proposal usaha

A. Latar Belakang

Sukses, adalah kata yang sangat diinginkan oleh setiap orang. Tetapi apakah setiap orang paham apakah kunci utama dari kesuksesan itu sendiri. Kunci utama kesuksesan dalam membangun wirausaha yang besar adalah kita dapat mengetahui tujuan dari usaha yang akan dirintis. Jadi, sebelum memulai suatu usaha, hal yang paling awal harus kita lakukan adalah dengan menentukan tujuan dari usaha yang akan dibuat.

Dari hal tersebut, untuk dapat menentukan tujuan dari usaha yang akan dilakukan, kita dapat melihat peluang/kesempatan yang ada dalam masyarakat. Dijaman yang semakin modern, semakin gaul, semakin berkembang, semakin kreatif dan semakin menyukai seni ini. Dari hal itulah kami melihat adanya peluang yang diambil, dengan semakin marak dan menjamurnya remaja yang menyukai seni-seni, dan desain-desain terbaru yang disukai pada jaman sekarang dan selera remaja jaman sekarang yang menyukai sesuatu yang limited edition. Maka kami melihat hal itu sebagai peluang yang sangat bagus, dan kami pun membuat berbagai desain yang kami tuangkan pada berbagai benda yang sangat disukai bagi remaja, anak-anak, dan orang-orang dewasa. Selain itu desain yang diproduksi bukanlah hasil buatan mesin melainkan asli buatan tangan, sehingga dapat dipastikan tidak akan ada model yang sama dan barang tersebut sudah dipastikan limited edition. Barang-barang yang kami produksi antara lain: cutting stiker laptop, lampu tidur box, t-shit, mug, desain poster, dan photography dengan harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat khususnya bagi para remaja, harga yang kami berikan mulai dari Rp. 50.000,- sampai Rp. 300.000,-. Berbagi barang yang murah tersebut kami beri label dengan nama "Vierrus Art Corp". Di vierrus art corp para remaja dapat mendapatkan berbagai macam desain yang mereka inginkan. Tidak hanya itu, mereka juga dapat mendesain sendiri sesuai desain yang mereka mau dan inginkan.

B. Tujuan

Adapun tujuan usaha yang kami rintis dengan nama “Vierrus Art Corp” ini adalah sebagai berikut:

1. Dapat memberikan sedikit kontribusi dalam mengangkat perekonomian masyarakat, khususnya dalam hal membuka lapangan kerja.

2. Memeberikan produk ysng berkuslitas kepada pelanggan.

3. Memacu diri dan rekan-rekan untuk menjadi seorang yang lebih kreatif dan inovatif.

4. Mengajak para masyarakat untuk lebih menyukai dan mencintai produk buatan Indonesia, khususnya buatan anak negeri.



C. Khalayak Sasaran

Khalayak sasaran dalam penjualan kami ini adalah sebagai berikut:

1. Toko ini ditujukan bagi para masyarakat khususnya bagi para remaja unutuk memenuhi kebutuhan mereka yang suka akan seni dan desain yang menarik dan tidak biasa dengan desain yang biasanya.

2. Toko ini melayani partai dan eceran.

D. Ruang Lingkup

Ruang lingkup yang ingin kami ciptakan adalah sebagai berikut:

1. Membuat dan saling berkomunikasi yang terbaik antara sesama pekerja agar tercipta suatu komunikasi yang baik, sehingga dapat bekerjasama dengan baik pula antara sesam pekerja itu.

2. Pemberian pelayanan terbaik dari kami untuk konsumen, agar konsumen tidak kecewa dan mau menjadi pelanggan tetap.

3. Memberikan fakta atas segala ucapan maupun janji yang telah diberikan kepada konsumen.

4. Cara pengembangan toko agar cepat dikenal dimasyarakat khususnya dikenal bagi remaja.

E. Lokasi

Lokasi toko aksesoris ini berada ditempat yan strategis dan mudah dijangkau, yaitu berada di jalan A. Yani no. 12 - Sidoarjo, dengan tempat parkir yang cukup luas. Barang-barang yang diinginkan dapat langsung dibeli ditempat atau dipesan untuk menggunakan desain sendiri yang diinginkan oleh pelanggan.

