Filsafat Sosial

blogger templates

· Alam pikiran tentang masyarakat hampir sama tuanya dengan alam pikiran ilmiah ( comment :what’s your reasoning ?)

· Karena Alam pikiran dalam perkembangannya berawal dari kenyataan sosial dan dalam perjalananya banyak mengalami problema yang dihadapi dan untuk pemecahannya munculah pemikiran ilmiah (comment :ijtihad manusiawi ,awalnya trial and error shg melahirkan Pengetahuan)

· Comment :kita flash back untuk penyegaran pikiran kita ttg filsafat; ask to student about diffinition of Filsafat ) ; Filsafat adalah berfikir dan merasa sedalam2nya terhadap segala sesuatu sampai kpd inti persoalan( tassawuf=hakekat)

· Filsafat berasal dari kata Yunani yangtersusun dari dua kata yaitu philos berarti senang,cinta dan shopia berarti kebijaksanaan ,shg Filsafat dpt diartikan juga sbg kecintaan pd kebijaksanaan (Hikmah : latar belakang terdalam kejadian sesuatu/ Hakikat)

· Hikmah dan hakikat adalah dua nama Al Qur’an selain Al Furqon (pembeda) shg dengn demkian Al Qur’an jg berarti Filsafat krn domainnya sama yakni logika,etika dan estetika

· 3 perspektif filsafat 1. Perspektif Ontologi: pembahasanya mencari inti persoalan dibalik semua realitas; 2. Perspektif Epistomologi: pembahasanya mengenai bagaimana proses itu bisa terjadi; 3. perspektif Aksiologi: pembahasanya mengenai penerapan pengetahuanya, mulai klasifikasi tujuan pengetahuan serta perkembangnya.( comment :test ulang ttg 3 perspektif )

· Filsafat lahir dalam alam pikiran Yunani, krn pada sekitar abad ke 5 SM, Yunani sudah memilki peradaban yang tinggi .Walaupun pd awalnya pemikiran masyarkatnya masih masih magis dan tidak kritis.

· Orang Yunani terkenal sbagai bangsa yang cakap dan Superior,(comment :bs Yahudi danCina sekarang) dan orang Yunanilah yang pertama kali memisahkan Filsafat dan ilmu pengetahuan dengan Agama.(comment: mengapa demikian>krn agama /kepercayaan waktu itu Dianggap tdk dapat memecahkan masalah>Polytheisme

· Kekalahan Yunani Athena atas Sparta dalam perang besar Peloponesus (430-400 SM) merupakan tonggak kesadaran orang Athena untuk melahirkan pemikiran Sosial yang bebas dari tradisi dan agama yang kemudian terkenal dengan munculnya teori pertumbuhan social yg disebut sbg: THE CRISIS THEORY OF THOUGHT ( teori krisis pemikiran ) KRISIS : diartikan sebagai situasi yang menciptakan suatu problema yang menuntut kemampuan berfikir untuk menyelesaikanya. Selanjutnya muncul thesis bhw: “kita akan berfikir ketika timbul permasalahan”dlm thesis yg lain “Bilamana kebiasaan lama tidak berfungsi kita harus bentuk kebiasaan yang baru”( comment:bukti secara manusiawi pikiran manusia berkembang>ijtihad)

· Kekalahan Athena oleh Sparta yg dianggap mission imposible dan diluar perhitungan nalar bagi Athena dan mrpkn momentum sejarah munculnya Filsafat di Athena/ Yunani.

