembangkan usaha tersebut.
Karena itu, perusahaan PT. Asuransi Takaful mendirikan cabang di Surabaya pada
tanggal 23 September 1995. PT. Asuransi Takaful Cabang Surabaya pada awalnya
berkantor di Jl. Diponegoro No. 137 Surabaya kemudian pindah di Jl. Bung Tomo
No. 8 kav 25 Surabaya dan bertempat di Jl. Diponegoro No.5 Surabaya dan
sekarang bertempat di Jalan Raya Darmo No 54-56 Ruko Darmo Square
Surabaya.
B. Visi dan Misi PT. Asuransi Takaful Keluarga
Surabaya
1. Visi
Menjadi
Role Model Bisnis Syariah di Indonesia dengan Profesional, Amanah dan
Memberikan Manfaat bagi Masyarakat.
2. Misi
a.
Menjadikan Asuransi Takaful
Keluarga sebagai Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Di Indonesia.
b.
Menjadikan Sumber Daya
Manusia sebagai salah satu aset bagi pertumbuhan perusahaan.
c.
Memberikan pelayanan yang
terbaik dengan dukungan teknologi.
C. Produk dan Apilkasi PT. Asuransi Takaful
Keluarga Surabaya
Jenis
Asuransi Syari’ah Keluarga meliputi :
1. Takaful
Berencana adalah program yang dipergunakan bagi yang bermaksud menyiapkan dana,
baik sebagai bekal persiapan untuk hari tua maupun untuk ahli warisnya
2. Takaful
Pembiayaan adalah program yang dipergunakan sebagai jaminan pelunasan sisa
utang bagi seseorang yang mempunyai pinjaman apabila suatu saat terjadi musibah
kematian
3. Takaful
Pendidikan adalah program yang dipergunakan bagi seseorang yang bermaksud
menyiapkan dana untuk masa depan pendidikan putra-putrinya
4. Takaful
Dana Haji adalah program yang dipergunakan bagi seseorang yang bermaksud untuk
menyiapkan dana ibadah haji
5. Takaful
Berjangka adalah program yang dipergunakan
bagi perusahaan/lembaga yang bermaksud menyiapkan dana untuk ahli waris
karyawan/anggota apabila terjadi musibah kematian
6. Takaful
Kesehatan adalah program yang dipergunakan bagi keluarga/perusahaan yang
bermaksud menyiapkan dana kesehatan untuk anggota keluarga/karyawannya.
Selain
takaful yang disebutkan di atas ada takaful tambahan berupa Takaful Link yaitu
produk takaful investasi menguntungkan yang dikelola secara syari’ah dengan
program asuransi yang optimal sedangkan Takaful Wakaf yaitu produk takaful bagi yang merencanakan pengumpulan dana
sebagai dana wakaf. Kedua produk ini masuk dalam Asuransi Takaful Keluarga
karena berhubungan dengan jiwa seorang peserta.
Dari
kesemua produk yang sudah disebutkan dan dikelompokkan menurut jenisnya, masih
ada lagi produk tambahan berupa takaful falah adalah produk yang dirancang
khusus bagi peserta yang menginginkan anfaat asuransi secara menyeluruh,
Takaful Link ‘Aliah adalah produk produk yang dirancang untuk investasi optimal
dengan jenis investasi campuran melalui sistem pengelolan syari’ah dan yang
terakhir berupa Takaful Safari adalah produk takaful untuk perlindungan jiwa
karena kecelakaan baik dalam kendaraan umum maupun pribadi atau di luar kendaraan
umum maupun pribadi dengan peserta dalam keadaan sakit di rumah sakit maupun
meninggal dunia.
1. Takaful Link Salam
‘...Dan
hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari
esok...” (Qs. Al-Hasyr [59]: 18)
1.
Murni Syariah
2.
Bebas memilih jenis investasi
3.
Hasil investasi yang lebih optimal
4.
Keleluasaan untuk menempatkan dana invesatsi
5.
Bebas menentukan proteksi sesuai kebutuhan
1.
Manfaat perlindungan jiwa maksimal
a)
Takafulink Salam memberikan manfaat
perlindungan jiwa maksimal hingga usia 70 tahun dengan manfaat santunan yang
bisa disesuaikan untuk mendapatkan yang terbaik bagi keluarga tercinta
b)
Takafulink Salam memberikan manfaat perluasan
perlindungan tambahan tanpa perlu membayar, di antaranya:
1.
Asuransi tambahan penyakit kritis (Perlindungan
terhadap 49 (empat puluh sembilan) jenis penyakit kritis
2.
Asuransi tambahan kecelakaan diri/ PA
(Perlindungan terhadap risiko meninggal dunia karena kecelakaan)
3.
Asuransi tambahan TPD (Perlindungan terhadap
cacat tetap total akibat penyakit atau kecelakaan)
4.
Asuransi manfaat tunai harian rawat inap
(Perlindungan terhadap risiko kesehatan bila harus menjalani rawa inap di rumah
sakit)
c)
Takafulink Salam juga memberikan manfaat bebas
premi, seperti:
1.
Asuransi tambahan payor term (Manfaat yang
memberikan pembebasan premi) jika pemegang polis meninggal dunia).
2.
Asuransi tambahan payor CI (Manfaat yang
memberikan pembebasan premi jika pemegang polis terdiagnosa salah satu dari 49
penyakit kritis)
3.
Asuransi tambahan payor TPD (Manfaat
yang memberikan pembebasan premi jika pemegang polis menderita cacat tetap
total akibat penyakit atau kecelakaan).
c.
Manfaat
Investasi yang Optimal
Sejak mengawali perlindungan, Takafulink Salam
memberikan nilai investasi positif sejak tahun pertama dan selanjutnya
meningkat dari tahun ke tahun. Anda bisa memilih jenis investasi sesuai dengan
profil investasi Anda. Takafulink Salam menawarkan 4 jenis investasi yang dapat
dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan Anda.
1.
