Laporan Praktek Kerja Lapangan Di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya

blogger templates


BAB I
PEDAHULUAN

A.    Dasar Pemikiran
Usaha asuransi merupakan suatu mekanisme yang memberikan perlindungan pada tertanggung apabila terjadi risiko di masa mendatang. Apabila risiko tersebut benar-benar terjadi, pihak tertanggung akan mendapatkan ganti rugi sebesar nilai yang diperjanjikan antara penanggung dan tertanggung. Mekanisme perlindungan ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis yang penuh dengan risiko. Secara rasional, para pelaku bisnis akan mempertimbangkan untuk mengurangi risiko yang dihadapi. Pada tingkat kehidupan keluarga atau rumah tangga, asuransi juga dibutuhkan untuk mengurangi permasalahan ekonomi yang akan dihadapi apabila ada salah satu anggota keluarga yang menghadapi risiko cacat atau meninggal dunia.
Perkembangan asuransi di Indonesia saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai perusahaan asuransi berlomba-lomba menawarkan program asuransi baik bagi masyarakat maupun perusahaan. Seiring dengan perkembangan berbagai program syariah yang telah diusung oleh lembaga keuangan lain, banyak perusahaan asuransi yang saat ini juga menawarkan program asuransi syariah.
Asuransi adalah sebuah transaksi yang tidak jelas waktu, kadar, ataupun kualitasnya. Karena sebuah jasa ataupun barang yang dihasilkan dari pembayaran asuransi yang dilakukan oleh pelanggan tidak jelas akan di laksanakan atau diberikan kapan, dimana, dan berapa kuantitasnya. Contohnya seperti asuransi kesehatan, beban asuransi terus-menerus dikenakan kepada pelanggan sedangkan keadaan sehatnya pelanggan itu tidak jelas. Yaitu tidak jelas kapan pelanggan itu sakit dan membutuhkan dana asuransi tersebut.
Menurut etimologi bahasa Arab istilah takaful berasal dari akar kata kafala. Dalam ilmu tashrif atau sharaf, takaful ini termasuk dalam barisan bina muta’aadi, yaitu tafaa’ala yang berarti saling menanggung. Sementara ada yang mengartikan dengan makna saling menjamin. Secara terminologi, Evamy (1976) yang dikutip oleh Rahman mendefinisikan, asuransi adalah :suatu kontrak dimana seseorang disebut penjamin asuransi, yang menjalankan.Apalagi kita sebagai calon sarajana-sarjana yang berbasis syriah kita harus paham betul hal-hal yang berkaitan tentang berbisnis secara syariah agar kita menjadi SDM yang mampu berkopetensi di era globalisasi . Didalam kajian takaful kita akan membahas mengenai takaful secara luas baik dari segi produknya ,tata cara pengajuan polis, kelebihan asuransi dan temuan study menarik.
Saat ini, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah operator asuransi syariah cukup banyak di dunia. Berdasarkan data Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), terdapat 49 pemain asuransi syariah di Indonesia yang telah mendapatkan rekomendasi syariah. Mereka terdiri dari 40 operator asuransi syariah, tiga reasuransi syariah, dan enam broker asuransi dan reasuransi syariah.
Dengan adanya strategi pengembangan syariah maka asuransi sayariah akan terus berkembang seiring dengan strategi  yang selalu diperbarui oleh lembaga asuransi yang ingin mengembangkan asuransinya dengan cara mempunyai SDM yang memadahi yang sesuai dengan keahlian,  mensosialisasikan asuransi sebagai lembaga keuangan syariah non bank yang penting di masyarakat, sehingga masyarakat akan tahu dan memandang bahwa  asuransi syariah sama profesionalnya dengan asuransi konvensional dan berdasarkan prinsip syar’i.
Cara lain adalah mendirikan cabang asuransi agar mudah dijangkau masyarakat, sehingga nama asuransi syariah tidak asing lagi di telinga masyarakat seperti yang dilakukan sebagian besar perusahaan asuransi, antara lain PT. Asuransi Takaful Indonesia, PT MAA Life Assurance, PT MAA General Assurance, PT Great Eastern Life Indonesia, PT Asuransi Tri Pakarta, PT AJB Bumiputera 1912, dan PT Asuransi Jiwa BRIngin Life Sejahtera.
B.     Tujuan dan Kegunaan Praktikum
Sesuai dengan dasar pemikiran diatas, maka tujuan diadakannya praktikum lembaga keuangan syariah non bank adalah:
1.      Menyediakan fasilitas bagi mahasiswa-mahasiswi untuk mengenal, mempelajari, dan memahami secara mendalam tentang system operasional lembaga keuangan syariah non bank secara langsung.
2.      Memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswi untuk melakukan studi komparatif tentang prinsip-prinsip lembaga keuangan syariah non bank pada tataran teoritis dengan aplikasinya di lembaga keuangan syariah non bank.
3.      Mendorong mahasiswa-mahasiswi melakukan analisis dalam landasan syariah terhadap aplikasi produk-produk didalam lembaga keuangan syariah non bank serta berupaya menemukan kendala-kendala yang diahadapinya.
Praktikum lembaga keuangan syariah non bank ini memiliki kegunaan baik bagi mahasiswa, bagi program studi, fakultas, maupun bagi lembaga keuangan syariah, diantaranya:
1.      Bagi mahasiswa berguna untuk memperkaya wawasan keilmuwan dalam kerangka pembentukan keahlian akademik praktis maupun teoritis dibidang lembaga keuangan syariah non bank.
2.      Bagi fakultas berguna sebagai salah satu media penyerapan informasi yang bermanfaat untuk penyelarasan kurikulum dengan perkembangan kebutuhan di lapangan.
3.      Bagi lembaga keuangan syariah non bank berguna sebagai media sosialisasi kepada msyarakat karena mengingat perguruan tinggi adalah sector informan yang memadai untuk menyebarluaskan informasi kepada publik.
C.    Waktu dan Tempat Praktikum
Praktikum lembaga keuangan syariah non bank ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus – 20 September 2013. Adapun waktu yang diberikan keada kami untuk melaksanakan praktikum adalah selama 1 bulan (30 hari). Metode yang kami gunakan dalam pelaksanaan praktikum yaitu berupa materi dan teori setelah itu langsung dipraktekkan didalam aplikatifnya sesuai dengan materi yang telah dipelajari sebelum kepada praktek. Kegiatan ini setiap harinya berlangsung mulai pukul 08.00 – 16.00 wib. Praktek ini dilaksanakan di PT. Asuransi Takaful Keluarga Kantor Pemasaran yang berlokasi di Jalan Raya Darmo No 54-56 Ruko Darmo Square Surabaya.
D.    Nama-nama Peserta Praktikum
1.      Moch Mahrus Fathur Rosy                       C04210058
2.      Wahyu Joko Saputro                                 C04210043
3.      Refita Avitriani Rizalina                           C04210041
4.      Rafiqah Aulia Rahma                               C04210035









BAB II
PROFIL SINGKAT
PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SURABAYA

