LAPORAN MAGANG PROFESI DI PT. ANTAR SURYA MEDIA

blogger templates


KATA PENGANTAR

Puji Syukur Alhamdulillah penulis sampaikan kepada Allah SWT, karena atas Rahmat dan Karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan magang profesi ini sebagai salah satu bahan studi diprodi Komunikasi (public relation), Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada:

1. P.T. Antar Surya Media dan Koran Harian pagi Surya

2. Bapak Ali Nurdin, S.Ag, M.Si, selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi.

3. Bapak I Wayan Artha, Amk dan Mas Prayogo Budi Hartono, selaku Pembimbing Lapangan selama melaksanakan Magang Profesi.

4. Mas Fikry, Mas Idham, Mas Adhit dan Mas Budi, Mbak Eka, Mbak Umi, Mbak Ria, Mbak Ocha, Mbak Peggy, yang telah membantu dan membina Penulis selama Magang

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan dari penulisan Laporan Magang Profesi ini, oleh karena itu Penulis Mohon Maaf yang sebesar-besarnya apabila nantinya ada kesalahan tulisan nama atau instansi.

Besar harapan Penulis bahwa laporan magang profesi ini dapat bermanfaat terutama bagi Penulis secara Pribadi dan bagi Pembaca. Amiin.



surabaya, 1 Oktober 2012

Penulis



DAFTAR ISI



PERSETUJUAN..................................................................................................... i

KATA PENGANTAR........................................................................................... ii

DAFTAR ISI........................................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Magang Profesi..................................................... 1

B. Maksud Magang Profesi................................................................. 4

C. Manfaat Magang Profesi................................................................ 4

BAB II PROFIL LEMBAGA

A. Latar Belakang............................................................................... 6

B. Visi dan Misi Lembaga................................................................. 14

C. Data Harian Pagi Surya................................................................ 14

D. Struktur Lembaga......................................................................... 15

E. Dibalik Layar................................................................................ 16

BAB III HASIL PRAKTEK MAGANG

A. Media Monitoring......................................................................... 19

B. Tugas Dan Tanggung Jawab......................................................... 21

BAB IV DESKRIPSI KEGIATAN MAGANG

A. Prosedur Pelaksanaan................................................................... 26

BAB V KESIMPULAN & SARAN.............................................................. 29

DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................... 30

LAMPIRAN



BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Magang Profesi

Paradigma umum

Pada hakikatnya sesorang mengenyam pendidikan dengan tujuan untuk mencari ilmu, wawasan dan pengalaman dalam bidang keilmuan. Namun tidak dapat dipungkiri pendidikan—dalam hal ini kuliah—khususnya dizaman sekarang ini lebih berperan sebagai modal atau jembatan pencarian kerja, hal ini bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi yang lebih mapan. Sehingga selain bergelut ditataran teori kuliah juga ditunjang dengan praktek. Yang biasanya disebut dengan Magang Profesi.

Magang Profesi merupakan bagian dari kuliah kerja praktikum yang termasuk jenis praktek pengalamam dilapangan (dunia kerja). Kuliah kerja lapangan ini dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan mata kuliah wajib yang sifatnya teoritis, mulai dari semester I sampai semester VI dan tentunya dilakukan dengan tujuan-tujuan tertentu.

Mengigat Magang Profesi ini merupakan praktek kerja lapangan, maka kuliah tersebut dilakukan dilembaga-lembaga atau perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada pencarian keuntungan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan keahlian atau keterampilan, dan untuk mengetahui orientasi professional. Sehingga mahasiswa dapat memahami dan melibatkan diri secara langsung dalam aktivitas professional dilapangan kerja, karena pada kenyataannya keadaan diluar—didunia kerja—tidaklah semudah dan seideal dunia kampus.

Selain tujuan diatas, magang profesi juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan keilmuan yang sudah didapatkan dibangku kuliah. Sehingga selain mumpuni dalam tataran teorotis mahasiswa juga dapat mempraktekannya dalam dunia operasional.

Begitu pula mengenai pemilihan lembaga atau perusahaan yang dijadikan sebagai tempat magang profesi, harus disesuaikan dengan minat studi dan keahlian mahasiswa. Sehingga akan terjadi hubungan kesinambungan antara teori dengan realitas yang terjadi dilapangan.

Misalnya dalam program studi ilmu komunikasi terdapat tiga spesifikasi jurusan yaitu publik relation dapat melakukan magang profesi di media massa meliput, media televise, radio maupun madia cetak. Minat studi public relation dapat mengaplikasikan keahliannya pada perusahaan-perusahaan sebagai tenaga Humas (Hubungan Masyarakat). Advertising, mahasiswa minat studi ini dapat melakukan magang profesi di media massa, namun dalam bidang periklanan.