Istiqomah (Pasar Uang & Sukuk)
Alokasi
investasi pada jenis investasi meliputi:
a)
Min. 80%: Efek Pendapatan Tetap Syariah
b)
Maks. 20%: Instrumen Pasar Uang Syariah
2.
Mizan (Balanced)
Alokasi
investasi pada jenis investasi meliputi:
a)
50% - 70% : Efek
Pendapatan Tetap Syariah
b)
20% - 40% :
Efek Pendapatan Tetap Syariah
c)
Maks.
20% : Instrumen Pasar Uang Syariah
3.
Ahsan (Balance Aggresive)
Alokasi
investasi pada jenis investasi meliputi:
a)
20% - 40% : Efek
Pendapatan Tetap Syariah
b)
50% - 70% :
Efek Pendapatan Tetap Syariah
c)
Maks.
20% : Instrumen Pasar Uang Syariah
4.
Alia (Aggresive)
Alokasi
investasi pada jenis investasi meliputi:
a)
Min. 80%: Saham Syariah
d.
Keuntungan
Takafulink Salam
1.
Dapat dimiliki oleh anda atau keluarga dimulai
sejak usia 30 hari sampai 65 tahun dengan usia pemegang polis mulai dari 17
tahun.
2.
Anda bisa memilih masa pembayaran kontribusi
sesuai dengan kemampuan Anda dan pstikan Anda membayar kontribusi secara teratur.
Semakin lama Anda membayar kontribusi maka semakin besar hasil investasi yang
Anda dapatkan.
3.
Kontribusi yang terjangkau dapat dibayar secara
tahunan, semesteran, triwulanan, bulanan dan sekaligus, dan Anda dapat
mengkombinasikannya dengan Top Up berkala untuk menembah dana Investasi Anda.
4.
Top Up un reguler dapat Anda lakukan kapan saja
untuk meningkatkan dana investasi Anda.
5.
Gratis biaya administrasi selama 12 bulan
pertama.
6.
Anda dapat melakukan pengalihan dan penarikan
dana kapan saja.
7.
Anda dapat melakukan cuti premi ( premium
holiday setelah tahun ke-5 ).
8.
Anda akan menerima laporan transaksi atas hasil
investasi minimal satu kali dalam setahun.
9.
Hak bebas lihat selama 14 hari sejak polis
diterima.
10.
Perkembangan nilai Takafulink dapat Anda lihat
di Harian Bisnis Indonesia, www.takaful.com atau
menghubungi customer care Takaful.
11.
Insya Allah investasi Anda akan aman dan bersih
karena akan diperhitungkan terhadap zakat maal Anda.
1.
Sebagian kontribusi yang Anda setorkan akan
dialokasikan untuk tujuan Investasi yang menggunakan mekanisme satuan unit,
dimana harga satuannya disebut sebagai nilai unit. Penilaian unit dilakukan
setiap hari bursa dengan menggunakan metode pasar yang berlaku untuk setiap
instrumen investasi (yang akan dipublikasikan setiap hari kerja berikutnya).
2.
Ujroh (biaya akuasisi akan dikenakan dari
kontribusi yang Anda setorkan diawal – awal tahun kepesertaan.
3.
Tabarru’ (biaya asuransi dan biaya
administrasi dikenakan setiap bulan dengan memotong saldo unit ( esarnya
Tabarru’ ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin dan besarnya manfaat
Takaful yang diambil .
4.
Biaya administrasi sebesar Rp. 25.000,- per
bulan, dipotong dari unit nilai investasi mulai tahun ke-2.
5.
Tidak ada biaya penarikan.
6.
Biaya Free look, pengalihan dan
penarikan hanya akan dikenakan jika Anda melakukan transaksi tersebut.
2.
Takaful Dana
Pendidikan
Program
asuransi untuk perorangan bermaksud menyediakan dana pendidikan, untuk Cita
buah hati yang didambakan.
1. Jika Peserta
panjang umur sampai akhir perjanjian Anak sebagai penerimah hibah mendapatkan :
a. Tahapan* saat
masuk (TK, SD, SMP, SMA, PT)** dan Beasiswa selama 4 th di Perguruan Tinggi.
b. * Jika
Tahapan yang jatuh tempo tidak diambil, akan diinvestasikan dan akan menambah
Beasiswa pada saat di Perguruan Tinggi
2.
Jika Peserta mengundurkan diri sebelum masa
perjanjian berakhir Peserta mendapatkan:
a.
Nilai Tunai
Seluruh dana di Rekening Tabungan Peserta yang
berasal dari saldo tabungan dan bagian keuntungan atas hasil investasinya
(Mudharabah)
3.
Jika Anak sebagai Penerima Hibah meninggal
sebelum seluruh tahapan diterima, Peserta/ Ahli Waris mendapatkan:
a.
Nilai Tunai
b.
Santunan sebesar 10% Manfaat Takaful Awal
(Premi Tahunan x Masa Perjanjian)
4.
Jika Peserta mengalami musibah dalam masa
perjanjian Polis Bebas Premi, Ahli Waris mendapatkan:
a.
Santunan sebesar 50% Manfaat Takaful Awal (
jika meninggal karena sakit atau cacat tetap total karena kecelakaan) atau 100%
b.
Manfaat Takaful Awal (jika meninggal karena
kecelakaan
c.
Nilai Tunai
5.
Anak sebagai Penerima, Hibah mendapatkan:
a.
Tahapan* saat masuk (TK, SD, SMP, SMA,
PT)**
b.
Beasiswa setiap tahun sejak Peserta mengalami
musibah s/d 4 th di Perguruan Tinggi
6.
Jika setelah masa perjanjian berakhir dan masih
dalam pemberian beasiswa di Perguruan Tinggi Peserta mengalami musibah:
a.
Meninggal karena sakit atau cacat tetap
total karena kecelakaan, Ahli Warisnya akan menerima Nilai Tunai
b.