A.    Latar Belakang dan Profil Singkat PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya
Berawal dari sebuah kepedulian yang tulus, beberapa pihak bersepakat untuk membangun perekonomian syariah di Indonesia. Simpul awal ekonomi syariah tersebut ditandai dengan berdirinya bank syariah pertama di Indonesia. Selanjutnya, simpul tersebut makin kuat dengan terbentuknya Tim Pembentukan Asuransi Takaful Indonesia (TEPATI) pada 16 tahun silam.
Atas prakarsa Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melalui Yayasan Abdi Bangsa, bersama Bank Muamalat Indonesia Tbk., PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Departemen Keuangan RI, dan beberapa pengusaha Muslim Indonesia, serta bantuan teknis dari Syarikat Takaful Malaysia, Bhd. (STMB), TEPATI mendirikan PT Syarikat Takaful Indonesia (Takaful Indonesia) pada 24 Februari 1994, sebagai pendiri asuransi syariah pertama di Indonesia.
Selanjutnya, pada 5 Mei 1994 Takaful Indonesia mendirikan PT Asuransi Takaful Keluarga (Takaful Keluarga) yang bergerak di bidang asuransi jiwa syariah dan PT Asuransi Takaful Umum (Takaful Umum) yang bergerak di bidang asuransi umum syariah. Takaful Keluarga kemudian diresmikan oleh Menteri Keuangan saat itu, Mar’ie Muhammad dan mulai beroperasi sejak 25 Agustus 1994. Sedangkan Takaful Umum diresmikan oleh Menristek/Ketua BPPT Prof. Dr. B.J. Habibie selaku ketua sekaligus pendiri ICMI dan mulai beroperasi pada 2 Juni 1995. Sejak saat itu, Takaful Keluarga dan Takaful Umum berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi syariah terkemuka di Indonesia.
Dalam perkembangannya, pada tahun 1997, STMB menjadi salah satu pemegang saham melalui penempatan modalnya dan mencapai nilai yang signifikan pada tahun 2004. Komitmen STMB untuk terus memperbesar Takaful Indonesia juga dibuktikan dengan setoran modal langsung di PT Asuransi Takaful Keluarga pada tahun 2009.
Selanjutnya, pada tahun 2000 Permodalan Nasional Madani (PNM) turut memperkuat struktur modal Perusahaan, kemudian diikuti oleh Islamic Development Bank (IDB) pada tahun 2004.
Komitmen PT Asuransi Takaful Keluarga untuk terus meningkatkan kualitas sekaligus menjaga konsistensi layanan kepada masyarakat ditunjukkan dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2008, sebagai standar internasional terbaru untuk sistem manajemen mutu dari Det Norske Veritas (DNV), Norwegia.
Kemajuan Asuransi Takaful Keluarga pada bidang asuransi syariah terbukti dengan diperolehnya penghargaan dari berbagai pihak, di antaranya dari Majalah Media Asuransi, Infobank, Investor, dan lain-lain. Terakhir, dalam acara Islamic Finance Award 2010 yang diadakan oleh Karim Business Consulting, Asuransi Takaful Keluarga memperoleh predikat 3rd Rank The Best Islamic Life Insurance.
Kini, seiring dengan perkembangan bisnis syariah yang semakin maju, Asuransi Takaful Keluarga berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat sehingga mampu berperan dalam menguatkan simpul-simpul pembangunan ekonomi syariah, demi masa depan Indonesia yang gemilang.
Dengan semakin berkembangnya Asuransi Takaful di Jakarta, maka menuntut para pengurus untuk mendirikan cabang di beberapa daerah dan salah satunya di Surabaya, karena di Surabaya dapat memberikan peluang untuk mengembangkan usaha tersebut. Karena itu, perusahaan PT. Asuransi Takaful mendirikan cabang di Surabaya pada tanggal 23 September 1995. PT. Asuransi Takaful Cabang Surabaya pada awalnya berkantor di Jl. Diponegoro No. 137 Surabaya kemudian pindah di Jl. Bung Tomo No. 8 kav 25 Surabaya dan bertempat di Jl. Diponegoro No.5 Surabaya dan sekarang bertempat di Jalan Raya Darmo No 54-56 Ruko Darmo Square Surabaya.
B.     Visi dan Misi PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya
1.      Visi
Menjadi Role Model  Bisnis Syariah di Indonesia dengan Profesional, Amanah dan Memberikan Manfaat bagi  Masyarakat.
2.      Misi
a.       Menjadikan Asuransi Takaful Keluarga sebagai Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Di Indonesia.
b.      Menjadikan Sumber Daya Manusia sebagai  salah satu aset bagi pertumbuhan perusahaan.
c.       Memberikan pelayanan yang terbaik dengan dukungan teknologi.
C.     Produk dan Apilkasi PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya
Jenis Asuransi Syari’ah Keluarga meliputi :
1.      Takaful Berencana adalah program yang dipergunakan bagi yang bermaksud menyiapkan dana, baik sebagai bekal persiapan untuk hari tua maupun untuk ahli warisnya
2.      Takaful Pembiayaan adalah program yang dipergunakan sebagai jaminan pelunasan sisa utang bagi seseorang yang mempunyai pinjaman apabila suatu saat terjadi musibah kematian
3.      Takaful Pendidikan adalah program yang dipergunakan bagi seseorang yang bermaksud menyiapkan dana untuk masa depan pendidikan putra-putrinya 
4.      Takaful Dana Haji adalah program yang dipergunakan bagi seseorang yang bermaksud untuk menyiapkan dana ibadah haji  
5.      Takaful Berjangka adalah program yang dipergunakan  bagi perusahaan/lembaga yang bermaksud menyiapkan dana untuk ahli waris karyawan/anggota apabila terjadi musibah kematian
6.      Takaful Kesehatan adalah program yang dipergunakan bagi keluarga/perusahaan yang bermaksud menyiapkan dana kesehatan untuk anggota keluarga/karyawannya.
Selain takaful yang disebutkan di atas ada takaful tambahan berupa Takaful Link yaitu produk takaful investasi menguntungkan yang dikelola secara syari’ah dengan program asuransi yang optimal sedangkan Takaful Wakaf yaitu produk takaful  bagi yang merencanakan pengumpulan dana sebagai dana wakaf. Kedua produk ini masuk dalam Asuransi Takaful Keluarga karena berhubungan dengan jiwa seorang peserta. 
Dari kesemua produk yang sudah disebutkan dan dikelompokkan menurut jenisnya, masih ada lagi produk tambahan berupa takaful falah adalah produk yang dirancang khusus bagi peserta yang menginginkan anfaat asuransi secara menyeluruh, Takaful Link ‘Aliah adalah produk produk yang dirancang untuk investasi optimal dengan jenis investasi campuran melalui sistem pengelolan syari’ah dan yang terakhir berupa Takaful Safari adalah produk takaful untuk perlindungan jiwa karena kecelakaan baik dalam kendaraan umum maupun pribadi atau di luar kendaraan umum maupun pribadi dengan peserta dalam keadaan sakit di rumah sakit maupun meninggal dunia.
1.      Takaful Link Salam