F. Jenis dan Volume Kegiatan

a. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan yang dipilih adalah mendirikan toko aksesoris dengan nama "Vierrus Art Corp". usaha ini dipilih karena saat ini semakin banyak masyarakat khususnya para remaja yang menyukai seni dan desain-desain yang sangat menarik.

b. Volume Kegiatan

Volume kegiatan mendirikan toko aksesoris Vierrus Art Corp ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya para remaja. Jam buka toko mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB setiap hari, kecuali hari besar libur.







G. Jangka Waktu dan Kegiatan

a. Jangka Waktu

Jangka waktu yang diperlukan untuk mengelola dan mengembangkan usaha toko aksesoris Vierrus Art Corp ini adalah:

Ø Selama 6 bulan kedepan dipersiapkan untuk pengenalan kepada masyarakat, pengembangan dan kemajuan toko.

Ø Ada beberapa program dalam 6 bulan yang harus diwujudkan:

1. Pengenalan toko kepada masyarakat.

2. Memberi pelayanan terbaik kepada komsumen.

3. Memberikan serta menyabarkan brosur yang ber isi daftar harga kepada konsumen, agar konsumen dapat dengan mudah mengetahui harga yang kami tawarkan.

4. Berusaha memenuhi pesanan dari para konsumen dengan tepat waktu.

b. Kegiatan

Dalalm kegiatan yang kami lakukan pastinya membutuhkan bahan serta alat-alat untuk menunjang suksesnya usaha yang dilakukan:

a. Bahan

1. Skotlet

2. Mika kubus

3. Kabel

4. Stopkontak

5. Tombol on/off

6. Lampu

7. Kaos

8. Mug

9. Kertas paper art

10.Kertas glossy

11.Kanvas

b. Alat

1. Alat sablon

2. Cater

3. Laptop

4. Printer

5. Alat potong

H. Biaya

Dalam menekuni suatu usaha atau bisnis toko aksesoris “Vierrus Art Corp” ini, pastinya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, biaya itu antara lain:

a. Biaya pembelian bahan:

1. Skotlet @ 1 roll Rp. 25.000 x10 = Rp. 250.000

2. Mika kubus @ 1 kubus Rp. 10.000 x10 = Rp. 100.000

3. Kabel @ 1 meter Rp. 3.000 x10 = Rp. 30.000

4. Stopkontak @ 1 biji Rp. 2.500 x10 = Rp. 25.000

5. Tombol on/off @ 1 biji Rp. 2.000 x10 = Rp. 20.000

6. Lampu @ 1 biji Rp. 1.000 x10 = Rp. 10.000

7. Kaos @ 1 biji Rp. 20.000 x10 = Rp. 200.000

8. Mug @ 1 biji Rp. 40.000 x10 = Rp. 400.000

9. Kertas paper art @ 1 set Rp. 25.000 x10 = Rp. 250.000

10. Kertas glossy @ 1 set Rp. 25.000 x10 = Rp. 250.000

11. Kanvas @ 1 biji Rp. 15.000 x10 = Rp. 150.000

Total pembelian bahan Rp. 1.685.000

b. Biaya pembelian Alat:

1. Alat sablon @ 1 buah Rp. 5.000.000 x2 = Rp. 10.000.000

2. Cater @ 1biji Rp. 1.500 x5 =Rp. 7.500

3. Laptop @ 1buah Rp. 7.000.000 x3 = Rp. 21.000.000

4. Printer @ 1 buah Rp. 300.000 x4 = Rp. 1.200.000

5. Alat potong @ 1 buah Rp. 40.000 x4 = Rp. 160.000

Total pembelian alat Rp. 32.367.000



Jadi biaya yang diperlkan sebagai modal awal usaha kami sebesar Rp. 35.000.000 dan tidak diragukan mungkin dapat bertambah.

Demikian penjelasan dari saya akan perwujudanusaha yang akan saya buka dalam waktu dekat ini.

Comments

Popular posts from this blog

Ucapan dan Perbuatan Nabi Sebagai Model Komunikasi Persuasif

Proses dan Langkah-langkah Konseling

Bimibingan Dan Konseling Islam : Asas-Asas Bki