Meninggal karena kecelakaan, Ahli Warisnya akan
menerima Nilai Tunai dan santunan sebesar 50% Manfaat Takaful Awal
c.
Penerima Hibah akan tetap menerima Beasiswa
sampai yang bersangkutan 4 tahun di Perguruan Tinggi
3.
Takaful Link
Salam Cendekia
Masa depan
adalah Allah yang menentukan. Namun kita dapat merencanakan. Cita-cita yang
telah dicanangkan harus tetap diwujudkan. Meski musibah datang menjelang.
Anak merupakan
amanah tak terhingga yang diberikan Allah. Adalah tanggung jawab kita untuk
merancang masa depannya. Meski musibah tak dapat dicegah dan takdir tak dapat
diubah, namun cita-cita sang buah hati.........?
Takafulink
salam Cendekia merupakan produk investasi murni syariah, sahabat setia sang
orang tua. yang memberikan manfaat dana pendidikan dan perlindungan yang
optimal bagi Anda dan keluarga tercinta.
1.
Menyediakan Dana Pendidikan
Takafulink Salam Cendekia menyediakan manfaat
dana pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi.
2.
Memberikan Perlindungan Asuransi
a)
Peserta (Anak)*
Memberikan manfaat perlindungan asuransi kepada
anak sebagai Peserta sejak usia 30 hari dengan manfaat santunan yang sesuai
dengan kebutuhan. Memberikan manfaat tambahan bagi peserta:
1)
Personal Accident, Asuransi
tambahan kecelakaan diri (perlindungan terhadap risiko meninggal dunia karena
kecelakaan)
2)
Cash Plan, Asuransi manfaat tunai harian rawat inap
(perlindungan terhadap risiko kesehatan bila harus menjalani rawat inap di
rumah sakit)
b)
Payor (Pemegang Polis)
Memberikan
manfaat bebas kontribusi bagi pemegang polis:
1)
Payor Termjika pemegang polis meninggal
dunia
2)
Payor TPD (Total Permanent Disease)jika pemegang
polis menderita cacat tetap total akibat penyakit atau kecelakaan
Memberikan manfaat tambahan
pembebasan premi bagi pemegang polis :
1)
Payor CI(critical illness) jika pemegang
polis terdiagnosa salah satu dari 49 penyakit kritis.
c)
Memberikan Investasi yang optimal
Takafulink Salam Cendekia memberikan nilai
investasi optimal dengan komposisi investasi :
Alokasi
Investasi
|
Jenis
Investasi
|
|||
Istiqomah
|
Mizan
|
Ahsan
|
Alia
|
|
Efek
Pendapatan Tetap Syariah
|
Min. 80%
|
50%-70%
|
20%-40%
|
-
|
Saham Syariah
|
-
|
20%-40%
|
50%-70%
|
Min. 80%
|
Pasar Uang
Syariah
|
Maks. 20%
|
Maks. 20%
|
Maks. 20%
|
Maks. 20%
|
Ft
*) Minimal
manfaat dasar sebesar 5 kali Kontribusi tahunan untuk Kontribusi Reguler atau
1,25 kali Kontribusi Sekaligus
1.
Kepesertaan
Dapat dimiliki sejak usia 30 hari untuk Peserta
dan usia 17 s.d 60 tahun untuk Pemegang Polis
2.
Fleksible
a)
Cara Bayar
1.
Pembayaran kontribusi dapat disesuaikan dengan
keinginan peserta (tahunan, semesteran, bulanan, atau sekaligus).
2.
Pembayaran dapat dikombinasikan dengan Top
Up Reguler
b)
Top up Unreguler dapat dilakukan
kapan saja untuk meningkatkan dana investasi Anda.
3.
Bebas Biaya Administrasi
Bebas biaya
administrasi selama 12 bulan pertama kepesertaan
4.
Free Look Period
Hak bebas lihat
selama 14 hari sejak polis diterima
5.
Laporan Transaksi
a)
Laporan ransaksi atas hasil investasi diberikan
1x dalam setahun
b)
Perkembangan nilai transaksi dapat dilihat di
Harian Bisnis Indonesia, www.takaful.com atau
menghubungi customer care Takaful
InsyaAllah
investasi Anda akan aman dan bersih karena akan diperhitungkan terhadap zakat
maal Anda.
Tim investasi
yang berpengalaman dan bekerjasama dengan beberapa fund manajer dari
perusahaan investasi yang memiliki reputasi baik dan terpercaya
3.
Takaful
Kesehatan Individu
Program Takaful Kesehatan Individu adalah suatu
program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada
Peserta apabila Peserta menjalani rawat inap di rumah sakit atau rujukan Dokter
untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan sekurang-kurangnya 3 (tiga)
hari kalender.
a. Manfaat
Bila Peserta menjalani rawat inap, Peserta
mendapatkan dana santunan sebesar 80% dari total biaya yang tercatat pada
kuitansi asli dengan maksimal dana santunan sesuai jumlah yang direncanakan
Peserta.
b. Ketentuan:
1.
Usia masuk 18 tahun s.d. 50 tahun
2.
Masa perjanjian minimal 1 tahun dan berbatas
hanya 1 tahun
3.
Cara Bayar Sekaligus
4.
Kontribusi:
a.
5% untuk Peserta Laki-laki
b.
7,5% untuk Peserta Perempuan
c.
Dana Santunan yang diberikan menggunakan cara
reimbursement
d.
Maksimal Manfaat Takaful sebesar
Rp.10.000.000,-
4.
Takaful
Kecelakaan Diri Individu
Program Takaful Kecelakaan Diri Individu adalah
suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan
kepada ahli waris apabila Peserta ditakdirkan meninggal dunia, cacat tetap
total atau cacat tetap sebagian karena kecelakaan dalam masa perjanjian.
a.
Manfaat
1.
Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa
perjanjian karena suatu kecelakaan, maka kepada ahli warisnya akan dibayarkan
dana santunan meninggal sebesar manfaat Takaful yang direncanakan.
2.
Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam
masa perjanjian yang mengakibatkan peserta cacat tetap total atau sebagian maka
kepada peserta akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan persentasi yang
sudah ditentukan.
3.
Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam
masa perjanjian yang mengakibatkan peserta rawat inap di rumah sakit akan
diberikan manfaat Takaful sesuai dengan yang sudah ditentukan.
b.
Ketentuan:
1.
Usia masuk peserta 18 tahun s.d. 60 tahun
2.
Masa perjanjian minimal 1 tahun dan maksimal 15
tahun
3.
Usia masuk + masa perjanjian < 65 tahun
4.
Cara Bayar Tahunan atau Sekaligus
5.
Kontribusi 3 permil dari Manfaat Takaful
6.
Minimal Kontribusi Tahunan per Peserta
Rp.150.000,-
7.
Kontribusi Sekaligus adalah kontribusi per
tahun x Masa Perjanjian
5.
Takaful Al
Khairat Individu
Program Takaful Al Khairat Individu adalah
suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan
kepada ahli waris apabila peserta ditakdirkan meninggal dunia dalam masa
perjanjian.
a.
Manfaat
Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa
perjanjian, maka ahli warisnya akan mendapatkan dana santunan meninggal dari
Asuransi Takaful Keluarga sesuai dengan jumlah yang direncanakan Peserta.
b.
Ketentuan:
1.
Usia masuk 18 tahun s.d. 60 tahun
2.
Masa perjanjian minimal 1 tahun dan maksimal 15
tahun
3.
Usia masuk + masa perjanjian < = 65 tahun
4.
Cara Bayar Tahunan atau Sekaligus
5.
Minimal Kontribusi per tahun Rp.250.000,-
6.
Kontribusi Sekaligus adalah Kontribusi per
tahun x Masa Asuransi
c.
Manfaat Tambahan
1.
Manfaat tambahan Kecelakaan Diri (Personal
Accident) Individu yang meliputi:
a)
Risiko A (meninggal karena kecelakaan)
b)
Risiko B (cacat tetap, baik total atau
sebagian)
2.
Manfaat tambahan Takaful Kesehatan Individu
d.
Biaya Medis
Biaya medis dibebankan kepada Peserta hanya
jika diperlukan pemeriksaan medis
e.
Fulmedicare
Produk Takaful Kesehatan Kumpulan Fulmedicare
adalah suatu program asuransi kesehatan kumpulan (Group Health Insurance) yang
merupakan proteksi ekonomi bagi Perusahaan dalam kewajibannya memberikan
jaminan kesehatan bagi para karyawan beserta keluarganya sehingga dapat
membantu Perusahaan dalam mengendalikan biaya jaminan kesehatan.
Dengan konsep syariah yang berdasarkan prinsip
ta’awun (tolong menolong), Fulmedicare dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan
pelanggan dengan memperhatikan batas-batas asuransi.
f.
Program Pokok
1.
Rawat Inap dan Pembedahan (In Patient).
2.
Penggantian biaya rawat inap dan pembedahan
yang mencakup biaya kamar, biaya aneka perawatan, biaya konsultasi dokter,
biaya operasi, biaya ICU/ICCU, dan lain sebagainya.
g.
Program Tambahan
1.
Santunan Rawat Jalan (Out Patient) mencakup
biaya pemeriksaan dokter umum, biaya pemeriksaan dokter spesialis, biaya
pembelian obat-obatan, biaya laboratorium dan X-Ray, dan sebagainya.
2.
Santunan Persalinan mencakup biaya kehamilan
normal, biaya kehamilan dengan komplikasi, biaya kamar ibu dan bayi, biaya
kamar bersalin, biaya melahirkan normal, biaya melahirkan dengan operasi, dan
lain sebagainya.
3.
Santunan Rawat Gigi mencakup biaya perawatan
Dokter Gigi dengan maksimal penggantian biaya yang dapat disesuaikan dengan
kebutuhan.
4.
Santunan Kacamata mencakup biaya penggantian
frame dan lensa per tahun.
5.
Program Pokok dan Program Tambahan diberikan
sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada polis.
h.
Sistem Pelayanan Provider
Sistem
pelayanan kesehatan melalui Rumah Sakit yang menjalin hubungan kerjasama dengan
Asuransi Takaful dimana Rumah Sakit tersebut dapat menagih secara langsung
kepada Asuransi Takaful Keluarga sejumlah biaya pengobatan peserta sesuai
dengan ketentuan.
i.
Reimbursment
Sistem
pelayanan dimana Asuransi Takaful Keluarga akan mengganti biaya yang
dikeluarkan peserta setelah berakhirnya perawatan sesuai dengan ketentuan.
j.
Syarat Kepesertaan
1.
Karyawan tetap dan atau beserta keluarganya
(Istri/Suami dan Anak Karyawan).
2.
Pada saat didaftarkan usia calon peserta
maksimal 55 tahun sedangkan usia anak antara 15 hari sampai dengan 23 tahun
(belum bekerja, belum menikah dan berstatus mahasiswa).
3.
Pada saat didaftarkan tidak sedang menjalani
rawat inap di rumah sakit manapun.
4.
Minimal 25 karyawan dengan peserta 50 orang.
5.
Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp
5.000.000,-.
k.
Keistimewaan FulMedicare
1)
Layanan pelanggan 24 jam by officer
2)
Tidak ada batas penyedia jasa layanan
3)
Tanpa batas teritorial dan waktu (berlaku 24
jam)
4)
Proses klaim yang cepat
5)
Bagi hasil di akhir periode kepesertaan, jika
ada
6)
Kerjasama jaringan penyedia jasa layanan rawat
inap di lebih dari 200 RS yang tersebar di seluruh Indonesia
6.
Takaful
Kecelakaan Diri Siswa Kumpulan
Program Takaful
Kecelakaan Diri Siswa Kumpulan adalah suatu program asuransi yang memberikan
manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila Peserta mengalami
musibah kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, cacat tetap baik total
maupun sebagian atau rawat inap di rumah sakit dalam masa perjanjian.