‘...Dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok...” (Qs. Al-Hasyr [59]: 18)
a.      Alasan Memilih Takafulink Salam:
1.      Murni Syariah
2.      Bebas memilih jenis investasi
3.      Hasil investasi yang lebih optimal
4.      Keleluasaan untuk menempatkan dana invesatsi
5.      Bebas menentukan proteksi sesuai kebutuhan
b.      Keunggulan Takafulink Salam
1.      Manfaat perlindungan jiwa maksimal 
a)      Takafulink Salam memberikan manfaat perlindungan jiwa maksimal hingga usia 70 tahun dengan manfaat santunan yang bisa disesuaikan untuk mendapatkan yang terbaik bagi keluarga tercinta
b)      Takafulink Salam memberikan manfaat perluasan perlindungan tambahan tanpa perlu membayar, di antaranya:
1.      Asuransi tambahan penyakit kritis (Perlindungan terhadap 49 (empat puluh sembilan) jenis penyakit kritis
2.      Asuransi tambahan kecelakaan diri/ PA (Perlindungan terhadap risiko meninggal dunia karena kecelakaan)
3.      Asuransi tambahan TPD (Perlindungan terhadap cacat tetap total akibat penyakit atau kecelakaan)
4.      Asuransi manfaat tunai harian rawat inap (Perlindungan terhadap risiko kesehatan bila harus menjalani rawa inap di rumah sakit)
c)      Takafulink Salam juga memberikan manfaat bebas premi, seperti:
1.      Asuransi tambahan payor term (Manfaat yang memberikan pembebasan premi) jika pemegang polis meninggal dunia).
2.      Asuransi tambahan payor CI (Manfaat yang memberikan pembebasan premi jika pemegang polis terdiagnosa salah satu dari 49 penyakit kritis)
3.      Asuransi tambahan payor TPD (Manfaat yang memberikan pembebasan premi jika pemegang polis menderita cacat tetap total akibat penyakit atau kecelakaan).
c.       Manfaat Investasi yang Optimal  
Sejak mengawali perlindungan, Takafulink Salam memberikan nilai investasi positif sejak tahun pertama dan selanjutnya meningkat dari tahun ke tahun. Anda bisa memilih jenis investasi sesuai dengan profil investasi Anda. Takafulink Salam menawarkan 4 jenis investasi yang dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan Anda.
1.      Istiqomah (Pasar Uang & Sukuk) 
Alokasi investasi pada jenis investasi meliputi:
a)      Min. 80%: Efek Pendapatan Tetap Syariah
b)      Maks. 20%: Instrumen Pasar Uang Syariah
2.      Mizan (Balanced) 
Alokasi investasi pada jenis investasi meliputi:
a)      50% - 70%       : Efek Pendapatan Tetap Syariah
b)      20% - 40%       : Efek Pendapatan Tetap Syariah
c)      Maks. 20%        : Instrumen Pasar Uang Syariah
3.      Ahsan (Balance Aggresive)  
Alokasi investasi pada jenis investasi meliputi:
a)      20% - 40%       : Efek Pendapatan Tetap Syariah
b)      50% - 70%       : Efek Pendapatan Tetap Syariah
c)      Maks. 20%        : Instrumen Pasar Uang Syariah
4.      Alia (Aggresive) 
Alokasi investasi pada jenis investasi meliputi:
a)      Min. 80%: Saham Syariah
b)      Maks. 20%        : Instrumen Pasar Uang Syariah
d.      Keuntungan Takafulink Salam
1.      Dapat dimiliki oleh anda atau keluarga dimulai sejak usia 30 hari sampai 65 tahun dengan usia pemegang polis mulai dari 17 tahun.
2.      Anda bisa memilih masa pembayaran kontribusi sesuai dengan kemampuan Anda dan pstikan Anda membayar kontribusi secara teratur. Semakin lama Anda membayar kontribusi maka semakin besar hasil investasi yang Anda dapatkan.
3.      Kontribusi yang terjangkau dapat dibayar secara tahunan, semesteran, triwulanan, bulanan dan sekaligus, dan Anda dapat mengkombinasikannya dengan Top Up berkala untuk menembah dana Investasi Anda.
4.      Top Up un reguler dapat Anda lakukan kapan saja untuk meningkatkan dana investasi Anda.
5.      Gratis biaya administrasi selama 12 bulan pertama.
6.      Anda dapat melakukan pengalihan dan penarikan dana kapan saja.
7.      Anda dapat melakukan cuti premi ( premium holiday setelah tahun ke-5 ).
8.      Anda akan menerima laporan transaksi atas hasil investasi minimal satu kali dalam setahun.
9.      Hak bebas lihat selama 14 hari sejak polis diterima.
10.  Perkembangan nilai Takafulink dapat Anda lihat di Harian Bisnis Indonesia, www.takaful.com atau menghubungi customer care Takaful.
11.  Insya Allah investasi Anda akan aman dan bersih karena akan diperhitungkan terhadap zakat maal Anda.
e.       Mekanisme Pengelolaan Takafulink Salam
1.      Sebagian kontribusi yang Anda setorkan akan dialokasikan untuk tujuan Investasi yang menggunakan mekanisme satuan unit, dimana harga satuannya disebut sebagai nilai unit. Penilaian unit dilakukan setiap hari bursa dengan menggunakan metode pasar yang berlaku untuk setiap instrumen investasi (yang akan dipublikasikan setiap hari kerja berikutnya).
2.      Ujroh (biaya akuasisi  akan dikenakan dari kontribusi yang Anda setorkan diawal – awal tahun kepesertaan.
3.      Tabarru’ (biaya asuransi  dan biaya administrasi dikenakan setiap bulan dengan memotong saldo unit ( esarnya Tabarru’ ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin dan besarnya manfaat Takaful yang diambil .
4.      Biaya administrasi sebesar Rp. 25.000,- per bulan, dipotong dari unit nilai investasi mulai tahun ke-2.
5.      Tidak ada biaya penarikan.
6.      Biaya Free look, pengalihan dan penarikan hanya akan dikenakan jika Anda melakukan transaksi tersebut.