Dalam proses magang, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekedar mengetahui dan mengikuti aktivitas dilembaga yang bersangkutan, akan tetapi lebih dari itu, diharapkan mahasiswa peserta magang terlibat proses kerja untuk melakukan pengamatan, pendalaman dan mengaplikasikan minat studi dan keahlian yang dimilikinya.

Paradigma Khusus

Radio adalah media massa yang sangat penting, Radio merupakan media auditif (hanya bisa didengar), tetapi murah, merakyat, dan bisa dibawa atau didengarkan dimana-mana. Radio berfungsi sebagai media ekspresi, komunikasi, informasi, pendidikan, dan hiburan. Radio memiliki kekuatan terbesar sebagai media imajinasi, sebab sebagai media yang buta, radio menstimulasi begitu banyak suara, dan berupaya memvisualisasikan suara penyiar ataupun informasi faktual melalui telinga pendengarnya.

Kehadiran Radio masih diperlukan oleh masyarakat, walaupun kehadiran media komunikasi massa dengar pandang yang menyalurkan gagasan dan informasi dalam bentuk suara dan gambar secara umum, baik terbuka maupun tertutup, berupa program yang teratur dan berkesinambungan.

Selain itu, dengan memperhatikan aktualita, maka radio menjadi sarana komunikasi dan media informasi yang berkemampuan mengadakan mobilitas sosial dan kontrol sosial..

Radio FAJAR FM merupakan salah satu Radio (news, music & interaktif) di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur merupakan sarana mobilitas sosial untuk memberikan perubahan – perubahan nilai, pembawa nilai-nilai baru, kepada masyarakat di Banyuwangi ini.

Peran Radio FAJAR FM sangat besar sekali manfaatnya dalam rangka mencerdaskan dan meningkatkan kualitas hidup dan pembinaan kreativitas masyarakat, melalui radio ini, siaran pesan-pesan dapat disampaikan dengan mudah dan cepat kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali baik mereka yang tinggal di perkotaan maupun mereka yang tinggal di pedesaan.

B. Maksud Magang Profesi

Maksud dari pelaksanaan magang profesi adalah:

- Secara teoritis : Dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan komunikasi, khususnya yang berhubungan dengan periklanan atau publik relation:

- Secara praktis : Dapat menambah pengalaman bekerja dan mempelajari secara langsung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh periklanan dan publik reltion.

C. Manfaat Magang Profesi

- Meningkatkan pengetahuan tentang aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja, khususnya dalam bidang media periklanan yang di lakukan di Harian Pagi Surya.

- Meningkatkan, memperluas serta memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan Mahasiswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan bidang yang dipilihnya, khususnya dalam bidang media periklanan.

- Mengetahui pelaksanaan kegiatan media periklanan yang berlangsung di Harian Pagi Surya, khususnya yang berkaitan dengan periklanan dan mencari iklan.

- Menumbuh kembangkan dan memantapkan sikap serta perilaku yang profesional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan bidangnya, khususnya dan bidang publik relation




BAB II

PROFIL LEMBAGA

A. Latar Belakang

1. Sejarah Berdirinya Radio

Banyuwangi sebagai bagian dari Pulau Jawa, diantara rangkaian kepulauan nusantara memiliki arti dan ketenaran sendiri di Indonesia maupun dunia internasional. Sebagaimana diketahui keramahtamahan masyarakat Jawa tak bisa dilepaskan dari budaya masyarakat Jawa. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menjaga citra ramah tamah itu adalah dengan tetap menjaga dan melestarikan budaya masyarakat. Dalam menghadapi perkembangan global dan kemungkinan terinfilterasinya budaya masyarakat oleh pengaruh yang datang dari luar, maka posisi Kabupaten Banyuwangi menjadi sangat penting dalam konteks pelestarian Budaya Jawa.

FAJAR FM sebagai Radio milik PT. Radio Lirik Fajar Swara yang berlokasi di Jalan kepiting 100X Banyuwangi, didirikan pada tanggal 28 Februari 2002 yang mengudara mulai tanggal 06 Maret 2004 sebagai bagian dari maksud tersebut. Siaran Radio yang mengudara setiap hari. Jam siaran mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB, berharap kehadiran Radio Fajar FM di Banyuwangi mendapatkan dukungan luas dari segenap elemen masyarakat Banyuwangi. Radio Fajar FM berusaha bersama masyarakat Banyuwangi membangun daerah ini mensejajarkan diri dengan Kabupaten lain. Kehadiran Radio Fajar FM juga akan memberi kesempatan dan tantangan kerja bagi generasi muda Banyuwangi yang mempunyai kemauan membangun Banyuwangi melalui jalur media massa, khususnya radio.