Program ini
diperuntukkan khusus bagi peserta yang merupakan siswa/siswi sekolah atau
lembaga pendidikan non formal tertentu yang dapat dikategorikan sebagai lembaga
yang berbadan hukum.
a.
Manfaat
1)
Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa
perjanjian karena suatu kecelakaan, maka kepada ahli waris nya akan dibayarkan
dana santunan meninggal sebesar manfaat Takaful yang direncanakan.
2)
Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam
masa perjanjian yang mengakibatkan peserta cacat tetap total atau sebagian maka
kepada peserta akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan persentasi yang
sudah ditentukan.
3)
Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam
masa perjanjian yang mengakibatkan peserta rawat inap di rumah sakit akan
diberikan manfaat Takaful sesuai dengan yang sudah ditentukan.
b.
Ketentuan:
1)
Usia kepesertaan untuk siswa 4 – 27
tahun, untuk guru dan staf 17 – 55 tahun
2)
Jumlah peserta minimal 50 orang dan min. 90%
dari jumlah siswa atau guru dan staf
3)
Besarnya manfaat Takaful dapat disesuaikan
dengan permintaan
4)
Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 500.000,-
7.
Takafulink
Kumpulan
Merupakan
program asuransi unit link yang ditujukan bagi karyawan perusahaan (Peserta)
dengan memberikan manfaat proteksi serta manfaat investasi yang dapat digunakan
untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.
1)
Murni syariah
2)
Lebih
menentramkan
3)
Biaya
pengelolaan lebih efisien
4)
Bebas
memilih jenis investasi
b.
Manfaat yang diperoleh:
1)
Apabila Peserta mengundurkan diri, maka akan
mendapatkan dana investasi.
2)
Apabila Peserta mencapai usia tertentu (akhir
kontrak) maka akan mendapatkan dana investasi.
3)
Apabila Peserta meninggal dunia dalam masa
perjanjian maka akan diberikan manfaat Takaful dan dana investasi.
1)
Manfaat meninggal karena kecelakaan (PA)
2)
Manfaat cacat tetap total dan cacat tetap
sebagian (TPD)
Pilihan Jenis
Investasi
|
Efek Pendapatan Tetap Syariah
|
Saham Syariah
|
Instrumen Pasar Uang Syariah dan
Sukuk
|
Istiqomah(Pasar Uang)
|
Min. 80%
|
-
|
Maks. 20%
|
izan(Balanced)
|
50% s.d. 70%
|
20% s.d. 40%
|
Maks. 20%
|
Ahsan(Balanced Aggressive)
|
20% s.d. 40%
|
50% s.d. 70%
|
Maks. 20%
|
Alia (Aggressive)
|
-
|
Min. 80%
|
Maks. 20%
|
Dalam satu perusahaan pilihan jenis investasi
diberlakukan secara seragam
1)
Schroders
g.
Nilai Aktiva Bersih (NAB) .
Nilai unit yang
sesuai dengan Harga Beli atau Harga Jual yang sewaktu-waktu dapat berubah
tergantung pada kinerja investasi. Perkembangan NAB secara harian dapat diakses
melalui surat kabar dan website www.takaful.com.
h.
Fasilitas yang diperoleh:
1)
Top Up
Pemegang polis dapat meningkatkan dana
investasi peserta melalui fasilitas top up regular yang dibayarkan secara
bersamaan dengan pembayaran kontribusi regular.
2)
Pengalihan Investasi (Switching)
Pengalihan Investasi dapat dilakukan sesuai
dengan ketentuan yang berlaku
3)
Free Look
Hak bebas lihat selama 14 hari sejak polis
diterima
i.
Ketentuan Kepesertaan:
1)
Usia masuk: 17 sampai dengan 55 tahun
2)
Masa asuransi: minimal 5 tahun, maksimal usia
masuk + masa asuransi <= 60 tahun
3)
Cara bayar: bulanan, triwulanan, semesteran dan
tahunan
4)
Minimum kontribusi: Rp.100.000 per peserta per
bulanan dan Rp.5.000.000,- per perusahaan
5)
Minimal peserta: 25 peserta
8.
Takaful
Kecelakaan Diri Kumpulan
Program Takaful
Kecelakaan Diri Kumpulan adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat
berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila Peserta mengalami musibah
kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, cacat tetap baik total maupun
sebagian, atau rawat inap di rumah sakit dalam masa perjanjian.
a.
Manfaat
1)
Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa
perjanjian karena suatu kecelakaan, maka kepada ahli warisnya akan dibayarkan
dana santunan meninggal sebesar manfaat Takaful yang direncanakan.
2)
Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam
masa perjanjian yang mengakibatkan peserta cacat tetap total atau sebagian maka
kepada peserta akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan persentasi yang
sudah ditentukan.
3)
Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam
masa perjanjian yang mengakibatkan peserta rawat inap di rumah sakit akan
diberikan manfaat Takaful sesuai dengan yang sudah ditentukan.
b.
Ketentuan:
1)
Maksimal usia masuk peserta 55 tahun
2)
Besarnya manfaat Takaful dapat disesuaikan
dengan permintaan
3)
Jumlah peserta minimal 25 orang dan min. 90%
dari jumlah karyawan/institusi
4)
Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 500.000,-
9.
Takaful Al
Khairat Kumpulan
Program Takaful Al Khairat adalah suatu program
asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris
apabila peserta ditakdirkan meninggal dunia dalam masa perjanjian.
a.
Manfaat
Bila Peserta
ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian, maka ahli warisnya akan
mendapatkan dana santunan meninggal dari Asuransi Takaful Keluarga sesuai
dengan jumlah yang direncanakan Peserta.
b.
Ketentuan:
1)
Usia masuk maksimal 55 tahun
2)
Usia masuk + masa perjanjian maksimal 56 tahun
3)
Jumlah Peserta minimal 25 orang dan min. 90%
dari jumlah karyawan/institusi
4)
Besarnya manfaat Takaful dapat disesuaikan
dengan permintaan
5)
Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 500.000,-
10.