2.      Takaful Dana Pendidikan

Program asuransi untuk perorangan bermaksud menyediakan dana pendidikan, untuk Cita buah hati yang didambakan.
a.      Manfaat Asuransi Dana Pendidikan
1.      Jika Peserta panjang umur sampai akhir perjanjian Anak sebagai penerimah hibah mendapatkan :
a.       Tahapan* saat masuk (TK, SD, SMP, SMA, PT)** dan Beasiswa selama 4 th di Perguruan Tinggi.
b.      *  Jika Tahapan yang jatuh tempo tidak diambil, akan diinvestasikan dan akan menambah Beasiswa pada saat di  Perguruan Tinggi
2.      Jika Peserta mengundurkan diri sebelum masa perjanjian berakhir Peserta mendapatkan:
a.       Nilai Tunai
Seluruh dana di Rekening Tabungan Peserta yang berasal dari saldo tabungan dan bagian keuntungan atas hasil investasinya (Mudharabah)
3.      Jika Anak sebagai Penerima Hibah meninggal sebelum seluruh tahapan diterima, Peserta/ Ahli Waris mendapatkan:
a.       Nilai Tunai
b.      Santunan sebesar 10% Manfaat Takaful Awal (Premi Tahunan x Masa Perjanjian)
4.      Jika Peserta mengalami musibah dalam masa perjanjian Polis Bebas Premi, Ahli Waris mendapatkan:
a.       Santunan sebesar 50% Manfaat Takaful Awal ( jika meninggal karena sakit atau cacat tetap total karena kecelakaan) atau 100%
b.      Manfaat Takaful Awal (jika meninggal karena kecelakaan
c.       Nilai Tunai
5.      Anak sebagai Penerima, Hibah mendapatkan:
a.       Tahapan* saat masuk  (TK, SD, SMP, SMA, PT)**
b.      Beasiswa setiap tahun sejak Peserta mengalami musibah s/d 4 th di Perguruan  Tinggi
6.      Jika setelah masa perjanjian berakhir dan masih dalam pemberian beasiswa di Perguruan Tinggi Peserta  mengalami musibah:
a.       Meninggal karena sakit atau cacat  tetap total karena kecelakaan, Ahli Warisnya akan menerima Nilai Tunai
b.      Meninggal karena kecelakaan, Ahli Warisnya akan menerima Nilai Tunai dan  santunan sebesar 50% Manfaat Takaful Awal
c.       Penerima Hibah akan tetap menerima Beasiswa sampai yang bersangkutan  4 tahun di Perguruan Tinggi 
3.      Takaful Link Salam Cendekia