· Selanjutnya munculah analisis2 ttng penyebab kekalahan perang tsb (comment : ask student) diantaranya : krn Athena terdiri dari Negara kota (city state) yg masing2 memilki organisasi politik dan social yang berbeda berpotensi negative terhadap pengembangan individualistis pada masyarakatnya terutama mental pejabat/penguasanya. Kemenangan Athena atas Parsi sebelum dikalahkan oleh Sparta juga berperan thd munculnya Overconvident dan kesombongan penguasa Athena yg dlm konteks “SUNNATULLAH’ berbuah kontraproduktif, sbgmn warning Allah dlm Qur’an dan haditsnya ttng kesombongan. (comment:sejarah ottoman yg menguasai daerah mulai dari India sd spanyol jg prediksi keangkuhan bs Israel dlm sejarah masa lalu dan yad). Dalam situasi yg chaos itu muncullah komunitas yg menamakan dirinya kaum SOFIS (orang bijaksana) yg mengajarkan kebenaran dan keadilan dlm mencapai sukses dalam bidang social dan politik. Diawalnya orang Sofis komitment menegakkan kebenaran dan keadilan Namun dalam perkembanganya upaya kaum Sofis tdk sebagaimana yg diharapkan,sifat individualistis dan arrogansi malah tak terkendali shg justru konflik2 internal yang notabene adalalah para sofis/ penguasa semakin menjadi akibatnya Situasi semakin tidak menentu. Dalam situasi inilah muncullah seorang sofis yg sufi yaitu SOCRATES.(comment :tokoh yg rahmatan lil ‘alamin: tindakan dan ucapan bermanfaat bg banyak orang dan ciptaan Tuhan > dalam ajaran islam/ hadits kita kenal khairun nasy---------------)

· Socrates 470 -399 SM, anak seorang pematung, seorang sofis yang sufi dan seorang prajurit. Setelah menganalisa kekalahan perang Athena atas Sparta dan langkah2 ygditempuh kaum sofis pasca perang sampailah pada satu jawaban dari Socrates “ bahwa Sesungguhnya saya tidak tahu apa2”dari jawaban itulah dia mulai mencari hakekat kehidupan politik dan social ygkemudian menjadi starting point analisisnya dalam berfilsafat.

· Filsafat Socrates menjadikan LOGIKA sbg dasarbagi ilmu pengetahuan dan Filsafat. Filsafat social Socrates: “Kecerdasan adalah merupakan dasar dari semua keutamaan dan kecerdasan adalah sinonim dari tabiat yangbaik.” shg para pakar filsafat menyebut Filsafat Socrates sangat intelektualistik.

· PLATO 427-347 M, dari bangsawan Athena yg sangat memuliakan kaumnya. Shg ktk menjelang ajalnya ia masih sempat memuji Tuhannya krn dia ditakdirkan sbg orang Yu nani bukan orang Barbar, sbg orang merdeka bukan budak belian, sbg laki2 bukan sbg perempuan. Dan dia bersyukur menjadi muridnya Socrates.( comment : gender> patrilineat)

· Dia mendirikan ACADEMIA universitas pertama di Eropa, dia hidup lebih 80 thn dan slm 40 thn terakhir dia mengabdikan hidupnya untuk mengajar dan menulisbuku2nya.

· Buku2nya yg terkenal(write on the whiteboard) : 1 THE REPUBLIC, yg ditulis pd usia 40thn setelah pulang dari perantauannya ,dimana dia menggambarkan suatu masyarakat yg ideal dimana keadilan dapat diwujudkan. 2. THE LAWS , yg berisi garis besar konstitusi social politik. 3. THE STATESMAN (negarawan) kompilasi diskusi murid2nya ttng konstitusi politik dan social.

· Menurut Plato Konsep tdk dapat dicapai melalui pengalaman semata tapi jg harus melalui pengamatan. PLATONIC IDEALISM suatu doktrin ygmengajarkan bhw kebenaran harus diperoleh dengan menguji atau membuktikan konsep2.

· THE REPUBLIC adalah tulisan pertama dan terbesar yang bersifat sosiologis. Plato menganggap bahwa masyarakat ideal adalah perluasan dari konsepsi ttng individu manusia. Shg jk individu khususnya penguasa bisa menjadi individu yg ideal mk masyarakat tsb scr otomatis menjadi msyarakat yg ideal.

· Menurut Plato bahwa kesengsaraan dunia tidak berakhir sebelum filosuf menjadi raja atau raja menjadi filosuf.shg banyak orang berpendapat bahwa Plato menginginkan 1. para filosof menjadi Negarawan dan Negarawan menjadi Filosuf. Plato menghendaki suatu Aristokrasi dibawah intelektual dimana kekuasaan dan pengawasan akan dipegang oleh kelas yg berpendidikan dan berkecerdasan. Masyarakat idamanya bukanlah bersifat demokratis melainkan bersifat aristokratis sekalipun aristokrasi tetapi berbasis kecerdasan dan bukan juga keturunan sedarah. 2. Selanjutnya ada masyarakat prajurit tugasnya mengawasi dan menjaga keamanan . 3. adalah masyarakat biasa yang terdiri dari pedagang,petani dan tukang, yg menopang kehidupan ekonomi rakyat. 3 lapisan social semacam inilah yg menurut Plato dapat melahirkan masyarakat / Negara yg ideal.

