Teknologi Pendidikan

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Teknologi berkembang seiring dengan berkembangnya zaman ,semakin maju zaman semakin baik pula teknologi berkembang.Namun seiring dengan kemajuan teknologi,semakin banyak pula sisi positif dan negatif nya.Pada zaman ini saja,Facebook sudah mendunia.Menjadi trend center, hampir semua kalangan memiliki akun facebook.Segala usia memiliki facebook, Sosial Network seperti Facebook, Twitter,Blog dan sebagainya merupakan contoh teknologi jaman sekarang.Namun di balik kepopuleran nya social network semacam itu memiliki sisi positive dan negative nya.Tergantung si pengguna,namun tidak sedikit yang menyalahgunakan manfaat dari pada social network seperti misal nya meng-upload video porno di akun facebook,atau menjadi hacker facebook dll.Maka dari itu kemajuan teknologi pun harus diiringi dan diimbangi dengan ahklak dan kelakuan yang baik agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain,tidak hanya sekedar memanfaatkan teknologi tersebut.Makalah ini saya susun berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di sekitar kita.tentang kemajuan teknologi yang semakin tahun semakin baik namun mengalami kemerosotan moral yang juga drastis.

1.2 Rumusan Masalah

Dengan memperhatikan latar belakang tersebut, agar dalam penulisan ini penulis memperoleh hasil yang diinginkan, maka penulis mengemukakan beberapa rumusan masalah. Rumusan masalah itu adalah:

1. Apakah Teknologi Pendidikan?
Apakah fungsi utama Teknologi Pendidikan bagi siswa dan mahasiswa atau pelajar ?
Apakah dampak positif dari Teknologi Pendidikan ?
Apakah dampak negatif dari Tenologi Pendidikan ?

1.3 Tujuan

Tujuan dari penyusunan makalah ini antara lain:

1. Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Ilmu Alam Dasar (IAD), Ilmu Budaya Dasar (IBD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) .

2. Untuk menambah pengetahuan tentang Teknologi Pendidikan.

3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Teknologi Pendidikan.

4. Untuk mengetahui fungsi utama Teknologi Pendidikan bagi para pelajar.

5. Untuk mengetahui dampak negatif dan positif Teknologi Pendidikan , yang dijadikan sebagai dasar antisipasi bagi pelajar dalam memperoleh dan mempelajari Teknologi Pendidikan.

1.4 Manfaat

Manfaat yang didapat dari makalah ini adalah:

1. Mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang Ilmu Alam Dasar (IAD), Ilmu Budaya Dasar (IBD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) lebih dalam, khususnya dalam konteks Teknologi Pendidikan

2. Mahasiswa dapat mengetahui tentang Ilmu Teknologi Pendidikan di bidang Ilmu Teknologi.

3. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi utama Teknologi Pendidikan bagi pelajar.

4. Mahasiswa atau pelajar yang lain dapat mengetahui dampak positif dan negatif dalam bidang Teknologi Pendidikan.

1.5 Ruang Lingkup

Makalah ini membahas mengenai Teknologi Pendidikan dan fungsi utama Teknologi Pendidikan bagi para pelajar khususnya di Indonesia. Serta membahas mengenai dampak positif dan negatif dari Teknologi Pendidikan , yang dapat dijadikan sebagai antisipasi pelajar Indonesia agar tidak hanya sembarangan menerima tanpa memikirkan dampak dan efeknya bagi mereka.. Berdasarkan beberapa masalah yang teridentifikasi tersebut, makalah ini difokuskan pada konteks pembahasan Teknologi Pendidikan.

BAB II

METODE PENULISAN

2.1 Objek Penulisan

Objek penulisan makalah ini adalah mengenai Teknologi Pendidikan sebagai dasar pembelajaran bagi pelajar di Indonesia. Dalam makalah ini dibahas mengenai Teknologi Pendidikan secara siknifikan di sertai dampak positif dan negatifnya. dijadikan sebagai antisipasi para pelajar di Indonesia.

2.2 Dasar Pemilihan Objek

Makalah ini membahas mengenai Teknologi Pendidikan. Teknologi Pendidikan adalah suatu pendidikan teknologi yang dapat membuat pelajar indonesia tidak buta akan ilmu Tekologi Pendidikan yang mungkin di negara lain sudah berkembang pesat. Dan juga tidak lupa di sertai dengan pemberitahuan atas dampak positif dan negatifnya juga.