Masa depan adalah Allah yang menentukan. Namun kita dapat merencanakan. Cita-cita yang telah dicanangkan harus tetap diwujudkan. Meski musibah datang menjelang.
Anak merupakan amanah tak terhingga yang diberikan Allah. Adalah tanggung jawab kita untuk merancang masa depannya. Meski musibah tak dapat dicegah dan takdir tak dapat diubah, namun cita-cita sang buah hati.........?
Takafulink salam Cendekia merupakan produk investasi murni syariah, sahabat setia sang orang tua.  yang memberikan manfaat dana pendidikan dan perlindungan yang optimal bagi Anda dan keluarga tercinta.
a.      Manfaat Takafulink Salam Cendekia
1.      Menyediakan Dana Pendidikan 
Takafulink Salam Cendekia menyediakan manfaat dana pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi.
2.      Memberikan Perlindungan Asuransi 
a)      Peserta (Anak)*
Memberikan manfaat perlindungan asuransi kepada anak sebagai Peserta sejak usia 30 hari dengan manfaat santunan yang sesuai dengan kebutuhan. Memberikan manfaat tambahan bagi peserta:
1)      Personal Accident, Asuransi tambahan kecelakaan diri (perlindungan terhadap risiko meninggal dunia karena kecelakaan)
2)      Cash Plan, Asuransi manfaat tunai harian rawat inap (perlindungan terhadap risiko kesehatan bila harus menjalani rawat inap di rumah sakit)
b)      Payor (Pemegang Polis) 
Memberikan manfaat bebas kontribusi bagi pemegang polis:
1)      Payor Termjika pemegang polis meninggal dunia   
2)      Payor TPD (Total Permanent Disease)jika pemegang polis menderita cacat tetap total akibat penyakit atau kecelakaan
            Memberikan manfaat tambahan pembebasan premi bagi pemegang polis :
1)      Payor CI(critical illness) jika pemegang polis terdiagnosa salah satu dari 49 penyakit kritis.
c)      Memberikan Investasi yang optimal 
Takafulink Salam Cendekia memberikan nilai investasi optimal dengan komposisi investasi :
Alokasi Investasi
Jenis Investasi
Istiqomah
Mizan
Ahsan
Alia
Efek Pendapatan Tetap Syariah
Min. 80%
50%-70%
20%-40%
-
Saham Syariah
-
20%-40%
50%-70%
Min. 80%
Pasar Uang Syariah
Maks. 20%
Maks. 20%
Maks. 20%
Maks. 20%
Ft
*) Minimal manfaat dasar sebesar 5 kali Kontribusi tahunan untuk Kontribusi Reguler atau 1,25 kali Kontribusi Sekaligus
b.      Keuntungan Takafulink Salam Cendekia 
1.      Kepesertaan
Dapat dimiliki sejak usia 30 hari untuk Peserta dan usia 17 s.d 60 tahun untuk Pemegang Polis 
2.      Fleksible 
a)      Cara Bayar
1.      Pembayaran kontribusi dapat disesuaikan dengan keinginan peserta (tahunan, semesteran, bulanan, atau sekaligus).
2.      Pembayaran dapat dikombinasikan dengan Top Up Reguler
b)      Top up Unreguler dapat dilakukan kapan saja untuk meningkatkan dana investasi Anda.
3.      Bebas Biaya Administrasi
Bebas biaya administrasi selama 12 bulan pertama kepesertaan
4.      Free Look Period 
Hak bebas lihat selama 14 hari sejak polis diterima
5.      Laporan Transaksi 
a)      Laporan ransaksi atas hasil investasi diberikan 1x dalam setahun
b)      Perkembangan nilai transaksi dapat dilihat di Harian Bisnis Indonesia, www.takaful.com atau menghubungi customer care Takaful
InsyaAllah investasi Anda akan aman dan bersih karena akan diperhitungkan terhadap zakat maal Anda.
Tim investasi yang berpengalaman dan bekerjasama dengan beberapa  fund manajer dari perusahaan investasi yang memiliki reputasi baik dan terpercaya
3.      Takaful Kesehatan Individu
Program Takaful Kesehatan Individu adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada Peserta apabila Peserta menjalani rawat inap di rumah sakit atau rujukan Dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan sekurang-kurangnya 3 (tiga) hari kalender.
a.       Manfaat
Bila Peserta menjalani rawat inap, Peserta mendapatkan dana santunan sebesar 80% dari total biaya yang tercatat pada kuitansi asli dengan maksimal dana santunan sesuai jumlah yang direncanakan Peserta.
b.      Ketentuan:
1.      Usia masuk 18 tahun s.d. 50 tahun
2.      Masa perjanjian minimal 1 tahun dan berbatas hanya 1 tahun
3.      Cara Bayar Sekaligus
4.      Kontribusi:
a.       5% untuk Peserta Laki-laki
b.      7,5% untuk Peserta Perempuan
c.       Dana Santunan yang diberikan menggunakan cara reimbursement
d.      Maksimal Manfaat Takaful sebesar Rp.10.000.000,- 
4.      Takaful Kecelakaan Diri Individu
Program Takaful Kecelakaan Diri Individu adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila Peserta ditakdirkan meninggal dunia, cacat tetap total atau cacat tetap sebagian karena kecelakaan dalam masa perjanjian.
a.       Manfaat
1.      Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian karena suatu kecelakaan, maka kepada ahli warisnya akan dibayarkan dana santunan meninggal sebesar manfaat Takaful yang direncanakan.
2.      Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam masa perjanjian yang mengakibatkan peserta cacat tetap total atau sebagian maka kepada peserta akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan persentasi yang sudah ditentukan.
3.      Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam masa perjanjian yang mengakibatkan peserta rawat inap di rumah sakit akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan yang sudah ditentukan.
b.      Ketentuan:
1.      Usia masuk peserta 18 tahun s.d. 60 tahun
2.      Masa perjanjian minimal 1 tahun dan maksimal 15 tahun
3.      Usia masuk + masa perjanjian < 65 tahun
4.      Cara Bayar Tahunan atau Sekaligus
5.      Kontribusi 3 permil dari Manfaat Takaful
6.      Minimal Kontribusi Tahunan per Peserta Rp.150.000,-
7.      Kontribusi Sekaligus adalah kontribusi per tahun x Masa Perjanjian
5.      Takaful Al Khairat Individu
Program Takaful Al Khairat Individu adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila peserta ditakdirkan meninggal dunia dalam masa perjanjian.
a.       Manfaat
Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian, maka ahli warisnya akan mendapatkan dana santunan meninggal dari Asuransi Takaful Keluarga sesuai dengan jumlah yang direncanakan Peserta.
b.      Ketentuan:
1.      Usia masuk 18 tahun s.d. 60 tahun
2.      Masa perjanjian minimal 1 tahun dan maksimal 15 tahun
3.      Usia masuk + masa perjanjian < = 65 tahun
4.      Cara Bayar Tahunan atau Sekaligus
5.      Minimal Kontribusi per tahun Rp.250.000,-
6.      Kontribusi Sekaligus adalah Kontribusi per tahun x Masa Asuransi
c.       Manfaat Tambahan
1.      Manfaat tambahan Kecelakaan Diri (Personal Accident) Individu yang meliputi:
a)      Risiko A (meninggal karena kecelakaan)
b)      Risiko B (cacat tetap, baik total atau sebagian)
2.      Manfaat tambahan Takaful Kesehatan Individu
d.      Biaya Medis
Biaya medis dibebankan kepada Peserta hanya jika diperlukan pemeriksaan medis
e.       Fulmedicare
Produk Takaful Kesehatan Kumpulan Fulmedicare adalah suatu program asuransi kesehatan kumpulan (Group Health Insurance) yang merupakan proteksi ekonomi bagi Perusahaan dalam kewajibannya memberikan jaminan kesehatan bagi para karyawan beserta keluarganya sehingga dapat membantu Perusahaan dalam mengendalikan biaya jaminan kesehatan.
Dengan konsep syariah yang berdasarkan prinsip ta’awun (tolong menolong), Fulmedicare dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan memperhatikan batas-batas asuransi.
f.       Program Pokok
1.      Rawat Inap dan Pembedahan (In Patient).
2.      Penggantian biaya rawat inap dan pembedahan yang mencakup biaya kamar, biaya aneka perawatan, biaya konsultasi dokter, biaya operasi, biaya ICU/ICCU, dan lain sebagainya.
g.      Program Tambahan
1.      Santunan Rawat Jalan (Out Patient) mencakup biaya pemeriksaan dokter umum, biaya pemeriksaan dokter spesialis, biaya pembelian obat-obatan, biaya laboratorium dan X-Ray, dan sebagainya.
2.      Santunan Persalinan mencakup biaya kehamilan normal, biaya kehamilan dengan komplikasi, biaya kamar ibu dan bayi, biaya kamar bersalin, biaya melahirkan normal, biaya melahirkan dengan operasi, dan lain sebagainya.
3.      Santunan Rawat Gigi mencakup biaya perawatan Dokter Gigi dengan maksimal penggantian biaya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
4.      Santunan Kacamata mencakup biaya penggantian frame dan lensa per tahun.
5.      Program Pokok dan Program Tambahan diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada polis.
h.      Sistem Pelayanan Provider
Sistem pelayanan kesehatan melalui Rumah Sakit yang menjalin hubungan kerjasama dengan Asuransi Takaful dimana Rumah Sakit tersebut dapat menagih secara langsung kepada Asuransi Takaful Keluarga sejumlah biaya pengobatan peserta sesuai dengan ketentuan.
i.        Reimbursment
Sistem pelayanan dimana Asuransi Takaful Keluarga akan mengganti biaya yang dikeluarkan peserta setelah berakhirnya perawatan sesuai dengan ketentuan.
j.        Syarat Kepesertaan    
1.      Karyawan tetap dan atau beserta keluarganya (Istri/Suami dan Anak Karyawan).
2.      Pada saat didaftarkan usia calon peserta maksimal 55 tahun sedangkan usia anak antara 15 hari sampai dengan 23 tahun (belum bekerja, belum menikah dan berstatus mahasiswa).
3.      Pada saat didaftarkan tidak sedang menjalani rawat inap di rumah sakit manapun.
4.      Minimal 25 karyawan dengan peserta 50 orang.
5.      Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 5.000.000,-.
k.      Keistimewaan FulMedicare
1)      Layanan pelanggan 24 jam by officer
2)      Tidak ada batas penyedia jasa layanan
3)      Tanpa batas teritorial dan waktu (berlaku 24 jam)
4)      Proses klaim yang cepat
5)      Bagi hasil di akhir periode kepesertaan, jika ada
6)      Kerjasama jaringan penyedia jasa layanan rawat inap di lebih dari 200 RS yang tersebar di seluruh Indonesia
6.      Takaful Kecelakaan Diri Siswa Kumpulan
Program Takaful Kecelakaan Diri Siswa Kumpulan adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila Peserta mengalami musibah kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, cacat tetap baik total maupun sebagian atau rawat inap di rumah sakit dalam masa perjanjian.
Program ini diperuntukkan khusus bagi peserta yang merupakan siswa/siswi sekolah atau lembaga pendidikan non formal tertentu yang dapat dikategorikan sebagai lembaga yang berbadan hukum.
a.       Manfaat
1)      Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian karena suatu kecelakaan, maka kepada ahli waris nya akan dibayarkan dana santunan meninggal sebesar manfaat Takaful yang direncanakan.
2)      Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam masa perjanjian yang mengakibatkan peserta cacat tetap total atau sebagian maka kepada peserta akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan persentasi yang sudah ditentukan.
3)      Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam masa perjanjian yang mengakibatkan peserta rawat inap di rumah sakit akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan yang sudah ditentukan.
b.      Ketentuan:
1)      Usia kepesertaan untuk siswa  4  – 27 tahun, untuk guru dan staf 17  – 55 tahun
2)      Jumlah peserta minimal 50 orang dan min. 90% dari jumlah siswa atau guru dan staf
3)      Besarnya manfaat Takaful dapat disesuaikan dengan permintaan
4)      Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 500.000,-
7.      Takafulink  Kumpulan
Merupakan program asuransi unit link yang ditujukan bagi karyawan perusahaan (Peserta) dengan memberikan manfaat proteksi serta manfaat investasi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.
a.       Alasan memilih Takafulink Kumpulan:
1)       Murni  syariah
2)       Lebih menentramkan
3)       Biaya pengelolaan lebih efisien
4)       Bebas memilih jenis investasi
b.      Manfaat yang diperoleh:
1)      Apabila Peserta mengundurkan diri, maka akan mendapatkan dana investasi.
2)      Apabila Peserta mencapai usia tertentu (akhir kontrak) maka akan mendapatkan dana investasi.
3)      Apabila Peserta meninggal dunia dalam masa perjanjian maka akan diberikan manfaat Takaful dan dana investasi.
c.       Pemegang Polis pun dapat memilih manfaat tambahan sesuai kebutuhan, seperti:
1)      Manfaat meninggal karena kecelakaan (PA)
2)      Manfaat cacat tetap total dan cacat tetap sebagian (TPD)
3)      Manfaat penyakit kritis (CI)
d.      Premi
Premi dibayar secara berkala Bulanan, Kuartalan, Semesteran atau Tahunan
e.       Pilihan Jenis Investasi

