Budaya

blogger templates
Dalam Psikologi Tradisional sensasi dan presepsi adalah tentang memahami bagaimana kita meneima stimulus dari ingkungan dan bagaimana kita memproses stimulus tersebut sensasi biasanya mengacu pada stimulus atau perang sangan nyata pada organ-organ indra tertntu.
Penelitian yang dilakukan sampai saat ini menyatakan bahwa persepsi merupakan suatu proses kontruksi proses penyusun keeping-keping informasi agar menjadi bermakna, karena merupakan suatu kontruksi persepsi kita pelajari perkembangan kita mulai dari lahir, masa anak-anak , remaja, dewasa karena persepsi bisa di bentuk di ubah dan di pengaruhi oleh kebudayaan. Dimana kita di besarkan.
Salah satu hal yang di sadari tentang presepsi adalah bahwa presepsi kita tentang dunia belum tentu mewakili secara persis realitas fisik dunia atau indra kita . kita semua punya sebuah titik buta pada masing-masing mata kita.
Selama beberapa tahun  case dan simon(1973) mempelajari orang-orang yang ahli catur , mereka secara konsisten bahwa ketika orang belajar lebih ebih banyak tentang sesuatu mereka akan melihatnya secara berbeda , mereka tidak hanya melihat buah catur yang berseberakan, mereka akan melihat sesuatu seprti , pertahanan sisilia yang bertahan melawan pion.

Pengaruh budaya pada persepsi
 Bahwa situasi dan pengalaman yang berbeda bisa membuat banyak hal terlihat berbeda. Fenomena ini tentu saja menjadilandasan pemahaman kita tentang bagai mana budaya bisa mempengaruhi persepsi. Seperti penelitian tentang catur diatas.
Teori teori yang dominan tentang ilusi optic.
Carpenteret word  teori .atau teori lingkungan buatan yang menyatakan bahwa orang, seperti halnya sebagian besar orang amerika terbiasa melihat benda banda yang brbentuk kotak. Kalau mereka melihat dua benda  sama ukuranya namun beradi pada jarak  yang berbeda sesungghnya berberbeda ukuran, namun seolaah kita akan menafsirkan sebuahgaris seolah lebih panjang apabila ia terproyeksi menjauh. Dan sbaliknya., lebih pendek apabila garis tersebut terproyeksi mendekati kita. 
Teori –teori  persepsi
    - Teori lingkungan buatan
                      Yakni bahwa pengalaman tinggal di dunia dimana sebagian besar lingkunganya adalah hasil buatan manusia dan punya sudut-sudut berbentuk persegi mempengaruhi cara kita mmpersepsi garissecara umum.

             - Teori pendekatan hori zontal
                        Teori yang mentakan bahwa kita melihat garis vertical seolah terentangdalam ruang dan melighat garishorisontal seolah melayang di permukaan kertas.

             - Teori tiga di mensi
                        Dugaan bahwa kita mempersepsi dunia secara berbeda karena pengaruh frekuensi .

Post a Comment