2.3 Metode Pengumpulan Data

Dalam pembuatan makalah ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kaji pustaka terhadap bahan-bahan kepustakaan yang sesuai dengan permasalahan yang diangkat dalam makalah ini yaitu dengan tema Teknologi. Sebagai referensi juga diperoleh dari situs web internet yang membahas mengenai Teknologi Pendidikan.

2.4 Metode Analisis

Penyusunan makalah ini berdasarkan metode deskriptif analistis, yaitu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan info – info yang terdapat pada buku panduan tentang Ilmu Alam Dasar (IAD), Ilmu Budaya Dasar (IBD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) khususnya pembahasn Teknologi Pendidikan, menganalisis permasalahan berdasarkan pustaka dan data pendukung lainnya, serta mencari alternatif pemecahan masalah.


BAB III

ANALISIS PEMBAHASAN MASALAH

3.1 Apakah Teknologi Pendidikan?

3.2 Apakah fungsi utama Teknologi Pendidikan bagi siswa dan mahasiswa atau pelajar ?

3.3 Apakah dampak positif dari Teknologi Pendidikan ?

3.4 Apakah dampak negatif dari Tenologi Pendidikan ?
Teknologi Pendidikan adalah studi dan praktek etis memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat.

10 DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Menurut Nasution (1987 : 20) Teknologi pendidikan adalah media yang lahir dari perkembangan alat informasi yang digunakan untuk tujuan pendidikan.
Teknologi Pendidikan adalah pengembangan, penerapan, dan penilaian sistem- sistem, teknik, dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia (Nasution, 1987 : 7)
Teknologi pendidikan merupakan proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah mencari jalan pemecahanya, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia. (Miarso, 1986 : 1)
Teknologi pendidikan merupakan suatu bidang garapan khusus yang berkepentingan mengatasi permasalahan belajar pada manusia, dengan memanfaatkan berbagai macam sumber insani dan non-insani dan menerapkan konsep sistem dalam usasha pemecahannya itu.
Definisi awal Teknologi Pendidikan (1920), teknologi pendidikan dipandang sebagai media, media ini sebagai media pembelajaran visual yang berupa film, gambar, dan tampilan media ini menampilkan suatu mata pelajaran.
Teknologi Pendidikan (1960) dipandang sebagai suatu cara untuk melihat masalah pendidikan dan menguji kemungkinan- kemungkinan solusi dari permasalahan tersebut.
Teknologi pendidikan (1970) adalah suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan belajar yang spesifik.
Menurut ACT (1972) Teknologi pendidikan adalah satu bidang atau disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.
Menurut ACT (1977) Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
Menurut ACT (2004) Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. Jelas, tujuan utamanya masih tetap untuk memfasilitasi pembelajaran (agar efektif, efisien dan menarik) dan meningkatkan kinerja.

3.2 Apakah fungsi utama Teknologi Pendidikan bagi siswa dan mahasiswa atau pelajar ?
Sebagai media informasi, karena dengan menggunakan internet lebih memudahkan kita dalam memperoleh informasi dari seluruh dunia
Sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

3.3 Apakah dampak positif dari Teknologi Pendidikan ?

3.4 Apakah dampak negatif dari Tenologi Pendidikan ?

Berikut adalah beberapa dampak positif dari kemajuan teknologi di bidang pendidikan yaitu :
Sebagai media informasi, karena dengan menggunakan internet lebih memudahkan kita dalam memperoleh informasi dari seluruh dunia
Sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dibalik dampak positifnya yang sangat menguntungkan ternyata, kemajuan teknologi memiliki dampak negatif yang sangat merugikan. Mengapa demikian ?, Salah satu faktornya adalah ulah dari manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan fungsi dari kemajuan teknologi tersebut. Mereka tidak berfikir apa dampak yang akan terjadi pada generasi penerus bangsa kita selanjutnya.

Berikut merupakan dampak negatif dari kemajuan teknologi yang disalahgunakan :
Pornografi

Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Violence and Gore

Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
Penipuan

Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding

Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Perjudian

Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

Kesimpulan dari dampak negatif diatas adalah :
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Ucapan dan Perbuatan Nabi Sebagai Model Komunikasi Persuasif

Proses dan Langkah-langkah Konseling

Bimibingan Dan Konseling Islam : Asas-Asas Bki