Dakwah Dan Beberapa Istilahnya

blogger templates


BAB I
PENDAHULUAN

Agama islam berkembang di berbagai belahan dunia, tidak lain karna adannya aktifitas dakwah. Oleh karena itu, dakwah merupakan kewajiban yang tidak dapat ditinggalkan oleh setiap muslim, baik secara individual maupun secara kolektif, karna dakwah merupakan kewajiban secara individual (fardhu `ain) sekaligus juga merupakan kewajian kolektif (fardhu kifayah) bagi umat islam. Selama ini dakwah islam seperti terjadi stagnansi,sehingga aktifitas dakwah islam seakan berjalan ditempat. Dakwah islam lebih banyak sebagai tontonan, belum sebagai tuntunan.
Dakwah juga merupakan segala bentuk aktivitas penyampaian ajaran islam kepada orang lain dengan berbagai cara bijaksana agar memahami dan mengamalkan ajaran islam dalam semua lapangan kehidupan.”Berbagai cara bijaksana” itu mestilah dilaksanakan dengan seperangkat ilmu yang dikenal sebagai ilmu dakwah.
Ilmu dakwah adalah suatu ilmu yang berisi cara-cara dan tuntunan untuk menarik perhatian orang lain supaya menganut, mengikuti, menyetujui atau melaksanakan suatu idiologi, agama, pendapat atau pekerjaan tertentu.
Ilmu dakwah tidak saja bagi para maha siswa yang memplajari keilmuan dakwah secara teoretis, melainkan bagi siapapun yang tertarik untuk terjun dalam gerakan dakwah islam, khususnya di negi kita tercinta ini.
Oleh karna itu kesempatan ini kami disi membahas tentang dakwah dan pengertiannya, agar kita semua dapat mengerti atau memahami apa yang dimaksud dengan dakwah.





BAB II
PEMBAHASAN

A.       PENGERTIAN DAKWAH SECARA ETIMOLOGI

Ditinjau dari etimologi atau segi bahasa, kata “Da`wah”  berarati: panggilan,seruan atau ajakan. Bentuk perkataan tersebut dalam Bahasa Arab disebut mashdar. Sedang bentuk kata kerja (fi`il)nya adalah berarti: memanggil, menyeru atau mengajak (Da`a, Yad`u, Da`watan). Orang yang berdakwah biasa disebut dengan Da`I dan orang yang menerima dakwah atau orang yang didakwaihi disebut dengan mad`u.
Warson Munawwir, menyebutkan bahwa dakwah artinya adalah memanggil (to call), mengundang (to invite), mengajak (to summon), menyeru (to propose), mendorong (to urge) dan memohon (to pray).
Dalam pengertian istilah dakwah diartikan sebagai berikut:
1.         Prof.Toha Yahya Oemar menyatakan bahwa dakwah islam sebagai upaya mengajak umat dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan didunia dan di akhirat.
2.         Syaikh Ali Makhfudz, dalam kitabnya Hidayatul Mursyidin memberikan definisi dakwah sebagai berikut: dakwah islam yait; mendorong manusia agar berbuat kebaikan dan mengikuti petunjuk (hidayah), menyeru mereka berbuat kebaikan dan mencegah kemungkaran, agar mereka mendapat kebahagiaan didunia dan di akhirat.
3.         Hamzah Ya`qub mengatakan bahwa dakwah adalah mengajak umat manusia dengan hikmah (kebijaksanaan) untuk mengikuti petunjuk Allah dan Rosul-Nya.
4.         Menurut Prof. Dr. Hamka adalah seruan panggilan untuk menganut suatu pendirian yang ada dasarnya berkonotasi dengan subtansi terletak pada aktivitas yang memerintahkan amar ma`ruf nahi mungkar.
5.         Syaikh Abdullah ba`awali mengatakan bahwa dakwah adalah mengajak membimbing, dan memimpin orang yang belum mengerti atau sesat jalannya dari agama yang benar untuk dialihkan kejalan ketaatan pada Allah SWT, menyuruh mereka berbuat baik dan melarang mereka berbuat buruk agar mereka kebahagiaan didunia dan diakhirat.
6.         Menurut Muhammad Nastir dakwah mengandung arti kewajiban yang menjadi tanggung jawab seorang muslim dalam amar ma`ruf nahi mungkar.
7.         Syeikh Muhammad Abduh mengatakan bahwa dakwah adalah menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran adalah fardhu yang diwajibkan kepada setiap Muslim.
Adapun menurut hemat penulis, dakwah adalah suwatu aktifitas yang dilakukan secara sadar dalam rangka menyampaikan pesan-pesan agam islam kepada orang lain agar mereka menerimanya dengan baik dan menjalankannya dengan baik pula.