Kabupaten Banyuwangi mempunyai peran penting dalam ikut melestarikan budaya Jawa, karena merupakan salah satu pintu masuk Jawa jalur Timur. Kabupaten Banyuwangi merupakan bagian yang paling Timur dari Wilayah Propinsi Jawa Timur, terletak diantara koordinat 7, 43 – 8, 46 Lintang Selatan dan 113, 53 – 114, 38 Bujur Timur dan dengan ketinggian antara 25 - 100 meter di atas permukaan laut.

Dengan sisi posisi dan potensi Kabupaten Banyuwangi ini, maka sudah selayaknya ada media yang berfungsi sebagai sarana yang dapat melestarikan budaya Jawa, khususnya budaya lokal Banyuwangi.

2. Maksud & Tujuan Pendirian.

Maksud pendirian Radio Fajar FM adalah dalam kaitan pelaksaaan otonomi daerah dan pemberdayaan masyarakat, maka kehadiran radio swasta yang mempunyai komitmen kuat dalam menjaga, mengembangkan dan melestarikan budaya Jawa dan disatu sisi mampu memberikan informasi global kepada masyarakat sangatlah penting artinya. Kehadiran sebuah radio berita yang dipadukan hiburan dan dengan semangat menciptakan interaksi positif antara masyarakat, pemerintah dan pers sangatlah penting adanya. Komitmen siaran Radio Fajar FM adalah sebagai radio berita yang mengangkat budaya lokal dengan semangat nasional sebagai perekat rasa persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Secara umum tujuan perusahaan ini adalah menjalankan usaha-usaha dalam bidang radio siaran swasta dengan kegiatan penerangan, pendidikan dan hiburan. Secara khusus, dalam hal informasi Radio Fajar FM bertujuan memberikan informasi lokal tentang Banyuwangi, regional Jawa Timur, nasional maupun informasi global terutama bagi masyarakat Banyuwangi. Dalam hal pendidikan, Radio Fajar FM akan melakukan siaran-siaran yang bersifat pendidikan bagi masyarakat Banyuwangi, sehingga mampu meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya serta meningkatkan pemahaman dan kecintaan masyarakat akan budaya Banyuwangi. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi multi media, Radio Fajar FM ingin berperan serta memberikan wawasan teknologi informasi kepada masyarakat setempat. Dalam hal pelaksanaan otonomi daerah dan pemberdayaan daerah, Radio Fajar FM ingin memposisikan diri sebagai media milik masyarakat setempat khususnya dan masyarakat Banyuwangi serta masyarakat yang cinta dan peduli budaya Jawa. dengan posisi seperti itu, diharapkan media ini dapat dimanfaatkan sebagai media interaksi antar berbagai lapisan dan komponen masyarakat Banyuwangi. Dengan demikian diharapkan menimbulkan rasa dan semangat kebersamaan dan persatuan dalam membangun Kabupaten Banyuwangi.



3. Program Acara Siaran Radio

Inspirasi Pagi, Senin - Sabtu Pkl. 06.30 - 08.00 WIB

Program baru Radio Fajar FM ditahun 2010 yang menemani pendengar menyiapkan aktifitas dipagi hari dengan info-info ringan sekitar kita dan tips-tips menarik. Dengan dibalut lagu-lagu easy listening rekaren Oldies, Program ini akan membantu pendengar menemukan inspirasinya sebelum beraktifitas.


DIGODA (Digoyang Dangdut), Senin - Sabtu Pkl. 08.00 - 10.00 WIB
Program baru Radio Fajar FM ditahun 2010 yang mengajak pendengar untuk bergoyang dangdut dipagi hari. Program ini merupakan program dangdut pertama kali, yang hadir diRadio Fajar FM setelah 5 tahun mengudara. dengan dipandu penyiar atraktife, dijamin pagi anda akan semarak.


Gelas (Gesah Lare Oseng), Senin - Sabtu Pkl. 10.00 - 13.00 WIB
Program baru di radio Fajar FM yang mengajak pendengarnya untuk gesah (ngobrol) santai membicarakan topik - topik terhangat di seluruh dunia. diselingi dengan banyolan - banyolan lucu dan segar khas Using, menambah sejuk suasana pagi menjelang siang hari anda. disamping itu juga membuka kesempatan untuk pendengar yang akan berkirim salam melalui line telfon dan SMS.