· Plato oleh beberapa pakar dianggap mengilhami ide komunis:karena ajaranya linear ajaran komnis yakni:* keduanya menghendaki hapusnya hak milik perseorangan,*keduanya menghendaki pengawasan kolektif bg anak2, *kedua2nya menghendaki pengawasan semua ilmu pengetahuan dan ideology bagi kepentingan Negara, *keduanya menghendaki ajaran yg dogmatis dan seragam dlm Negara. Namun menurut pakar lain Plato dianggap sebagai pencari Tuhan, krn paradigma pemikirannya menjadi paradigma teokratis yg dikolaborasi dengan azas rasionalitas. kesimpulanya tergantung subyektifitas sudut pandangnya.

· ARISTOTELES, 384 -332 SM lahir STAGIRA, daerah koloni di Macedonia, Ayah dan ibunya seorang ahli kesehatan dari raja AMYNTAS II kakek raja ALEXANDER AGUNG, dalam usia 18 tahun belajar di ACADEMIA dibawah asuhan Plato .Plato mngakui bhw Aristoteles adalah muridnya yg paling brilliant. Bahkan ada komentar Aristoteles terlampau besar untuk dibentuk oleh guru manapun juga.Aristoteles adalah orang Yunani pertama yang membangun perpustakaan dan museum, dan jg mendirikan sekolah yg terkenal ( write):LYCEUM APOLLO

· Bukunya yg terkenal : THE POLITICS yg merupakan kompilasi catatan kuliahnya dan THE NICHOMACHEAN ETHICS yg merupakan tulisan yg ditujukan kpd anaknya yg sering melanggar ethika bernama NICOMACHUS. Dari kedua buku inilah Aristoteles meletakkan dasar2 ilmu pengetahuan social. ( comment:Bukti sportifitas Aristoteles)

· METODE BERPIKIR ARISTOTELES.jika Plato berbicara ttng dunia ideal mk Aristoteles ttg filsafat dan realita. Dia membangn teorinya diatas landasan fakta .dan dia menggunakan metode INDUKTIF DAN KOMPARATIF.(comment : apa itu induktif> Plato Deduktif) Berpikir yg benar merupakan dasar dari pada ilmu pengetahuan, dan ilmu pengetahuan menurutnya adalah merupakan suatu bangunan pengetahuan yang masuk akal.

· ETIKA adalah setengah drpd lapangan ilmu social dan yg setengahnya adalah ILMU POLITIK. Etika memandang masalah kehidupan manusia dari sudut kepentingan dan kebahagian individual sedangkan ilmu politik memandang dari sudut kesejahteraan masyarakat dan Negara. Aristoteles tidak sependapat dengan Plato trhadap konsep komunis ttg hapusnya hak milik perorangan.krn ini akan merusak kebanggaan dan kenikmatan yg timbul dari perasaan memiliki dan jg tdk mungkin mengembangkan jiwa yg bebas dan rela berkorban perorangan. Yang diperlukan bukanlah suatu pemaksaan melainan reformasi hak milik perseorangan. Dia tdk mempermasalahkan Aristokrasi/ monarkhi atau demokrasi yang penting seorang pemimpin harus bijaksana hanya saja menurutnya monarkhi lebih rentan merosot kestabilannya dibanding dengan Demokrasi/ Republik konstitusional yg dianggapnya bentuk pemerintahan yg terbaik.

· Ajaran Aristoteles adalah ajaran KESEJAHTERAAN SOSIAL. Ada 3 elemen kesejahteraan social: 1.External goods or Wealth (kekayaan), 2.Good of the body or health(kesehatan), 3.Good of the soul or intelegence and character (kecerdasan dan karakter). Dengan demikian menurut Aristoteles masyarakat yg baik adalah masyarakat yg seimbang kemakmuran materialnya, kesehatn fisikdan kecerdasan serta karakternya yang merata .