Takaful Al
Khairat Siswa Kumpulan
Program Takaful
Kecelakaan Siswa adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa
pembayaran santunan kepada ahli waris apabila peserta ditakdirkan meninggal
dunia dalam masa perjanjian.
Program ini
diperuntukkan khusus bagi peserta yang merupakan siswa/siswi sekolah atau lembaga
pendidikan non-formal tertentu yang dapat dikategorikan sebagai lembaga yang
berbadan hukum.
a.
Manfaat
Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa
perjanjian, maka ahli warisnya akan mendapatkan dana santunan meninggal dari
Asuransi Takaful Keluarga sesuai dengan jumlah yang direncanakan Peserta.
b.
Ketentuan:
1)
Usia kepesertaan untuk siswa 4 – 27
tahun, untuk guru dan staf 17 – 55 tahun
2)
Usia masuk + masa perjanjian untuk siswa
maksimal 28 tahun
3)
Usia masuk + masa perjanjian untuk guru dan
staf maksimal 56 tahun
4)
Jumlah peserta minimal 50 orang dan min. 90%
dari jumlah siswa atau guru dan staf
5)
Besarnya manfaat Takaful dapat disesuaikan
dengan permintaan. Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 500.000,-
D. Strktur Organisasi PT. Asuransi Takaful
Keluarga Surabaya
PT. Asuransi
Takaful yang didirikan pada tahun 1994, telah banyak mengalami
perubahan-perubahan dalam maupun luar, yang mana ini membuat PT. Asuransi
Takaful bertambah mantab. PT. Asuransi Takaful yang berpusat di Jakarta Pusat,
telah berhasil mengembangkan produknya dan memiliki beberapa cabang diantaranya
: Bandung, Semarang, Banjarmasin, Balikpapan, Padang, Medan, Makassar, Pekan
Baru dan Surabaya. Adapun struktur organisasi cabang Surabaya sebagai berikut :
STRUKTUR ORGANISASI
PT ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SURABAYA 2013
Bancasurrance
(BAO) adalah layanan Bank yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi dalam
menyediakan produk asuranasi yang memberi perlindungan dan produk investasi
untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang nasabah.
Keuntungan:
1.
Dapat digunakan untuk berbagai tujuan
investasi, misalnya untuk dana pendidikan, tabungan atau dana hari tua. Produk
ini dapat memenuhi kebutuhan untuk menabung, perencanaan keuangan, proteksi
sekaligus untuk investasi.
2.
Pilihan dana investasi yang beragam, sesuai
dengan besarnya toleransi terhadap
risiko dan potensi keuntungan yang sesuai dengan keinginan anda.
3.
Jumlah perlindungan jiwa dapat dipilih sesuai
kebutuhan, dan dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.
4.
Kebebasan untuk melakukan penambahan maupun
penarikan dana sewaktu-waktu dan perlindungan asuransi anda tetap berjalan.
5.
Pertumbuhan dana investasi dapat dipantau
setiap hari.
Representative Office (RO):
1.
Perusahaan membuat suatu kantor pemasaran yang
bertugas dan bertangung jawab dalam perolehan premi dan pengembangan organisasi
pemasaran retail business.
2.
Perusahaan dalam pengembangan dalam perkembangannya
akan membuat suatu unit pemasraan retail business yang berada di bawah
pembinaan RO dengan sebutan Griya Takaful.
3.
Perusahaan melarang agen untuk tidak membayar
upah, komisi, imbalan, hadiah, potongan dalam bentuk apapun, baik yang
dilakukan secara langsung atau tidak langsung pada seorang pejabat, pegawai
atau wakil perusahaan dengan perusahaan, sepanjang tindakan tersebut dapat
disebut suap, gratifikasi.
Takaful Financial Consultant (TFC) adalah Agen
yang di bawah binaan TSM atau di bawah binaan langsung TAD.
Takaful Sales Manger (TSM) adalah Agency leader
yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memasarkan produk dan merekrut,
membina, memimpin dan melakukan pengembangan pada organisasi keagenan pada
unitnya.
BAB III
TABEL DESKRIPSI KEGIATAN MAGANG
DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SURABAYA
A.
Waktu dan
Tempat Praktikum
Praktikum
lembaga keuangan syariah non bank ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus –
20 September 2013. Adapun waktu yang diberikan keada kami untuk melaksanakan
praktikum adalah selama 1 bulan (30 hari). Metode yang kami gunakan dalam
pelaksanaan praktikum yaitu berupa materi dan teori setelah itu langsung
dipraktekkan didalam aplikatifnya sesuai dengan materi yang telah dipelajari
sebelum kepada praktek. Kegiatan ini setiap harinya berlangsung mulai pukul
08.00 – 16.00 wib. Praktek ini dilaksanakan di PT. Asuransi Takaful Keluarga
Kantor Pemasaran yang berlokasi di Jalan Raya Darmo No 54-56 Ruko Darmo Square
Surabaya.