Pilihan Jenis Investasi
Efek Pendapatan Tetap Syariah
Saham Syariah
Instrumen Pasar Uang Syariah dan Sukuk
Istiqomah(Pasar Uang)
Min. 80%
-
Maks. 20%
izan(Balanced)
50% s.d. 70%
20% s.d. 40%
Maks. 20%
Ahsan(Balanced Aggressive)
20% s.d. 40%
50% s.d. 70%
Maks. 20%
Alia (Aggressive)
-
Min. 80%
Maks. 20%
Dalam satu perusahaan pilihan jenis investasi diberlakukan secara seragam
f.       Pengelola Dana
1)      Schroders
2)      Bank Niaga Kustodi, sebagai bank custodian
g.      Nilai Aktiva Bersih (NAB) .
Nilai unit yang sesuai dengan Harga Beli atau Harga Jual yang sewaktu-waktu dapat berubah tergantung pada kinerja investasi. Perkembangan NAB secara harian dapat diakses melalui surat kabar dan website www.takaful.com.
h.      Fasilitas yang diperoleh:
1)      Top Up
Pemegang polis dapat meningkatkan dana investasi peserta melalui fasilitas top up regular yang dibayarkan secara bersamaan dengan pembayaran kontribusi regular.
2)      Pengalihan Investasi (Switching)
Pengalihan Investasi dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
3)      Free Look
Hak bebas lihat selama 14 hari sejak polis diterima
Catatan: baik top up maupun switching dilakukan secara seragam untuk seluruh peserta.
i.        Ketentuan Kepesertaan:
1)      Usia masuk: 17 sampai dengan 55 tahun
2)      Masa asuransi: minimal 5 tahun, maksimal usia masuk + masa asuransi <= 60 tahun
3)      Cara bayar: bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan
4)      Minimum kontribusi: Rp.100.000 per peserta per bulanan dan Rp.5.000.000,- per perusahaan
5)      Minimal peserta: 25 peserta
8.      Takaful Kecelakaan Diri Kumpulan
Program Takaful Kecelakaan Diri Kumpulan adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila Peserta mengalami musibah kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, cacat tetap baik total maupun sebagian, atau rawat inap di rumah sakit dalam masa perjanjian.
a.       Manfaat
1)      Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian karena suatu kecelakaan, maka kepada ahli warisnya akan dibayarkan dana santunan meninggal sebesar manfaat Takaful yang direncanakan.
2)      Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam masa perjanjian yang mengakibatkan peserta cacat tetap total atau sebagian maka kepada peserta akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan persentasi yang sudah ditentukan.
3)      Bila Peserta mengalami musibah kecelakaan dalam masa perjanjian yang mengakibatkan peserta rawat inap di rumah sakit akan diberikan manfaat Takaful sesuai dengan yang sudah ditentukan.
b.      Ketentuan:
1)      Maksimal usia masuk peserta 55 tahun
2)      Besarnya manfaat Takaful dapat disesuaikan dengan permintaan
3)      Jumlah peserta minimal 25 orang dan min. 90% dari jumlah karyawan/institusi
4)      Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 500.000,-
9.      Takaful Al Khairat Kumpulan
Program Takaful Al Khairat adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila peserta ditakdirkan meninggal dunia dalam masa perjanjian.
a.       Manfaat
Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian, maka ahli warisnya akan mendapatkan dana santunan meninggal dari Asuransi Takaful Keluarga sesuai dengan jumlah yang direncanakan Peserta.
b.      Ketentuan:
1)      Usia masuk maksimal 55 tahun
2)      Usia masuk + masa perjanjian maksimal 56 tahun
3)      Jumlah Peserta minimal 25 orang dan min. 90% dari jumlah karyawan/institusi
4)      Besarnya manfaat Takaful dapat disesuaikan dengan permintaan
5)      Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 500.000,-
10.  Takaful Al Khairat Siswa Kumpulan
Program Takaful Kecelakaan Siswa adalah suatu program asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila peserta ditakdirkan meninggal dunia dalam masa perjanjian.
Program ini diperuntukkan khusus bagi peserta yang merupakan siswa/siswi sekolah atau lembaga pendidikan non-formal tertentu yang dapat dikategorikan sebagai lembaga yang berbadan hukum.
a.       Manfaat
Bila Peserta ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian, maka ahli warisnya akan mendapatkan dana santunan meninggal dari Asuransi Takaful Keluarga sesuai dengan jumlah yang direncanakan Peserta.
b.      Ketentuan:
1)      Usia kepesertaan  untuk siswa  4 – 27 tahun, untuk guru dan staf 17 – 55 tahun
2)      Usia masuk + masa perjanjian untuk siswa maksimal 28  tahun
3)      Usia masuk + masa perjanjian untuk guru dan staf maksimal  56  tahun
4)      Jumlah peserta minimal 50 orang dan min. 90% dari jumlah siswa atau guru dan staf
5)      Besarnya manfaat Takaful dapat disesuaikan dengan permintaan. Minimal premi untuk tiap kumpulan Rp 500.000,-
D.    Strktur Organisasi PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya
PT. Asuransi Takaful yang didirikan pada tahun 1994, telah banyak mengalami perubahan-perubahan dalam maupun luar, yang mana ini membuat PT. Asuransi Takaful bertambah mantab. PT. Asuransi Takaful yang berpusat di Jakarta Pusat, telah berhasil mengembangkan produknya dan memiliki beberapa cabang diantaranya : Bandung, Semarang, Banjarmasin, Balikpapan, Padang, Medan, Makassar, Pekan Baru dan Surabaya. Adapun struktur organisasi cabang Surabaya sebagai berikut :
STRUKTUR ORGANISASI
PT ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SURABAYA 2013








 












Bancasurrance (BAO) adalah layanan Bank yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi dalam menyediakan produk asuranasi yang memberi perlindungan dan produk investasi untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang nasabah.
Keuntungan:
1.      Dapat digunakan untuk berbagai tujuan investasi, misalnya untuk dana pendidikan, tabungan atau dana hari tua. Produk ini dapat memenuhi kebutuhan untuk menabung, perencanaan keuangan, proteksi sekaligus untuk investasi.
2.      Pilihan dana investasi yang beragam, sesuai dengan besarnya toleransi  terhadap risiko dan potensi keuntungan yang sesuai dengan keinginan anda.
3.      Jumlah perlindungan jiwa dapat dipilih sesuai kebutuhan, dan dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.
4.      Kebebasan untuk melakukan penambahan maupun penarikan dana sewaktu-waktu dan perlindungan asuransi anda tetap berjalan.
5.      Pertumbuhan dana investasi dapat dipantau setiap hari.
Representative Office (RO):
1.      Perusahaan membuat suatu kantor pemasaran yang bertugas dan bertangung jawab dalam perolehan premi dan pengembangan organisasi pemasaran retail business.
2.      Perusahaan dalam pengembangan dalam perkembangannya akan membuat suatu unit pemasraan retail business yang berada di bawah pembinaan RO dengan sebutan Griya Takaful.
3.      Perusahaan melarang agen untuk tidak membayar upah, komisi, imbalan, hadiah, potongan dalam bentuk apapun, baik yang dilakukan secara langsung atau tidak langsung pada seorang pejabat, pegawai atau wakil perusahaan dengan perusahaan, sepanjang tindakan tersebut dapat disebut suap, gratifikasi.
Takaful Financial Consultant (TFC) adalah Agen yang di bawah binaan TSM atau di bawah binaan langsung TAD. 
Takaful Sales Manger (TSM) adalah Agency leader yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memasarkan produk dan merekrut, membina, memimpin dan melakukan pengembangan pada organisasi keagenan pada unitnya.