· Aristoteles memiliki ajaran tentang perbaikan social (social progress) untuk membangun masyarakat ideal melalui pendidikan> Singapura dan Malaysia.(comment) Disamping membangun karakter/ moral warganegara, karakter yg tinggi akan menghasilkan tertib social yg tinggi.

· NICCOLO MACHIAVELLI, 1469-1527 SM seorang yg realis yg menganjurkan politik kekuasaan praktis dng tidak memakai dasar2 kesusilaan atau normative yg bertele2.Dia mengatakan bahwa tujuan Negara adalah untuk memperoleh kekuasaan tidak peduli bagaimana caranya untuk mendapatkan kekuasaan itu, apakah melanggar moral atau tidak. CARA UNTUK MEMPEROLEH KEKUASAAN :1. meningkatkan jumlah penduduk >membangun tentara yg kuat> kekuatan bangsa 2. memperluas perdagangan dan komersialisasi 3.membangun persekutuan dengan Negara lain> memperbesar kekuasaan 4.diplomasi>membangun kekuatan lebih besar.Dengan metode yg dikembangkan dia disebut sbg bapak Militerisme modern, dan disebut juga sebagai perumus politik amoral (terutama dalam memperoleh kekuasaan). Semboyanya:”Barang siapa mempunyai kekuasaan dia yg punya hukum dan barang siapa tdk punya kekuasaan dia tdk punya hukum.”shg bs disebut politik kekuasaanya adalah politik menghalalkan cara.

· Filosuf Islam : AL KINDI berasal dari KINDAH (KOTA DI YAMAN) lahir di Kufah (Iraq) tahun 796-873 M ,Putera Gubernur Basrah dewasa di Bagdad pd zaman Khalifah Al Ma’mun ,dia penganut Mu’tazilah .Dia mengarang 241 buku dlm: Ilmu Filsafat, ilmu hitung, logika, Astronomi, Kedokteran, Ilmu Jiwa, Matematika, POlitik, Musik dan Optika.

· Dia membagi ilmu pengetahuan memjadi :1. PENGETAHUAN ILLAHI ( DIVINE SCIENCE) yaitu pengetahuan yg diperoleh langsung dari Tuhan dan Nabi (dasar pengetahuan ini adalah Keyakinan). 2 . PENGETAHUAN MANUSIAWI ( HUMAN SCIENCE) yaitu FILSAFAT (dasarnya adalah pemikiran :Rational-reason )

· Argumen yg dibawa Al Qur’an lebih meyakinkan dari argument yg dibawa oleh Filsafat, tetapi pada prinsipnya Filsafat tidak bertentangan dengan Al Qur’an. Filsafat baginya : KNOWLEDGE OF TRUTH (PENGETAHUAN TTG KEBENARAN) dari sinilah persamaan Agama(Islam) dan Filsafat .Bagi Al Kindi kebenaran yg pertama (FIRST TRUTH) adalah Allah shg dia menyebutnya Filsafat yg paling tertinggi dan termulia derajatnya adalah FILSAFAT KETUHANAN yg menjadi sebab dari segala sebab bg segala yg benar).Tuhan hanya satu dan tidak ada yg serupa. Dia yg benar pertama dan yg benar2 tunggal atau maha satu yg merupakan sumber dari segala sumber dari segala yg ada. Dan alam ini adalah EMANASI/ pancaran dari yg maha satu/ Tuhan. Jg Roh adalah adalah cahaya dari Tuhan shg rohyg baik dapat menangkap ilmu Tuhan dan roh yg kotor tdk dapat menerima ilmu /cahayaTuhan.Roh itu bersifat kekal tidak hancur dengan hancurnya badan, krn roh substansinya berasal dari substansi Tuhan dan ia adalah cahaya yg dipancarkan Tuhan.Setelah bercerai dari badan roh akan pergi alam kebenaran diatas bintang2 dalam .lingkungan cahaya Tuhan, dekat dengan Tuhan dan dapat melihat Tuhan.