LSM (Langsung Suara Masyarakat), Senin - Jumat Pkl. 15.00 - 16.30 WIB

Program Lama suasana baru diRadio Fajar FM. Program ini mengajak Masyarakat Banyuwangi untuk berani menyampaikan pendapat dan keluhan-keluhan publik yang ada diBanyuwangi. Disamping itu, setiap masalah yang diperdebatkan masyarakat akan dihadirkan nara sumber yang kompeten untuk menjawab semua pertanyaan masyarakat.


Indie Bangedzzz, Senin - Jumat Pkl. 18.30 - 20.00 WIB,
Sabtu Pkl 19.00 - 20.00 WIB
Program lama Suasana baru diRadio Fajar FM. Program yang semula bernama 100% Indie, kini berganti nama dengan Indie bangedzz. Program ini adalah program yang memberikan waktu bagi para Band Indie Banyuwangi untuk memperkenalkan karya-karyanya. Tanpa dipungut biaya, Band indie yang telah mempunyai materi lagu, silahkan kirim ke Radio Fajar FM Jl. Kepiting 100 X tanpa dipungut biaya sepeser pun. ditahun 2010, Indie Bangedzzz masih ditemani oleh Telkom Flexi setiap kamis, jumat & sabtu.


BMG (Bursa Music Gresss), Senin - Sabtu Pkl. 20.05 - 22.00 WIB
Program untuk anak muda Banyuwangi menemani waktu belajar dan tidur malam yang menghadirkan lagu-lagu paling Gress baik Indonesia dan mancanegara. disamping itu juga dipersilahkan untuk berkirim salam dan request lagu favorit melalui telfon dan SMS.



BollyPop, Minggu Pkl. 10.00 - 12.00 WIB
Program baru Radio Fajar FM ditahun 2010 yang mengajak pendengar untuk bergoyang India. program seminggu sekali ini menghadirkan update terbaru seputar selebriti Bollywood dan ditujukan bagi para penggemar musik-musik India atau Bollywood. Dalam Program ini juga dibuka kesempatan untuk berkirim salam dan request lagu Bollywood favorit pendengar melalui telfon dan SMS.


Indie Kongkow, Minggu Pkl. 14.00 - 15.00 WIB
Program Talkshow yang mengundang Band Indie untuk memperkenalkan Band Indie tersebut dan juga masing-masing personel kepada pendengar dan penggemar.


Patrol Karaokean, Minggu Pkl. 20.00 - 24.00 WIB
Sesuai dengan judul program acara, program ini mengajak para pendengar yang hobi nyanyi dan karaokean lagu-lagu khas Banyuwangi (using) untuk menyalurkan hasrat nyanyinya. sesi pertama program ini (pkl. 20.00-22.00 WIB), mengundang pendengar untuk karaokean melalui telfon. dan sesi kedua (pkl. 22.00-24.00 WIB), mengundang pendengar untuk karaokean langsung distudio Fajar FM.

4. Pendengar

Fajar FM Banyuwangi adalah Radio yang menambah semua Segmen Audience dari segala tingkatan Usia dan Status Sosial Ekonomi serta Profesi antara lain:

- Pelajar dan mahasiswa

- Kalangan muda lainnya

- Ibu rumah tangga

- Instansi pemerintah / swasta

- Pengusaha / enterpreneur / pebisnis




MENURUT USIA --- JUMLAH

12 - 20 tahun -- 20 %

21 – 30 tahun -- 30 %

31 – 50 tahun -- 40 %

51 keatas -- 10 %



MENURUT PENDIDIKAN -- JUMLAH

Perguruan Tinggi -- 40 %

SLTA -- 35 %

SLTP -- 20 %

SD -- 5 %



MENURUT PROFESI -- JUMLAH


Pelajar dan Mahasiswa -- 30 %

Pegawai Swasta/PNS -- 30 %

Pengusaha / enterpreneur -- 30 %

Lain-lain -- 10 %



KOMPOSISI LAGU -- JUMLAH


Lagu indonesia -- 45 %

Lagu barat -- 45 %

Lagu daerah -- 10 %



NETWORKING

Citra Banyuwangi di Koran BALI POST

BBC World Service

Nederland


B. Visi dan Misi Radio

1. Visi

“ Sebagai media berita dan pelestari budaya Banyuwangi “

Yang didalamnya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan perekat sosial. Radio Fajar FM dengan program siaran beragam yang mengutamakan berita adalah latar belakang keinginan masyarakat yang haus akan informasi dan hal ini dapat diwujudkan dengan berdirinya Fajar FM.

2. Misi

Mencerdaskan masyarakat dengan informasi yang disajikan secara terus menerus. Dan mewadahi expresi Seni & Budaya masyarakat Banyuwangi.