BAB III
TABEL DESKRIPSI KEGIATAN MAGANG
DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SURABAYA

A.     Waktu dan Tempat Praktikum
Praktikum lembaga keuangan syariah non bank ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus – 20 September 2013. Adapun waktu yang diberikan keada kami untuk melaksanakan praktikum adalah selama 1 bulan (30 hari). Metode yang kami gunakan dalam pelaksanaan praktikum yaitu berupa materi dan teori setelah itu langsung dipraktekkan didalam aplikatifnya sesuai dengan materi yang telah dipelajari sebelum kepada praktek. Kegiatan ini setiap harinya berlangsung mulai pukul 08.00 – 16.00 wib. Praktek ini dilaksanakan di PT. Asuransi Takaful Keluarga Kantor Pemasaran yang berlokasi di Jalan Raya Darmo No 54-56 Ruko Darmo Square Surabaya.
B.     Nama-nama Peserta Praktikum
6.      Moch Mahrus Fathur Rosy                       C04210058
7.      Wahyu Joko Saputro                                 C04210043
8.      Refita Avitriani Rizalina                           C04210041
9.      Rafiqah Aulia Rahma                               C04210035
C.     Deskripsi Kegiatan Praktikum
Nama            : Moch Mahrus Fathur Rosy
Tanggal
Jam
Kegiatan yang dilakukan
26-8-2013
08.00-16.00
Perkenalan karyawan, breefing, adaptasi tempat kerja
27-8-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
28-8-2013
08.00-16.00
Entry data keuangan polis individu
30-8-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
2-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS
3-9-2013
08.00-16.00
CS
4-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA
5-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data SPA
6-9-2013
08.00-16.00
Entry data keuangan polis individu
9-9-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
10-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA dan polis individu
11-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa
12-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data SPA, SAP, CS
13-9-2013
08.00-16.00
Entry data keuangan polis pembiayaan kumpulan
16-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS
17-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA, CS
18-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS
19-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data SPA,  data BAO
20-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
Nama            : Refita Avitriani Rizalina
Tanggal
Jam
Kegiatan yang dilakukan
26-8-2013
08.00-16.00
Perkenalan karyawan, breefing, adaptasi tempat kerja
27-8-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis kumpulan, CS
28-8-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis individu, CS
30-8-2013
08.00-16.00
Entry data SPA, CS
2-9-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
3-9-2013
08.00-16.00
CS
4-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS, CS
5-9-2013
08.00-16.00
Scan data keuangan polis pembiayaan kumpulan
6-9-2013
08.00-16.00
CS, Entry data keuangan polis individu
9-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
10-9-2013
08.00-16.00
Scan  dan entry data SPA dan polis individu, CS
11-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS, CS
12-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
13-9-2013
08.00-16.00
CS
16-9-2013
08.00-16.00
Scan dan entry data SPA
17-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS
18-9-2013
08.00-16.00
Entry data keuangan polis individu
19-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data BAO, CS
20-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data SPA, CS
Nama            : Rafiqah Aulia Rahma
Tanggal
Jam
Kegiatan yang dilakukan
26-8-2013
08.00-16.00
Perkenalan karyawan, breefing, adaptasi tempat kerja
27-8-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS, CS
28-8-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa,
30-8-2013
08.00-16.00
Entry data SPA, CS
2-9-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
3-9-2013
08.00-16.00
CS
4-9-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis kumpulan, CS
5-9-2013
08.00-16.00
Entry data keuangan polis individu 
6-9-2013
08.00-16.00
CS, Entry data keuangan polis individu
9-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
10-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data BAO, CS
11-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS, CS
12-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data SPA, SAO, CS, CS
13-9-2013
08.00-16.00
CS, Entry data dan print polis individu
16-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data SPA, CS
17-9-2013
08.00-16.00
Scan  dan entry data SPA dan polis individu, CS
18-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
19-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS
20-9-2013
08.00-16.00
Scan dan entry data SPA
Nama            : Wahyu Joko Saputra
Tanggal
Jam
Kegiatan yang dilakukan
26-8-2013
08.00-16.00
Perkenalan karyawan, breefing, adaptasi tempat kerja
27-8-2013
08.00-16.00
Print polis kumpulan
28-8-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis individu, CS
30-8-2013
08.00-16.00
Entry data SPA, CS
2-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS
3-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
4-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS
5-9-2013
08.00-16.00
Scan data keuangan polis pembiayaan kumpulan
6-9-2013
08.00-16.00
Entry data keuangan polis individu
9-9-2013
08.00-16.00
Entry data keuangan polis individu
10-9-2013
08.00-16.00
Scan  dan entry data SPA dan polis individu, CS
11-9-2013
08.00-16.00
Entry data dan print polis kumpulan, pembiayaan, individu
12-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa, CS
13-9-2013
08.00-16.00
CS
16-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data SPA
17-9-2013
08.00-16.00
Entry data SPA produk BANCAS
18-9-2013
08.00-16.00
Scan dan entry data SPA
19-9-2013
08.00-16.00
Verifikasi data BAO, CS
20-9-2013
08.00-16.00
Pencarian data klaim pemegang polis asuransi jiwa


BAB IV
TEMUAN STUDI MENARIK DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SURABAYA
KONTES KEAGENAN DAN CLUB MEMBER RETAIL BUSINESS 2013
PT ASURANSI TAKAFUL KELUARGA