· AL FARABI , th 870 – 950 M, lahir : di Farab ( Turki) , orang tuanya seorang jenderal dan dia seorang hakim. Ia berkeyakinan bahwa filsafat tidak boleh dibocorkan pd orang awam, oeh krn itu menurutnya filosuf2 harus menuliskan dng gaya bhs yg gelap agar tdk diketahi sembarang orang dng harapan tdk merusak iman dan keyakinan seorang yg awam. Walaupun sebenarnya ia berkeykinan bahwa filsafat dan agama (islam) tidak bertentangan karena sama2berbicara kebenaran.

· IBNU SINA ,980 – 1037 M, LAHIR: AFSYANA dekat BUKHARA ( tempat lahir BUKHARI ahli hadits ) dia ahli Kedokteran, matematika, fisika,dan hukum.Dia menulis Ensiklopedia Kedokteran “AL QANUN/ THE CANON” krn kejeniusanya dia diangkat sbg MENTERI oleh SULTAN SYAM yg berkuasa di IRAN BARAT.

· AL GHAZALI, 1059-1111 M, LAHIR DI GHAZALEH (IRAK), dia menjadi murid AL HARAMAIN AL JUWAINI (GURU BESAR AL NIZAMIAH), Dlm sejarah filsafat islam dia pd mulanya syak dlm sgl hal. Namun dari sifat syak justru mengantarkan menjadi filosuf besar. Ia mempelajari Filsafat untuk menyelidiki apakah pendapat2 yg diajukan oleh para Filosuf itu merupakan kebenaran. Menurutnya argument filosuf2 banyak bertentangan dengan ajaran islam shg kemudian dia menerbitkan buku” MAQASID AL FALASIFAH / PEMIKIRAN KAUM FILOSUF” dan “TAHAFUDZ AL FALASIFAH/ KEKACAUAN PEMIKIRAN FILOSUF2/ THE INCOHERENCE OF THE PHILOSHOPHERS” Perasaan syak ini menghantui pikiran al Ghozali sampai dengan menemukan tassawuf memperoleh keyakinan yg dicarinya. Dia membagi manusia itu : golongan AWAM (membaca apa yg tersurat) dan golongan KHAWAS (membaca yang tersirat/hakekat)

· IBNU RUSYD,1126-1198, Lahir di CORDOVA (SPANYOL). Dia dituduh oleh ulama fuqoha membawa filsafat menyeleweng dar ajaran islam.Dia menterjemahkan karya2 Aristoteles kedalam bhs latin shg dia mendapat sebutan” COMMENTATOR”,Dia juga ahli dlm bidang Kedokteran dan jg ahli Fiqih. Menurutnya Falsafah tdk bertentangan dengan Islam, bahkan orang islam diwajibkan atau sekurang2nya dianjurkan mempelajarinya.Krn tugas Filsafat adalh berfikiryg wujud untuk mengetahui Pencipta yg ada. Dia membalas buku Tahafudz al Falasifah Ghozali dng bukunya”TAHAFUDZ AL TAHAFUDZ/ KEKACAUAN DARI KEKACAUAN”.

· SOSILOLOGI KLASIK :Beberapa tokohnya : 1. EMILE DURKHEIM, Lahir 15 April 1858 di Perancis dia seorang Sosiolog yg memperbaiki metode berpikir sosiologis yg tdk hanya berdasarkan pemikiran2 LOGIKA FILOSOFIS tetapi jg yg mengantarnya menjadi ILMU PENGETAHUAN.

· Buku2 nya : 1. THE DIVICION OF SOCIAL LABAOUR (PEMBAGIAN PEKERJAAN SOCIAL) 2. THE RULES OF SOCOLOGICAL METHOD ( ATURAN METODE SOSIOLOGI) 3. SUICIDE (BUNUH DIRI)

· Ada dua kesadaran menurutnya : 1.COLLECTIVE CONCIOUSNESS (kesadaran bersama) 2. INDIVIDUAL CONCIOUSNESS ( kesadran individu)

· CC adalah SATU KONSENSUS masyarakat yg mengatur hubungan social diantara masyarakat ybs.