C. Data Radio FAJAR FM

Nama Badan Hukum : PT. Radio Lirik Fajar Suara

Nama Udara : Fajar Fm

Frekwensi : FM 92,85 Mhz

HO Nomor : 188/193/ho/429.012/2006

TDP Nomor : 1306192003300

SIUP Nomor : 510/948/429.310/2006

NPWP : 01.829.862.0.627.000

Penanggung Jawab : I Wayan Arta, Amk

Kekuatan : 5000 Watt

Alamat Pemancar Studio : Jl. Kepiting 100X Banyuwangi

Telepon : (0333) 417578/417579

Alamat Redaksi : Jl. Kepiting 100X Banyuwangi

Telepon : (0333) 417578/417579

E mail : fajarfm_bwi@yahoo.com

Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21 G Jakarta Pusat 10270

Telp/Fax : (021) 5357603/(021) 553557605

Coverage Area : Wongserejo, Ketapang, Banyuwangi, Rogojampi, Srono, Benculuk, Genteng.





D. Struktur Lembaga

Susunan Redaksi FAJAR FM

Komisaris :Drs. ABG Satria Naradha

A.A. Sri Utami, SE

Dr. Kety Sutini

Direktur :I Wayan Artha, AMK

Penjab. Siaran :Prayogo Budi Hartono

Penjab. Pemberitaan :Budi Wiryanto

Penjab.Keuangan :Luh Putu Eka Aryastini

Penjab. Usaha :Umi Mas Ula

Teknisi :Wayan Widiarta

Marketing :Gede Bayu W

Reporter :M Idham

M Fikri





Penyiar :Moh. Rokip

Eko Subandi

Ria Rejekiwati

Ocha Safitri

Aditya Putra

Satpam :Wayan Winarna

M Aulia Rahman

Slamet Hadiriyanto

Kebersihan :Moh. Rokip



E. Dibalik Layar Fajar FM

Ø Komisaris

Nama : Dr. Ketty Sutini

Tempat / Tanggal Lahir : Denpasar, 14 Maret 1954

Agama : Hindu

Pendidikan : S1 - Kedokteran

Alamat Rumah : Jalan G. Merapi 01 Banyuwangi



Ø Direktur

Nama : I Wayan Artha, Amk

Tempat / Tanggal Lahir : Negara - Bali, 29 April 1950

Agama : Hindu

Pendidikan : Keperawatan

Alamat Rumah : Jl. A. Yani No.27 Rt. 02 / II Banyuwangi

Ø Programer (Penanggung Jawab Siaran)

Nama : Prayogo Budi Hartono

Tempat / Tanggal Lahir : Medan, 14 Februari 1986

Agama : Islam

Pendidikan : Semester V Teknik Informatika

Alamat Rumah : Perum Griya Giri Mulya Blok L / 7, Rt. 01 / VI Banyuwangi



Ø Penanggung Jawab Pemberitaan

Nama : Budi Wiriyanto

Tempat / Tanggal Lahir : Banyuwangi, 06 Februari 1979

Agama : Hindu

Pendidikan : Semester VII Fakultas Sospol Untag'45

Alamat Rumah : Dusun Palurejo Rt. 02 / III Kel / Desa : Sumber Sewu Banyuwangi



Ø Penanggung Jawab Keuangan

Nama : Luh Putu Eka Aryastini

Tempat / Tanggal Lahir : Klungkung - Bali, 17 September 1984

Agama : Hindu

Pendidikan : S1- Ekonomi

Alamat Rumah : Jalan A. Yani No. 27 Banyuwangi





Ø Penanggung Jawab Usaha

Nama : Umi Mas Ula

Tempat / Tgl. Lahir : Banyuwangi, 22 Maret 1987

Agama : Islam

Pendidikan : Semester 5 KIP B.Inggris UNTAG

Alamat Rumah : Jalan Denpasar 05 Rt. 04 / 01 Kalipuro Banyuwangi


BAB III

HASIL PRAKTEK MAGANG PROFESI

A. Media Monitoring

Kegiatan yang dilakukan setiap hari di FAJAR FM 92,85 Mhz, adalah layaknya radio-radio yang lain, mencari berita yang actual, factual, penting, relevan dan berdampak luas bagi masyarakat, mengolahnya menjadi berita radio yang singkat, padat, jelas dan bisa dipahami oleh para pendengar, dan menyebarkan berita tersebut melalui media auditif.