Makna “dakwah” juga berdekatan dengan konsep ta`lim , tadzkir, dan tashwir. Yang artinya:
a.          Ta`lim berarti mengajar, yaitu meningkatkan pengetahuan.
b.         Tadzkir berarti mengingatkan
c.          Tashwir berarti melukiskan sesuatu pada alam pikiran seseorang, tujuannya membangkitkan pemahaman akan sesuatu melalui penggambaran atau penjelasan.
B.   ILMU DAKWAH
Ilmu dakwah adalah ilmu yang memplajari tentang bagaiman berdakwah dan mensosialisasikan ajaran islam kepada objek dakwah (masyarakat) dengan berbagai pendekatan agar nilai-nilai ajaran islam dapat direalisasikan dalam realitas kehidupan, dengan tujuan agar dapat ridha Allah SWT. Agar tercapai kebahagiaan didunia dan diakhirat.
Ilmu dakwah dapat dikategorikan sebagai disiplin Ilmu yang mandiri, karna sudah mencakup beberapa hal yang sangat urgen sebagai sebuah ilmu.


C.  SINONIM KATA DAKWAH
Ada beberapa kata atau kalimat dalam bahasa arab yang memepunyai makna atau arti yang sam atau hampir sama dengan kata dakwah. Pembendaharaan kata dalam bahasa arab cukup banyak yang mempunyai padanan dengan kata dakwah. Kata-kata tersebut adalah;
1.         Tabligh adalah menyampaikan.
2.         Al-Amr bi Al-Ma`ruf adalah memerintahkan kepada kebaikan.
3.         An-Nahy an Al-Munkar adalah melarang kepada perbuatan yang mungkar.
4.         An-Nashihah adalah memeberi petunjuk yang baik.
5.         Khithabah adalah memeberi khutbah atau nasihat kepada orang lain.
6.         Maui`zhah adalah memberi nasihat.
7.         Al-Irsyad adalah suatu upaya untuk mendorong manusia agar mau mengikuti petunjuk dengan menyampaikan kebenaran islam.
8.         Ad-Di`ayah adalah propaganda.
9.         Washiyyah (wasiat) adalah memberi wasiat tentang kebenaran (agama islam).
10.       Tabsyir adalah memberri kabar berita tentang rohmat dan karunia Allah yang akan diperoleh oleh orang-orang yang beriman.
11.       Tadzkirah atau Indzar adalah peringatan.
12.       Al-Jihad adalah berperann atau berjuang.
13.       Al Wa`id adalah suatu upaya untuk menyampaikan tentang kebenaran islam yang mencakum janji atau ancaman.  
           






BAB
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dan dari semua itu dapat diambil kesimpulan bahawa;

1.         Dakwah menjadikan prilaku muslim  dalam menjalankan islam sebagai agama rahmatal lil `alamin yang harus didakwahkan kepada seluruh manusia, yang dalam prosesnya melibatakan unsur; da`I (subjek) , maaddah (materi) , thoriqoh (metode) , washilah (media) , dan mad`u (objek) , dalam mencapai maqashid (tujuan) dakwah yang melekat dengan tujuan islam yaitu kebahagiaan didunia dan diakhirat.
2.         Dakwah juga dapat difahami dalam proses internalisasi, transformasi, transmisi, dan difusi ajaran islam dalam kehidupan masyarakat.
3.         Dakwah mengandung arti panggilan dari Allah SWT. Dan Rosulullah SAW. Untuk umat manusia agar percaya kepada ajaran Islamdan mewujudkan ajaran yang dipercayainya dalam segi kehidupannya.

Makna “dakwah” juga berdekatan dengan konsep ta`lim , tadzkir, dan tashwir. Yang artinya:
a.         Ta`lim berarti mengajar, yaitu meningkatkan pengetahuan.
b.         Tadzkir berarti mengingatkan
c.         Tashwir berarti melukiskan sesuatu pada alam pikiran seseorang, tujuannya membangkitkan pemahaman akan sesuatu melalui penggambaran atau penjelasan.  
B.       Saran
Seorang Da`I sangatlah dibutuhkan didalam agama islam untuk mengajak, menyeru orang dalam kebaikan oleh karna itu jadilah seorang Da`I  yang bukan hanya raganya yang jadi Da`I tapi juga jiwa dan hatinya seorang Da`i.

DAFTAR PUSTAKA
Wahiddin Saputra, M.A. 2012, Pengantar ilmu dakwah, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Samsul Munir Amin, M.A. 2009, Ilmu Dakwah, Jakarta : Amzah.

Post a Comment