· Dalam buku THE DIVICION SOCIAL LABOUR , DURKHEIM mengulas persoalan INTEGRASI SOCIAL msngenai “ Mengapa manusia dengan kepentinganya yg berbeda dpt terintegrasi krdalam satu masyrakat bahkan ada salin ketergantungan dng yg lainya” jawabanya krn ada pembagian kerja social dlm masyarakat. Selanjutnya mengenai kesadaran individual selalu diarahkan scr linier dengan kesadaran kolektif spy tdk terjadi benturan dlm masy.

· SUICIDE :TEORI BUNUH DIRI :Durkheim menolak bhwa anggapan ttg penyebab bunuhdiri itu disebabkan oleh penyakit kejiwaan atau imitasi/ peniruan, alkoholisme atau kemiskinan. Dlm penelitiannya banyak Negara kayadi Eropa(Perancis) jstru memiliki angka bunuh diri lebih tinggidibandingkan Negara kurangkaya(Italiadan Spanyol).Menurut nya peristiwa diri sebenarnya merupakan kenyataan social yang tidak sehat.

· Jenis bunh diri :1.Eqoistic suicide yaitu tindakan bunuh diri krn kepentinganya sendiri lbh besar drpd kepentingan socialnya. Setiap individu dlm messy. Selalu dihadapkan pada 2 mcm ROLE: Yakni ROLE EXPECTATION (Peran yang diharapkan masyarakat) dan ROLE PERFORMANCE ( peran yg harus dijalankan dlm masyarakat). Jk individu hanya dapat memerankan ROLE PERFORMANCE yg tdk sesuai dengan ROLE EXPECTATION mk individu tsb mengalami Frustasi dan jk tdk ada lagi unsur yang menetralisir ybs bs bunuh diri. 2. ANOMIE SUICIDE :Saat mana pemenuhan kebutuhan2 primer tdk terpenuhi dan bertemu dng keadaan tdk berfungsinya aturan 2 masyarakat. 3.ALTRUISTIC SUICIDE ; keadaan dimana dia merasa dirinya menjadi beban masyarakat, disamping itu jug abs terjadi krn kepentingan masyarakat lebih tinggi dari kepentingan dirinya. Termasuk dalam kategori ini orang yg bunuh diri krn ditinggal mati suaminya ( Hindu India), Harakiri , Kamikaze bunuh diri ala jepang Bunuh diri para Terorist yakni bunuh diri sbg suatu kuajiban yang dibebankan kpd ybs.

· TEORI TTG AGAMA. Dlm bukunya THE ELEMENTARY FORM OF RELIGIOUS LIFE : Durkheim mengulas tuntas mengenai sifat2 ;akibat dan variasi agama dari sudut pandang agama. Agama merupakan sarana untuk memperkuat kesadaran kolektif yg diwujudkan melalui upacara2 atau ritus2nya. Dan menurut Durkheim fungsi ritus2 itu adalan untuk memperkuat kesadaran kolektif( Collective conciousness)

· GEORGE SIMMEL : Sosioloog yg gelisah dansekalgus petualang.Dia anak bungsu dari tujuh bersaudara usahawan Yahudiyg ditinggal mati ayahnya ktk masih kanak2,latar belakang kehidupan ini mempengaruhi kegelisahannya.menurut Simmel masyarakat adalah bentuk interaksi social ygterpola spt jaringan laba2.(saling kait terkait). Struktur super individual yg lebih luas spt halnya Negara,klg, klan hanyalh merupakan kristalisasi dari interaksi individual.

· Bagi Simmel bentuk2 yg ditemukan dalam kenyataan social tidak pernah bersifat murni . Setiap Fenomena social sll merupakan segmen formal yg bersifat ganda antara kerjasama dan konflik, antara keakraban dan jarak social.Selanjutnya yg diperlukan adalah bagaimana memanage ketidak harmonisan itu menjadi sebuah kenyataan social yg didambakan. Tidak ada kerjasama dan tidak ada konflik yg murni dlm kehidupan social krn kompleksnya interaksi ( kasus Ambon)