Dari sekian banyak acara yang disiarkan oleh setiap stasiun radio, ada yang diperuntukkan golongan tertentu, di FAJAR FM ini berita-berita yang disajikan adalah berita-berita yang bersegmentasi pada kelas menengah ke atas dan yang berpendidikan. Jadi bukan berita asal-asalan yang disajikan, namun berita-berita tersebut yang menyesuaikan berdasarkan segmentasinya. Misalnya berita tentang keadaan wilayah di Banyuwangi, peristiwa-peristiwa di Banyuwangi, tips-tips untuk para pekerja kantor, ibu-ibu hamil, bahkan musik-musik yang disajikan condong ke tembang-tembang Banyuwangian dan lagu-lagu baru untuk selingan anak muda.





Para Penyiar, Menyiarkan Berita Radio berlangsung seperti seseorang yang sedang bercerita atau membicarakan sesuatu dengan temannya. Prosesnya memberikan kesan bahwa penyiar sedang berbicara dengan pendengar sehingga akrab di telinga, bukan terkesan membacakan sesuatu.

Penyiar FAJAR FM benar-benar sudah ahli dalam bidangnya. Seluruh pengertian dan makna teks yang disampaikan, tercermin dalam infleksi (tinggi, rendah, datar) kekuatan suaranya, mereka benar-benar memahami announcer is the captain of the station, menjadikan FAJAR FM tetap asyik untuk selalu didengarkan.

Dalam beberapa kesempatan, penulis mengetahui bahwa di FAJAR FM dalam pemberitaannya, melakukan beberapa cara sebagai berikut, yaitu dengan:

1. Berita Tulis (writing news), berita pendek yang bersumber dari media lain atau ditulis ulang.

2. Berita Bersisipan (news with insert), berita yang dilengkapi atau di-mix dengan sisipan suara narasumber.

3. News Feature, berita atau laporan jurnalistik panjang yang lebih bersifat human interest

4. Phone In News, berita yang disajikan melalui laporan langsung reporter via telepon.

5. Buletin Berita (news bulletin), gabungan beberapa berita pendek yang disajikan dalam satu blok waktu.

6. Jurnalisme Inter Aktif (news interview), yang bersumber pada sebesar mungkin keterlibatan khalayak, misalnya wawancara masyarakat lewat telepon, bahkan vox-pops, yang menempatkan masyarakat sebagai subjek pelapor (reporter dadakan), baik mereka sebagai pelaku maupun sekedar saksi mata kejadian.

Para Wartawan FAJAR FM mencari sumber berita Radio, dengan: menerjunkan Reporter untuk meliput sebuah peristiwa langsung dilapangan (getting), Penggalian beritanya dilakukan dengan wawancara dan atau laporan pandangan mata, kemudian melalui via telepon,. Berita tersebut langsung disiarkan dilokasi kejadian. Selain itu, kebanyakan para Wartawan FAJAR FM mencari sumber beritanya melalui media elektronik, khususnya internet yang berlangsung di news room.

B. Tugas Dan Tanggung Jawab

Ø Penyiar

a. Penyiar hadir 15 menit sebelum tugas dilaksanakan.

b. Iklan yang diputar sesuai dengan jadwal.

c. Bahan berita yang akan dibaca sudah melalui tahapan editing.

d. Ada perencanaan siaran bersama pemberitaan.

e. Meminimalisir kesalahan dan pengulangan kalimat saat siaran.

f. Merekam dan mencatat setiap laporan masyarakat.

g. Pemilihan lagu disesuaikan dengan standar siaran masing – masing penyiar.

Ø Pemberitaan

a. Ada perencanaan liputan.

b. Setiap Reporter mengkoordinasikan liputan.

c. Hasil liputan reporter di produksi untuk layak siar dan naskah berita diperiksa manager pemberitaan, hasil rekaman di file dimenu computer produksi.

d. Setiap peliputan reportase harus mengandung 5 W + 1 H.

e. Setiap reporter minimal membuat 2 berita.

Ø Administrasi/Keuangan

a. Ada efisiensi penggunaan anggaran.

b. Setiap minggu melaporkan kondisi cash flow keuangan perusahaan kepada pimpinan.

c. Mengerjakan surat menyurat dan kegiatan administrasi kantor.

d. Penggunaan keuangan perusahaan semua terkontrol dan tercatat.

e. Iklan yang jatuh tempo semua bisa tertagih.

f. Log iklan setiap hari selalu ada di ruang penyiar.

Ø Teknisi

a. Semua peralatan dalam kondisi baik.

b. Semua kerusakan bisa tertangani.

c. Seminggu sekali dilakukan pengecekan terhadap segala peralatan produksi dan transmisi.

d. Mengevaluasi peralatan produksi dan transmisi yang dalam kategori layak diganti akibat jangka waktu pemakaian.