A.    Definisi
1.      Agen : seseorang yang telah terikat atau mengikatkan diri pada perusahaan untuk memesarkan/menjual jasa asuransi untuk dan atas nama perusahaan, sesuai kanal distribusi pemasarannya.
2.      Kontes : suatu bentuk dan cara pemberian penghargaan berdasarkan seleksi dan mekanisme tertentu yang diselenggarakan oleh perusahaan pada suatu waktu dan tempat tertentu pula.
3.      Peserta : agen yang ditunjuk dan ditetapkan untuk dapat ikut serta dalam kontes sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada perusahaan.
B.     Tujuan
1.      Meningkatkan penjualan dan pencapaian premi individu tahun 2013.
2.      Untuk memberikan apresiasi pada sales force yang berprestasi.
3.      Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para sales force melalui aktifitas berproduksi berdasarkan nilai-nilai keimanan dan profesionalisme.
C.    Kontes dan Persyaratan Umum
1.      Kontes untuk tahun kerja 2013:
a)      Mid year contest (kontes semesteran): Masa periode kontes selama 6 bulan terhitung efektif sejak 1 januari 2013 – 30 juni 2013.
b)      Year contest (kontes tahunan): Masa periode kontes selama 12 bulan terhitung efektif sejak 1 januari 2013 – 25 desember 2013, sesuai dengan jadwal tutup buku perusahaan.
2.      Peserta yang diikutsertakan dalam kontes ini adalah seluruh agen retail business:
a)      Takaful agency director (TAD)
b)      Takaful sales manager (TSM)
c)      Takaful executive consultant (TEC)
d)     Takaful financial consultant (TFC)
3.      Ketentuan persyaratan peserta dapat mengikuti kontes:
a)      Peserta tercatat sebagai agen aktif dan produktif selama masa periode kontes berjalan
b)      Peserta memiliki sertifikat keagenan asuransi jiwa menurut klasifikasi yang ditetapkan oleh atau sekurang-kurangnya telah terdaftar pada asosiasi asuransi jiwa Indonesia.
c)      Peserta memiliki jejak rekam yang baik dan tidak pernah bermasalah secara aspek hukum atau aspek financial, sekurang-kurangnya dalam 2 tahun terakhir.
4.      Ketentuan persyaratan kontes:
a)      Perhitungan produksi dalam kontes ini, mengacu ketentuan produk yang ditetapkan dan diberlakukan oleh perusahaan dari waktu ke waktu.
b)      Pembatalan polis selama periode kontes, maka tidak akan diperhitungkan dalam kontes.
c)      Produksi yang dihitung adalah polis tutupan dan peserta asuransi tahun 2013.
d)     Hadiah tidak dapat ditukar atau diuangkan atau dipindahkan pada siapapun.
e)      Penitipan produksi diantara para peserta kontes, tidak diperkenankan. Pelanggaran atas hal tersebut, maka perusahaan akan memberikan sanksi dan kepesertaannya dibatalkan.
f)       Hadiah kontes diberikan apabila sampai dengan saat penilaian agen masih dalam status aktif pada perusahaan.
D.    Ketentuan Kontribusi, Produk dan Hadiah Kontes Keagenan Retail Business
1.      Kualifikasi peserta dan hadiah dan periode kontes:
a)      Mid year (kontes semesteran)
Level Agen
Premi/Polis
Hadiah
Ketentuan
TFC & TEC
70.000.000 dan 40 polis
100.000.000 dan 60 polis
Kuala lumpur tour untuk 1 orang
Kualalumpur tour untuk 2 orang (pasangan)
Produksi dihitung dari tutupan produksi pribadi
LEADER (TSM & TAD)
200.000.000 dan 100 polis
300.000.000 dan 150 polis
Kualalumpur tour untuk 1 orang
Kualalumpur tour untuk 2 orang (pasangan)
Produksi dihitung dari tutupan produksi pribadi dan direct agent
LEADER (TAD)
Minimal 8 agen lolos
Mendampingi kualalumpur tour untuk 1 orang
Minimal 1 orang direct agent lolos
b)      Yearly contest (kontes akhir tahun)
Level Agen
Premi
Hadiah
Ketentuan
TFC & TEC
200.000.000 dan 100 polis
300.000.000 dan 150 polis
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 1 orang
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 2 orang (pasangan)
Produksi dihitung dari tutupan produksi pribadi
LEADER (TSM & TAD)
600.000.000 dan 300 polis
900.000.000 dan 500 polis
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 1 orang
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 2 orang (pasangan)
Produksi dihitung dari tutupan produksi pribadi dan direct agent
LEADER (TAD)
Minimal 8 agen lolos
Umroh/ Andalusia tour (Spanyol ) untuk 1 orang
Minimal 1 orang direct agent


2.      Kualifikasi, persyaratan dan benefit club member retail business
a)      Level TFC dan TEC
Club Award
Persyaratan
Benefit
Diamond  club
Min. kontribusi prestasi Rp 300 juta dan 120 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin diamond club
3.      sertifikat
4.      Jas
5.      Pelatihan khusus
Gold club
Min. kontribusi prestasi Rp 200 juta dan 90 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin gold club
3.      Sertifikat
4.      Batik
5.      Pelatihan khusus
Silver club
Min. kontribusi prestasi Rp 100 juta dan 60 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin silver club
3.      Sertifikat
4.      Kaos seragam
5.      Pelatihan khusus
b)      Level TSM
Club Award
Persyaratan
Benefit
Diamond  club
Min. kontribusi prestasi Rp 900 juta dan 360 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin diamond club
3.      Sertifikat
4.      Jas
5.      Pelatihan khusus
Gold club
Min. kontribusi prestasi Rp 600 juta dan 270 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin gold club
3.      Sertifikat
4.      Batik
5.      Pelatihan khusus
Silver club
Min. kontribusi prestasi Rp 300 juta dan 180 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin silver club
3.      Sertifikat
4.      Kaos seragam
5.      Pelatihan khusus
c)      Level TAD
Club Award
Persyaratan
Benefit
Diamond  club
Min. kontribusi prestasi Rp 4 Milyar dan 3.000 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin diamond club
3.      Sertifikat
4.      Jas
5.      Pelatihan khusus
Gold club
Min. kontribusi prestasi Rp 2 Milyar dan 1.500 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin gold club
3.      Sertifikat
4.      Batik
5.      Pelatihan khusus
Silver club
Min. kontribusi prestasi Rp 1 Milyar dan 1.000 polis
1.      Peserta takaful award
2.      Pin silver club
3.      Sertifikat
4.      Kaos seragam
5.      Pelatihan khusus










BAB V
PENUTUP

E.     Kesimpulan
Asuransi adalah sebuah transaksi yang tidak jelas waktu, kadar, ataupun kualitasnya. Karena sebuah jasa ataupun barang yang dihasilkan dari pembayaran asuransi yang dilakukan oleh pelanggan tidak jelas akan di laksanakan atau diberikan kapan, dimana, dan berapa kuantitasnya. Contohnya seperti asuransi kesehatan, beban asuransi terus-menerus dikenakan kepada pelanggan sedangkan keadaan sehatnya pelanggan itu tidak jelas. Yaitu tidak jelas kapan pelanggan itu sakit dan membutuhkan dana asuransi tersebut.
Komitmen PT Asuransi Takaful Keluarga untuk terus meningkatkan kualitas sekaligus menjaga konsistensi layanan kepada masyarakat ditunjukkan dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2008, sebagai standar internasional terbaru untuk sistem manajemen mutu dari Det Norske Veritas (DNV), Norwegia.
Kemajuan Asuransi Takaful Keluarga pada bidang asuransi syariah terbukti dengan diperolehnya penghargaan dari berbagai pihak, di antaranya dari Majalah Media Asuransi, Infobank, Investor, dan lain-lain. Terakhir, dalam acara Islamic Finance Award 2010 yang diadakan oleh Karim Business Consulting, Asuransi Takaful Keluarga memperoleh predikat 3rd Rank The Best Islamic Life Insurance.
Post a Comment