· Menurut Simmel konflik adalah merupakan sesuatu yg essensial dr kehidupan social sbg sesuatu yg tdk dpt dihilangkan didalam kompnen kehidupan social. Krn masyarakat yg baik bukanlah masyarakat yg bebas dari konflik, sebaliknyadalam bentuk bersama dr berbagai konflik dan ketertiban bersifat korelatif >KEDEWASAAN

· VILVREDO PARETO, berasal dr keluarga Itali dan Perancis, dia tokoh yg menghendaki faham LIBERALISME PERDAGANGAN (Perdagangan bebas)

· Pareto mengembangkan sosiologi sbg Ilmu pengetahuan yg benar2 ilmah (Pure Sociology) dan itu hanya bs dicapai dengan Logico Experimental yaitu suatu usaha untuk mengamati fakta2 scr obyektif melalui penalaran logika eksperimental melalui pengamatan yg tdk dilandasi oleh prasangka terlebih dahulu.

· Pareto hidup pd jaman Mussolini tokoh Fassisme Italia.(Hitler di German). Dia menentang bentuk politik Liberalisme dalam segala bentuk, namun dia menghendaki Liberalisme Ekonomi.

· KARL MARX, Lahir 1818, keturunan Borjuis Yahudi , kelak akan menjadi penentang nomor wahid kaum borjuis. Dia seorang seorang pemberontak yg radikal yg sdh dirasuki oeh ajaran Hegel.

· Karya2 terkenal: 1. The Poverty of Philosophy 2.Manifesto Comunist 3.Das Kapital ( banyak menyerang konsep2 agama). Teori2 Marx mengemukakan teori sosiologi ttng perjuangan/ pertikaian Kelas. (kelas pemilik modal/ Kapitalis/Borjuis/ kaya dan kelas buruh /Proletar/ miskin) . Menurutnya masyarakat mulai dari bentuknya yg paling primitive sekalipun sdh mengalami perbedaan2 yg fundamental yg sll mengejar dan mempertahankan kepentingannya masing2.

· Dalam konteks Faktor produksi Marx membagi : 1. Kelas pemilik tanah : sumber keuangannya dari upah ,laba dan sewa tanah 2.Kelas pemilik modal 3. Kelas Pekerja /buruh yg menyandarkan hidupnya dari tenaga kerjnya belaka. Perbedaan kelas menurutnya bukan saling melengkapi krn pd dasarnya kaom kapitalis ingin mengekploitasi baik secara ekonomis maupun politis . Teori KELAS menurut MARX “ Sejarah dari segala bentuk masyarakat dari dulu sampai sekarang adalah SEJARAH PERTIKAIANANTAR GOLONGAN”meskipun demikian kepentingan golongan dalam sosiologi Marx tdk menganggap sesuatu yg utama dalam pertentangan kelas . Danternyata factor kepentingan tetap dominant. Dalam teori Marx hal ini diistilahkan :” orang yg berkedudukan sama dlm kelas akan merubah pengertian KLASSE AN SICH (kelas pd hakekatnya) menjadi KLASSE FUR SICH(kelas kepentingan pribadi)

· TEORI ALIENASI (keterasingan) ,merupakan teori Marx yg paling sosiologis setelah teori tentang kelas. Alienasi adalah suatu keadaan dimana manusia merasa asing krn merasa hidupnya dikuasai oleh kekutan yg tercipta dari kreasinya sendiri krn pengaruh kenyataan dr luar yang tidak sesuai dng kemampuan dirinya. Dalam konteks Produksi Seseorang yg bekerja dalam satu pabrik dia merasa tdk betah dengan atmospheernya dia merasa tidak merdeka krn menurutnya dia milik orang lain shg suasana bekerja tdk kondusif dan bahkan cenderung tersiksa shg output nya menjadi tidak memuaskan.

· Catatan ttg Marx : Menurut Mark masa depan adalah milik kaum buruh yg kemudian akn terbentuk masyarakat tanpa kelas. Dalam kurun waktu yg cukup lama mulai sejak Mark memproclaimkan sampai sekarang ternyata banyak para ahli meragukan krn pendapat Marx belum terbukti.