B. Nama-nama Peserta Praktikum
6. Moch
Mahrus Fathur Rosy C04210058
7. Wahyu
Joko Saputro C04210043
8. Refita
Avitriani Rizalina C04210041
9. Rafiqah
Aulia Rahma C04210035
C. Deskripsi Kegiatan Praktikum
Nama : Moch Mahrus Fathur Rosy
Tanggal
|
Jam
|
Kegiatan
yang dilakukan
|
26-8-2013
|
08.00-16.00
|
Perkenalan
karyawan, breefing, adaptasi tempat kerja
|
27-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
|
28-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
keuangan polis individu
|
30-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
|
2-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS
|
3-9-2013
|
08.00-16.00
|
CS
|
4-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA
|
5-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data SPA
|
6-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
keuangan polis individu
|
9-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
|
10-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA dan polis individu
|
11-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa
|
12-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data SPA, SAP, CS
|
13-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
keuangan polis pembiayaan kumpulan
|
16-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS
|
17-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA, CS
|
18-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS
|
19-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data SPA, data BAO
|
20-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
|
Nama : Refita Avitriani Rizalina
Tanggal
|
Jam
|
Kegiatan
yang dilakukan
|
26-8-2013
|
08.00-16.00
|
Perkenalan
karyawan, breefing, adaptasi tempat kerja
|
27-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis kumpulan, CS
|
28-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis individu, CS
|
30-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA, CS
|
2-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
|
3-9-2013
|
08.00-16.00
|
CS
|
4-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS, CS
|
5-9-2013
|
08.00-16.00
|
Scan data
keuangan polis pembiayaan kumpulan
|
6-9-2013
|
08.00-16.00
|
CS, Entry
data keuangan polis individu
|
9-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
|
10-9-2013
|
08.00-16.00
|
Scan dan entry data SPA dan polis individu, CS
|
11-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS, CS
|
12-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
|
13-9-2013
|
08.00-16.00
|
CS
|
16-9-2013
|
08.00-16.00
|
Scan dan
entry data SPA
|
17-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS
|
18-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
keuangan polis individu
|
19-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data BAO, CS
|
20-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data SPA, CS
|
Nama : Rafiqah Aulia Rahma
Tanggal
|
Jam
|
Kegiatan
yang dilakukan
|
26-8-2013
|
08.00-16.00
|
Perkenalan
karyawan, breefing, adaptasi tempat kerja
|
27-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS, CS
|
28-8-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa,
|
30-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA, CS
|
2-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
|
3-9-2013
|
08.00-16.00
|
CS
|
4-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis kumpulan, CS
|
5-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
keuangan polis individu
|
6-9-2013
|
08.00-16.00
|
CS, Entry
data keuangan polis individu
|
9-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
|
10-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data BAO, CS
|
11-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS, CS
|
12-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data SPA, SAO, CS, CS
|
13-9-2013
|
08.00-16.00
|
CS, Entry
data dan print polis individu
|
16-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data SPA, CS
|
17-9-2013
|
08.00-16.00
|
Scan dan entry data SPA dan polis individu, CS
|
18-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
|
19-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS
|
20-9-2013
|
08.00-16.00
|
Scan dan
entry data SPA
|
Nama : Wahyu Joko Saputra
Tanggal
|
Jam
|
Kegiatan
yang dilakukan
|
26-8-2013
|
08.00-16.00
|
Perkenalan
karyawan, breefing, adaptasi tempat kerja
|
27-8-2013
|
08.00-16.00
|
Print polis
kumpulan
|
28-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis individu, CS
|
30-8-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA, CS
|
2-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS
|
3-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
|
4-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS
|
5-9-2013
|
08.00-16.00
|
Scan data
keuangan polis pembiayaan kumpulan
|
6-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
keuangan polis individu
|
9-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
keuangan polis individu
|
10-9-2013
|
08.00-16.00
|
Scan dan entry data SPA dan polis individu, CS
|
11-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
|
12-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
|
13-9-2013
|
08.00-16.00
|
CS
|
16-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data SPA
|
17-9-2013
|
08.00-16.00
|
Entry data
SPA produk BANCAS
|
18-9-2013
|
08.00-16.00
|
Scan dan
entry data SPA
|
19-9-2013
|
08.00-16.00
|
Verifikasi
data BAO, CS
|
20-9-2013
|
08.00-16.00
|
Pencarian
data klaim pemegang polis asuransi jiwa
|
BAB IV
TEMUAN STUDI MENARIK DI PT. ASURANSI TAKAFUL
KELUARGA SURABAYA
KONTES KEAGENAN DAN CLUB MEMBER RETAIL
BUSINESS 2013
PT ASURANSI TAKAFUL KELUARGA
A. Definisi
1. Agen :
seseorang yang telah terikat atau mengikatkan diri pada perusahaan untuk
memesarkan/menjual jasa asuransi untuk dan atas nama perusahaan, sesuai kanal distribusi
pemasarannya.
2. Kontes : suatu bentuk dan cara pemberian penghargaan
berdasarkan seleksi dan mekanisme tertentu yang diselenggarakan oleh perusahaan
pada suatu waktu dan tempat tertentu pula.
3. Peserta : agen yang ditunjuk dan ditetapkan untuk dapat
ikut serta dalam kontes sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada perusahaan.
B. Tujuan
1. Meningkatkan
penjualan dan pencapaian premi individu tahun 2013.
2. Untuk
memberikan apresiasi pada sales force yang berprestasi.
3. Untuk
meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para sales force melalui aktifitas
berproduksi berdasarkan nilai-nilai keimanan dan profesionalisme.
C. Kontes dan Persyaratan Umum
1. Kontes
untuk tahun kerja 2013:
a) Mid year contest (kontes
semesteran): Masa periode kontes selama 6 bulan terhitung efektif sejak 1
januari 2013 – 30 juni 2013.
b) Year contest (kontes tahunan): Masa periode kontes selama 12
bulan terhitung efektif sejak 1 januari 2013 – 25 desember 2013, sesuai dengan
jadwal tutup buku perusahaan.
2. Peserta
yang diikutsertakan dalam kontes ini adalah seluruh agen retail business:
a) Takaful
agency director (TAD)
b) Takaful
sales manager (TSM)
c) Takaful
executive consultant (TEC)
d) Takaful
financial consultant (TFC)
3. Ketentuan
persyaratan peserta dapat mengikuti kontes:
a) Peserta
tercatat sebagai agen aktif dan produktif selama masa periode kontes berjalan
b) Peserta
memiliki sertifikat keagenan asuransi jiwa menurut klasifikasi yang ditetapkan
oleh atau sekurang-kurangnya telah terdaftar pada asosiasi asuransi jiwa
Indonesia.
c) Peserta
memiliki jejak rekam yang baik dan tidak pernah bermasalah secara aspek hukum atau
aspek financial, sekurang-kurangnya dalam 2 tahun terakhir.