Ø Satpam & Kebersihan

a. Mencatat segala aktifitas yang terjadi di perusahaan pada buku mutasi satpam.

b. Selalu melakukan control di sekitar areal perusahaan.

c. Mencatat dan menginvetarisir peralatan kantor saat jam tugas.

d. Melakukan 5 R ( Rawat Resik, Ringkas, Rapi dan Rajin )

Ø Antar Bagian Di Radio Fajar FM

a. Bagian pemberitaan selalu melakukan koordinasi dengan bagian penyiar untuk lalu lintas pemberitaan.

b. Penyiar melakukan koordinasi jika pemberitaan mendapat komplain yang pihak lain atau perlu mendapat tanggapan.

c. Bagian siaran melakukan koordinasi ke bagian admnistrasi dan administrasi mengkoordinasikannya ke direktur jika peralatan produksi dan tranmisi mengalami gangguan untuk dilakukan perbaikan oleh teknisi yang memerlukan anggaran.

d. Dalam setiap liputan bagian pemberitaan selalu berkoordinasi ke bagian administrasi dan keuangan dalam hal kesiapan peliputan.

e. Dalam hal pencatatan dan pengawasan inventaris kantor satpam selalu melakukan koordinasi dengan bagian administrasi/lainnya.

f. Bagian administrasi/keuangan selalu mengecek log iklan dan mengawasi apakah iklan yang diputar sudah sesuai dengan waktu siar.

g. Teknisi selalu melakukan perbaikan dan berkoordinasi dengan penyiar atas peralatan yang perlu diadakan perbaikan.

h. Bagian satpam melaporkan setiap saat segala aktifitas perusahaan baik tamu ataupun kegiatan – kegiatan lainnya.

i. Baik penyiar ataupun reporter sebelum melaksanakan tugas terlebih dahulu kepada kepala bagian masing – masing.

j. Ada pemberitaan secara berkesinambungan yang harus dibaca oleh bagian siaran.


BAB IV

DESKRIPSI KEGIATAN MAGANG

A. Prosedur Pelaksanaan

Hari pertama, penulis melakukan survey lokasi magang yang memang sudah penulis tetapkan sebelumnya, dan disepakati melalui calling telephon dengan pihak media. FAJAR FM merupakan radio swasta yang berlokasi di Jl. Kepiting 100 X Banyuwangi, tepatnya disebelah timur Patung Kuda Karangente Banyuwangi. Selain Radio Fajar FM di kantor tersebut juga dengan dukungan kelompok Media Bali Post yang mamiliki hubungan historis, kultural, ekonomis dan berproduksi disana, namun dengan segmentasi pemberitaan dan deadline terbit yang berbeda-beda, sehingga penulis mendapatkan manfaat ganda di Radio Fajar FM ini.

Di sana, penulis langsung disambut baik oleh Bapak I Wayan Artha, selaku Direktur Fajar FM, dan setelah sedikit berbincang dan berkenalan beliau memberikan tawaran atas dua jenis magang yang biasanya dilakukan dimedia tersebut. Yaitu magang profesi dan magang studi. Pada awalnya penulis tidak tahu perbedaannya. Namun beliau menjelaskan bahwa magang Profesi dilakukan selama dua bulan, dengan menfokuskan magang sebagai training kerja, dan jika memenuhi ketentuan selama magang maka akan langsung diterima menjadi Karyawan Radio Fajar FM. Sedangkan magang Studi dilakukan hanya satu bulan, dengan menfokuskan pada penerapan keilmuan kuliah yang telah didapatkan dikampus pada dunia kerja, mencoba menyesuaikan antara teori dengan praktek lapangan. Dengan kata lain belajar merealisasikan teori.

Setelah penulis menentukan pilihan pada magang studi, kami langsung membicarakan kontrak atau aturan main dalam magang yang akan penulis jalani, hal ini termasuk penetapan hari masuk magang, apa yang harus penulis kerjakan, dan tidak lupa mengenalkan penulis pada crew-crew Radio Fajar FM yang lain, mereka menyambut dengan senyum dan jabatan tanggan lalu kembali lagi meneruskan aktifitasnya.

Dari pembicaraan tersebut kami mendapatkan kesepakatan bahwa, penulis mangang satu bulan dan masuk empat hari dalam satu minggu, tepatnya hari Senin sampai dengan kamis, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB. Beliaupun langsung memberikan pengarahan-pengarahan serta kebutuhan-kebutuhan penulis selama Proses Magang.