· Kritik Sosioloog lain seperti Sorokin pandangan Marx terlampau menekankan pentingnya factor ekonomi. Determinan ekonomi pada kenyataannya tidak bs diterima krn msih ada faktor2 lain penyebabnya spt faktos geografis dan dorongan biologis yg inherent didalam diri seseorang serta faktor2 lain spt intelegensi,pengalaman ,ide2 religi, tata hukun bahkan seni budaya.

· Dalam berbagai statementnya menunjukkan Marx sangat anti agama padahal scr Empirik Agama berperan sangat significant dengan perkembangan industri baik di Eropa barat ( Protestan Calvin)dan di Jepang (Tokugawa).

· Max Weber, menurutnya yang menjadi inti dr Sosiologi bukuan substansi dari kehidupan masyarakat ttp MA’NA yg nyata dr tindakan manusia yg timbul dr alas an yg subyektif. Dan Weber mnyebutnya “ VERSTEHENDE SOCOLOGIE” Dengan kata lain VERSTEHENDE adalah suatu pendekatan yg berusaha untuk mengeksplorasi makna yg yg mendasari peristiwa Sosial dan histories.

· Weber memisahkan empat tindakan social : 1.ZWECK RATIONAL: tindakan social yg melandaskan diri kpd pertimbangn manusia scr rational ktk menanggapi lingkungan eksternalnya.Dalam konteks hukum ekonomi : mencapai tujuan yg maksimal dengan menggunakan dana seminimal mungkin. 2.WERT RATIONAL : sama dengan diatas , hanya ini dlm konteks dengan suatu nilai2 absolut tertentu seperti nilai tis, Estetis dan keagamaan. 3.AFFECTUAL: Tindakan social yg timul krn krn dorongan/motivasi Emosional.( ungkapn rasa 4. Traditional : tindakan social yg didorong dan berorintasi kpd tradisi masa lampau. Mekanisme tindakan semacam ini berlandaskan hukum2 normatif yg telah ditetapkn secar tegas oleh masyarakat.

· Keempat tindakan social ini menurut Weber akan mempengaeruhi pola hubungan social serta struktur socialdlm masyarakat.

· WEWENANG (AUTHORITY). Menurut Weber bentuk wewenang dlm hubungan manusia menyangkut jg dng hubungan kekuasaan.Ada dua wewenang : 1. RATIONAL LEGAL AOTHORITY, wewenang pada masy. Modern yg dibangun atas dasar LEGITIMASI (keabsahan )yg menurut yg berkuasa merupakan haknya.Keabsahan untuk membuat peraturan dan menjalankannya berdasarkan konstitusi yg ditafsirkan scr resmi. 2.TRADITIONAL AUTHORITY. Wewenang jenis ini keabsahannya atas dasar yang dianggap suci.

· Traditional Authority : 1. PATRIARKHALISME : wewenang dimna kekuasaan kpd senioritas contoh wewenang ayah suami mendapat wewenang tertinggi 2. PATRIOMONIALISME :wewenang yg mengharuskan seorang pemimpin bekerjasama dng kerabatnya atau orang terdekat yg memiliki loyalitas pribadi kpadanya. Cirri khas dari wewenang ini adalah adanya system norma yg dianggap keramat dan tdk dpt diganggu gugat. Pelanggarn atasnya akan menyebabkan adanya bencana baik bersifat gaib atau religius (kualat). Shg pengertian ini wewenang traditional ini lebih besifat irrational.

· 3.CHARISMATIC AUTHORITY( Wewenang kharismatik). Wewenang yg dimiliki sseorang krn kualitasyg luar biasa yg dimilikinya. Kualitas luarbiasa ini tanpa memperhitungkan apakah kualitas itu sungguh2 atau hanya dugaan orang belaka. Wewenang ini dimiliki oleh para pemimpin partai, para pemimpin suku , kyai ,para Nabi dll.

· Studi Weber yg fundamental mempersoalkan hubunan antar gejal agama dengan gejala ekonomi. Krn Weber mempersoalkan apakah gejala ekonomi dipengaruhi oleh gejala agama tau sebaliknya.keduanya saling interpendensi .Selanjutnya Weber mengambil factor agama sebagai satu variable dan menunjukkan pengaruh factor agama itu terhadp gejl ekonomi dan gejala social lainnya.

Post a Comment