4. Ketentuan
persyaratan kontes:
a) Perhitungan
produksi dalam kontes ini, mengacu ketentuan produk yang ditetapkan dan
diberlakukan oleh perusahaan dari waktu ke waktu.
b) Pembatalan
polis selama periode kontes, maka tidak akan diperhitungkan dalam kontes.
c) Produksi
yang dihitung adalah polis tutupan dan peserta asuransi tahun 2013.
d) Hadiah
tidak dapat ditukar atau diuangkan atau dipindahkan pada siapapun.
e) Penitipan
produksi diantara para peserta kontes, tidak diperkenankan. Pelanggaran atas
hal tersebut, maka perusahaan akan memberikan sanksi dan kepesertaannya
dibatalkan.
f) Hadiah
kontes diberikan apabila sampai dengan saat penilaian agen masih dalam status
aktif pada perusahaan.
D. Ketentuan Kontribusi, Produk dan Hadiah Kontes
Keagenan Retail Business
1. Kualifikasi
peserta dan hadiah dan periode kontes:
a) Mid year (kontes semesteran)
Level Agen
|
Premi/Polis
|
Hadiah
|
Ketentuan
|
TFC & TEC
|
70.000.000 dan 40 polis
100.000.000 dan 60 polis
|
Kuala lumpur tour untuk 1 orang
Kualalumpur tour untuk 2 orang (pasangan)
|
Produksi dihitung dari tutupan produksi
pribadi
|
LEADER (TSM & TAD)
|
200.000.000 dan 100 polis
300.000.000 dan 150 polis
|
Kualalumpur tour untuk 1 orang
Kualalumpur tour untuk 2 orang (pasangan)
|
Produksi dihitung dari tutupan produksi
pribadi dan direct agent
|
LEADER (TAD)
|
Minimal 8 agen lolos
|
Mendampingi kualalumpur tour untuk 1 orang
|
Minimal 1 orang direct agent lolos
|
b) Yearly contest (kontes
akhir tahun)
Level Agen
|
Premi
|
Hadiah
|
Ketentuan
|
TFC & TEC
|
200.000.000 dan 100 polis
300.000.000 dan 150 polis
|
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 1
orang
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 2
orang (pasangan)
|
Produksi dihitung dari tutupan produksi
pribadi
|
LEADER (TSM & TAD)
|
600.000.000 dan 300 polis
900.000.000 dan 500 polis
|
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 1
orang
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 2
orang (pasangan)
|
Produksi dihitung dari tutupan produksi
pribadi dan direct agent
|
LEADER (TAD)
|
Minimal 8 agen lolos
|
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 1
orang
|
Minimal 1 orang direct agent
|
2. Kualifikasi,
persyaratan dan benefit club member retail business
a) Level TFC
dan TEC
Club Award
|
Persyaratan
|
Benefit
|
Diamond
club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 300 juta dan 120
polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin diamond club
3.
sertifikat
4.
Jas
5.
Pelatihan khusus
|
Gold club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 200 juta dan 90
polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin gold club
3.
Sertifikat
4.
Batik
5.
Pelatihan khusus
|
Silver club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 100 juta dan 60
polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin silver club
3.
Sertifikat
4.
Kaos seragam
5.
Pelatihan khusus
|
b) Level
TSM
Club Award
|
Persyaratan
|
Benefit
|
Diamond
club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 900 juta dan 360
polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin diamond club
3.
Sertifikat
4.
Jas
5.
Pelatihan khusus
|
Gold club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 600 juta dan 270
polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin gold club
3.
Sertifikat
4.
Batik
5.
Pelatihan khusus
|
Silver club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 300 juta dan 180
polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin silver club
3.
Sertifikat
4.
Kaos seragam
5.
Pelatihan khusus
|
c) Level
TAD
Club Award
|
Persyaratan
|
Benefit
|
Diamond
club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 4 Milyar dan
3.000 polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin diamond club
3.
Sertifikat
4.
Jas
5.
Pelatihan khusus
|
Gold club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 2 Milyar dan
1.500 polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin gold club
3.
Sertifikat
4.
Batik
5.
Pelatihan khusus
|
Silver club
|
Min. kontribusi prestasi Rp 1 Milyar dan
1.000 polis
|
1.
Peserta takaful award
2.
Pin silver club
3.
Sertifikat
4.
Kaos seragam
5.
Pelatihan khusus
|
BAB V
PENUTUP
E. Kesimpulan
Asuransi
adalah sebuah transaksi yang tidak jelas waktu, kadar, ataupun kualitasnya.
Karena sebuah jasa ataupun barang yang dihasilkan dari pembayaran asuransi yang
dilakukan oleh pelanggan tidak jelas akan di laksanakan atau diberikan kapan,
dimana, dan berapa kuantitasnya. Contohnya seperti asuransi kesehatan, beban
asuransi terus-menerus dikenakan kepada pelanggan sedangkan keadaan sehatnya
pelanggan itu tidak jelas. Yaitu tidak jelas kapan pelanggan itu sakit dan
membutuhkan dana asuransi tersebut.
Komitmen
PT Asuransi Takaful Keluarga untuk terus meningkatkan kualitas sekaligus
menjaga konsistensi layanan kepada masyarakat ditunjukkan dengan diperolehnya
sertifikasi ISO 9001:2008, sebagai standar internasional terbaru untuk sistem
manajemen mutu dari Det Norske Veritas (DNV), Norwegia.
Kemajuan
Asuransi Takaful Keluarga pada bidang asuransi syariah terbukti dengan
diperolehnya penghargaan dari berbagai pihak, di antaranya dari Majalah Media
Asuransi, Infobank, Investor, dan lain-lain. Terakhir, dalam acara Islamic
Finance Award 2010 yang diadakan oleh Karim Business Consulting, Asuransi
Takaful Keluarga memperoleh predikat 3rd Rank The Best Islamic Life Insurance.
Comments