Di lokasi magang, dengan perasaan yang tak menentu, karena ini merupakan pengalaman pertama, penulis selalu bertanya-tanya apa yang bisa penulis lakukan disini. Namun, ternyata para pegawai / karyawan termasuk para reporter dan penyiarnya di FAJAR FM sangat pengertian kepada penulis, mereka langsung menyambut baik dan memberikan pengarahan-pengarahan atas apa yang harus penulis kerjakan selama proses magang.

Mula-mula, penulis disuruh untuk mencari berita dengan mengikuti seorang reporter radio tersebut ke suatu tempat yang telah menjadi tujuannya, lalu menyusunnya menjadi berita yang layak untuk disiarkan di Radio, dan bisa didengarkan dengan layak secara auditif. Dengan menyingkat kata yang tidak perlu, memberikan tanda garing (garis miring) satu, untuk menandakan pembacaan koma, dan garing dua untuk pembacaan berita titik.

Pada awalnya penulis merasa kesulitan, namun koreksi-koreksi dari pendamping menjadikan penulis paham dan ingin mencoba lagi. Kemudian, pada hari-hari berikutnya, tidak hanya berita-berita dari hunting berita yang penulis edit, namun penulis juga mencari berita-berita diinternet, yang kemudian penulis edit pula menjadi berita radio. Sungguh menyenangkan mendapat pengalaman baru. Kadang-kadang, penulis ikut berada distudio siaran untuk melihat dan mendengarkan dari beberapa penyiar. Melihat, mendengar dan memahami, cara mereka berbicara dengan pendengar secara auditif.

Namun, adakalanya perasaan bosan, enggan, malas muncul melatarbelakangi perjalanan magang penulis. Jadi sangat tidak menguntungkan berada ditempat yang sama dengan orang-orang yang sama dan aktivitas yang sama pula. Penulis sangat kagum dengan para pegawai FAJAR FM yang sangat getol, rajin menjalani profesi mereka, bahkan selama bertahun-tahun.

Penulis tidak mengalami kesulitan dari proses magang tersebut, dengan sikap terbukanya para teman-teman Pembina / Pembimbing di FAJAR FM, penulis bisa cepat beradaptasi dan belajar. Mungkin masih sangat jauh dari bisa apalagi menuju pada titik kesempurnaan, namun penulis merasa sangat cukup sekali dengan beberapa pengalaman yang sudah didapat. Memang penulis belum sempat merasakan menyiarkan radio, namun hal itu wajar, karena FAJAR FM adalah radio swasta milik PT. Radio Lirik Fajar Swara (news, music, & interaktif) dikabupaten Banyuwangi, maka tentunya tidak ingin adanya kesalahan fatal dari seorang penulis yang baru belajar. Semoga ilmu seorang penulis bisa bermanfaat. Amin


BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

B. Kesimpulan

Berdasarkan tujuan dan hasil praktek magang yang penulis lakukan di FAJAR FM, dapat disimpulkan bahwa dalam mewujudnya peningkatan mobilitas dan perubahan nilai-nilai di masyarakat, maka berita-berita yang disiarkan radio adalah harus berwujud konsumsi pasar. Selain itu penyajian yang layak, enak, attractive, menarik dan cerdas, sangat mempengaruhi konsumen dalam melahap berita-berita yang disajikan tersebut.

Selain itu kesabaran dalam beraktivitas, profesionalisme sangat dibutuhkan dalam bekerja. Hal ini sangat menentukan hasil yang akan dicapai dimasa depan. Bukan hanya karena hasil tetapi karena peningkatan kualitas diri menjadi manusia yang lebih berguna.



C. Saran

Berdasarkan pengamatan penulis selama melaksanakan magang di FAJAR FM ada beberapa saran yang dapat dijadikan masukan, diantaranya:

- Untuk memperoleh hasil kerja yang optimal dibutuhkan peningkat Sumber Daya Manusia dengan mengikuti berbagai pelatihan yang menyangkut keprofesian dibidang auditif.

- Peningkatan pelayanan, networking yang baik antara penyiar dan pendengar guna meningkatkan konsumen untuk pencapaian sasaran.

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Anwar, 1984, Strategi Komunikasii, Bandung; Armico

Astrid, Phil S. Susanto, 1982, Komunikasi Massa, Bandung; Angkasa Offset

Effendi, Onong Uchjana, 1983, Radio Siaran Teori Dan Praktek, Bandung; Standar Maju

Jatim Newsroom, Dinas Informasi dan Komunikasi Jawa Timur

Masduki, 2001, Jurnalistik Radio, Yogyakarta; LKiS

Widjaja, A.A, 1993, Komunikasi, Jakarta; Bumi Aksara

http//www.fajarfmbanyuwangi.co.cc
Post a Comment